DJI IndonesiaPerbandingan drone DJI Mini 4 Pro vs DJI Mini 3 Pro menarik untuk disimak. Terlebih lagi pasca peluncuran DJI Mini 4 Pro pada 25 September 2023 lalu. Keduanya memiliki berbagai fitur unggulan masing-masing. Apa saja di antaranya yang menjadi perbedaan paling mencolok? Simak ulasannya dalam artikel kali ini!

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro vs DJI Mini 3 Pro

Berikut beberapa perbedaan antara DJI Mini 4 Pro dan DJI Mini 3 Pro secara umum yang perlu diketahui:

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro DJI Mini 3 Pro
Kamera 1/1.3-inch CMOS – 24mm f/1.7 1/1.3-inch CMOS – 24mm f/1.7
Kecepatan 16m/s 16m/s
Bobot 249 gram  249 gram
Dimensi 298×373×101 mm (tidak dilipat) 251×362×70 mm (tidak dilipat)
Kapasitas Baterai 2590 mAh 2453 mAh
Resolusi Video Up to 4K100 Up to 4K60
Profil Warna Normal / D-Log M Normal / D-Cinelike
Kecepatan Melawan Angin 10.7m/s (level 5) 10.7m/s (level 5)
Jarak Transmisi 20 km 12 km
Sistem Transmisi DJI O4 system DJI O3 system
Sensor Keamanan Omnidirectional Obstacle Sensing, APAS 5.0, Advanced RTH,
Waypoint Flight, Cruise Control
Forward/Backward/Downward Obstacle Sensing, APAS 4.0, Smart RTH
Harga Mulai Rp11 jutaan Mulai Rp11 jutaan

Baca juga: 10+ Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2023

Perbedaan dan Fitur DJI Mini 4 Pro vs DJI Mini 3 Pro

Sebernarnya, ada beberapa perbedaan dari kedua drone ringan ini. Namun, jika diringkas kembali, maka setidaknya tiga perbedaan utama yang dapat dijadikan pertimbangan saat memilihnya. Melansir dari laman resmi DJI dan Pocket Lint, perbedaan tersebut terletak pada desain drone, kamera, dan fitur pendukung lainnya seperti transmisi, sensor, dan lainnya.

1. Desain Drone

DJI Mini 4 Pro vs DJI Mini 3 Pro
sc: Pocket Lint

Perbandingan pertama adalah dari segi desainnya. Baik DJI Mini 4 Pro maupun Mini 3 Pro sekilas memang nampak sama. Khususnya dari segi dimensi dan bobotnya yang dibawah 250 gram. Bobot tersebut memang sebagai regulasi standar berbagai negara di dunia untuk ketentuan drone.

Meski tampak sama, ada sedikit pembaruan pada kemampuan DJI Mini 4 Pro. Misalnya paling nampak pada sensor rintangan pada bagian depan dengan lensa bulat yang diposisikan miring, tidak menghadap ke depan layaknya DJI Mini 3 Pro. Di bagian bawahnya, juga terdapat lampu yang mirip seperti drone DJI Air 3. Sehingga, lebih nyaman terbang di kondisi yang minim cahaya.

Pada bagian arm DJI Mini 4 Pro ditambahkan kaki-kaki khusus. Ini memang tidak ada pada drone DJI Mini 3 Pro. Berkat tambahan dua kaki khusus tersebut, maka pendaratan pun lebih mulus dan stabil. Di samping itu juga menghindari risiko drone terjatuh saat mendarat.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mini 4 Pro: Drone Ringan dengan Fitur Unggulan

2. DJI Mini 4 Pro vs DJI Mini 3 Pro – Kamera

DJI Mini 4 Pro vs DJI Mini 3 Pro (1)
sc: Pocket Lint

Perbedaan lain dari DJI Mini 4 Pro dan DJI Mini 3 Pro selanjutnya di bagian kameranya. Drone dan lensa keduanya memiliki kombinasi yang sama. Dimana, kemampuannya dalam menangkap gambar dengan kualitas dan footage tidak ada perbedaan mencolok. Namun, DJI Mini 4 Pro memiliki sejumlah keunggulan dalam hal ini.

