7 Fitur yang Harus Ada di Mouse Gaming Terbaik

mouse gaming terbaik

Doran GadgetMouse gaming terbaik adalah salah satu senjata yang dibutuhkan Anda para gamers untuk memenangkan pertempuran. Mouse terbaik adalah yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang akan menunjang permainan Anda. Tapi tahukah Anda apa saja fitur yang harus dimiliki oleh mouse untuk gaming?

Tergantung dari game apa yang dimainkan, mouse memiliki peranan yang cukup signifikan. Misalnya pada game-game FPS (first-person shooter) khususnya, mouse sangat berpengaruh untuk melumpuhkan musuh Anda. Nah, buat Anda para gamers, yuk simak apa saja fitur wajib pada mouse yang Anda pakai.

Fitur yang Harus Ada di Mouse Gaming Terbaik 

Karena harga mouse gaming yang tidak murah, pastikan Anda menemukan fitur-fitur berikut pada mouse Anda.

1. Sensor 

Sensor menjadi bagian yang sangat penting dari sebuah mouse untuk gaming dan mouse lain pada umumnya. Sensor bertanggung jawab untuk menerjemahkan gerakan kursor mouse ke dalam layar monitor.

Ada dua jenis sensor, yaitu optical dan laser. Terdapat beberapa perbedaan dasar dari keduanya. Pertama dari sumber sensor, dimana mouse optical menggunakan cahaya LED, sementara mouse laser memanfaatkan lasernya sebagai sumber sensor.

Tidak hanya itu, mouse laser juga bisa bekerja dengan baik meski tanpa alas, sedangkan mouse optical hanya bisa bekerja maksimal jika menggunakan alas.

2. DPI/CPI

DPI adalah Dots per Inch sedangkan CPI adalah Counts per Inch. Pada dasarnya, keduanya adalah sama yaitu merupakan unit untuk mengukur sensitivitas sebuah mouse atau seberapa banyak gerakan mouse ketika Anda memindahkannya sejauh 1 inci.

Semakin tinggi DPI sebuah mouse, maka semakin sensitif dan cekatan penerjemahan gerakannya ke dalam layar. Mouse untuk gaming yang bagus harus memiliki tombol CPI atau DPI untuk memungkinkan Anda menyesuaikan sensitivitasnya.

Logitech G502 Hero adalah mouse yang memiliki DPI 200 hingga 16.000 yang bisa disesuaikan. Anda bisa mengatur DPI yang diinginkan melalui Logitech G HUB yang terdiri dari 11 tombol berbeda untuk pengaturan mouse.

3. Poll rate

Sederhananya, polling rate adalah kemampuan mouse untuk memberikan laporan mengenai posisinya kepada komputer. Fitur ini sangat penting dalam mouse terbaik, apalagi untuk game-game yang membutuhkan kecepatan dan akurasi tinggi.

Poll rate pada mouse yang dijual di pasaran saat ini berkisar antara 125-1000 Hz. Semakin tinggi polling rate, maka semakin baik pula. Namun dampaknya adalah mouse juga akan semakin berat.

Logitech G Pro X Superlight memiliki polling rate sebesar 1000 Hz dengan waktu respon hanya 1 ms saja. Akselerasi mouse ini adalah 40G/400IPS dengan 5 tombol pengaturan untuk penggunaan mouse sesuai kebutuhan.

4. Desain dan Build

Mouse gaming yang bagus tentu juga harus punya desain dan build yang kalah oke. Desain disini bukan hanya sekedar gaya saja, tetapi juga nyaman untuk digenggam ketika Anda sedang bermain dan tidak merepotkan ketika Anda membutuhkan gerakan cepat. 

Logitech G PRO ini misalnya, didesain sangat ergonomis dan ambidextrous, sehingga Anda tetap bisa menggunakannya secara maksimal baik dengan tangan kanan maupun tangan kiri. 

5. Konektivitas

mouse gaming terbaik

Mouse yang didesain khusus untuk gaming tersedia dalam dua tipe konektivitas, yaitu dengan kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless). Mana yang lebih baik tentu harus disesuaikan dengan selera masing-masing. 

Para pemain profesional lebih menyukai mouse wired atau dengan kabel. Alasannya sederhana, karena kabel mampu mentransmisikan sinyal dengan lebih cepat. Seperti Logitech G Pro yang memiliki panjang kabel hingga 210 cm untuk memberikan gerak leluasa pada gamers ketika sedang beraksi. 

Namun ketebalan kabel juga perlu diperhatikan, jangan sampai justru membuat gerak Anda jadi kurang fleksibel.

6. Tombol yang bisa dimodifikasi

Mouse yang bagus memberikan keleluasaan pada penggunanya untuk memodifikasi fungsi sesuai kebutuhan mereka. Pengaturan ini bisa dilakukan melalui tombol-tombol yang ada di bodi mouse.

Logitech G604 Lightspeed adalah mouse khusus yang dirancang untuk gaming dengan 15 tombol kendali yang dapat diprogram. Mouse ini cocok untuk game-game seperti Battle Royale, MOBA gameplay, dan MMO.

7. LOD (Lift-Off Distance)

LOD atau lift-off distance adalah jarak maksimal antara bagian bawah mouse dan alasnya untuk mendeteksi pergerakan. Artinya, semakin kecil LOD mouse, maka ia akan berhenti mendeteksi gerakan jika terangkat sedikit saja dari alasnya.

Oleh karena itu, mouse yang dipakai gaming harus punya LOD besar agar tetap bisa mendeteksi gerakan ketika secara tidak sengaja terangkat dari alasnya. Apalagi jika Anda suka bergerak aktif saat nge-game dan sering secara  tidak sengaja mengangkat mouse saat sedang bermain.

Dapatkan Mouse Untuk Gaming Dengan Harga Terbaik

mouse gaming terbaik (1)

Setelah memahami apa saja fitur-fitur yang harus ada pada mouse untuk gaming, kini Anda tidak perlu bingung lagi memilih yang terbaik sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga harus tahu kalau harga mouse gaming relatif lebih mahal dari harga mouse biasa. Setidaknya Anda harus menyiapkan dana antara Rp 500 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan. Selain mouse yang bagus, jangan lupa untuk melengkapi alat-alat gaming yang lainnya juga ya!

Jangan ketinggalan info terbaru tentang teknologi dan promo mouse serta produk lainnya dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!