Pertama, DJI Mini 4 Pro dapat memotret dengan framerate yang lebih tinggi pada 4K. Dimana juga mendukung untuk perekaman pada 100fps. Sedangkan DJI Mini 3 Pro hanya mampu pada 60fps saja. Berkat dukungan itu, Mini 4 Pro cukup unggul untuk menagkap gambar dalam gerakan lambat (slow motion).

Kedua, fitur untuk video HDR lebih ditingkatkan. Sehingga, pengguna dapat merekam HDR sampai dengan 4K 60fps. Bandingkan dengan DJI Mini 3 Pro pada tingkatan 4K 30fps. Walaupun Mini 3 Pro memiliki fitur pengambilan warna 10-bit, profil gambarnya menggunakan D-Cinelike.

Beda dengan Mini 4 Pro yang sudah mengadposi D-LogM yang lebih fleksibel seperti di drone flagship DJI seperti Mavic 3 Pro. Ditambah lagi dengan adanya fitur ActiveTrack360° yang memudahkan pengguna dalam tracking subjek secara otonom.

3. Fitur Pendukung Lainnya

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs Mavic Air 2 (2)
sc: DroneDJ

Selain kamera, kedua drone seri Mini ini juga memiliki perbedaan di segi fitur pendukungnya. Khususnya dari segi sensor untuk mendeteksi rintangan. DJI Mini 4 Pro memiliki sensor omnidirectional atau segala sisi, sistem APAS 5.0, Advance RTH, Waypoint Flight, dan Cruise Control. Sementara, DJI Mini 4 Pro hanya tiga sensor yakni forward, backward, dan downward dengan APAS 4.0 serta tambahan Smart RTH.

Pembaruan lain di Mini 4 Pro adalah transmisi videonya yang menggunakan DJI O4. Dimana fitur tersebut memberikan pengalaman transmisi hingga maksimal 20 kilometer. Sementara, di Mini 3 Pro hanya mampu hingga 12 kilometer saja dan menggunakan sistem transmisi DJI O3.

Lalu, untuk sisi remotenya menggunakan DJI RC2 yang sudah dilengkapi antena lipat seperti DJI RC Pro. Untuk tombol, tampilan, dan lainnya tetap sama. Perlu dicatat, remote ini tidak bisa digunakan secara silang. Misalnya, Anda memiliki Mini 3 Pro dengan versi DJI RC, maka tidak bisa digunakan pada drone dengan model yang terbaru.

Baca juga: DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro: Ini Perbedaan yang Perlu Diketahui!

Mana yang Tepat untuk Anda?

sc: DJI

Dari ulasan di atas, mana yang tepat untuk Anda? Sebenarnya ini tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Apabila menginginkan drone dengan desain ringkas namun dengan sejumlah pembaruan terkini seperti kamera, sensor rintangan, dan fitur lainnya, maka DJI Mini 4 Pro direkomendasikan untuk Anda.

Akan tetapi, jika Anda ingin drone ringkas namun dengan kamera yang bisa dibilang lebih dari cukup, memilih DJI Mini 3 Pro juga tidak ada salahnya. Sebab, dari segi kamera memang tidak jauh berbeda. Hanya saja, jarak jangkauan dan sensornya tidak sebaru DJI Mini 4 Pro.

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim Garansi Drone DJI yang Perlu Anda Tahu

Penutup

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro (3)
sc: CineD

Selain memilih dengan sesuai kebutuhan, pastikan Anda membeli drone terbaik DJI di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai official partner  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin serta DJI Bandung.

Produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula potongan harga untuk pembelian di store, website, dan aplikasi Doran Gadget. Khusus untuk pembelian via aplikasi Doran Gadget, Anda bisa kumpulkan poinnya sebanyak mungkin untuk ditukarkan dengan produk gadget favorit.

Informasi lebih lanjut seputar produk dan ketersediaannya, Anda dapat menghubungi CS kami via WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>