DJI IndonesiaMini 2 Series jadi drone DJI yang cukup banyak diminati oleh para pengguna. Khususnya untuk fotografi dan videografi udara dengan hasil impresif dan penggunaan yang mudah. Selain itu, keunggulannya adalah memiliki desain yang ringkas. Sehingga, mudah di bawa ke mana saja saat traveling.

Beberapa waktu lalu, pabrikan drone asal Cina ini kembali meluncurkan seri terbarunya Mini 2 SE. Seperti apa perbandingan antara DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE dari segi fitur maupun spesifikasinya? Anda bisa simak ulasannya dalam artikel yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Perbandingan DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE

drone untuk pemula, dji mini 2, drone dji terbaik

Untuk melihat apa saja perbedaan antara dua drone ergonomis ini, ada baiknya simak perbedaan secara umum dari DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE berikut:

Spesifikasi DJI Mini 2 DJI Mini 2 SE
Dimensi Dilipat: 138×81×58 mm
Tidak dilipat: 159×203×56 mm
Tidak Dilipat (dengan propellers): 245×289×56 mm
Dilipat (tanpa propellers): 138×81×58 mm
Tidak Dilipat (dengan propellers): 245×289×56 mm
Bobot 249 gram 246 gram
Sensor Kamera 1 /2.3 inci CMOS 1 /2.3 inci CMOS
Resolusi Foto 12 MP 12 MP
Resolusi Video 4K 30 2.7K 30
Mode Quickshot Dronie, Circle, Rocket, Helix, Boomerang Dronie, Circle, Rocket, Helix, Boomerang
Panorama 180, Sphere, Wide Angel 180, Sphere, Wide Angel
Ketahanan Baterai 31 Menit 31 Menit
Sensor Penglihatan Bawah Bawah
Transmisi DJI O2 (OcuSync 2.0) DJI O2 (OcuSync 2.0)
Jarak Terbang Maksimal FCC: 10 km
CE: 6 km
FCC: 10 km
CE: 6 km
Ketahanan Angin Level 5 (39 km/jam) Level 5 (39 km/jam)
Tinggi Lepas Landas 4.000 meter 4.000 meter
Suhu Pengoperasian 0°C to 40°C 0°C to 40°C

Baca juga: Perbandingan DJI Mini SE vs DJI Mini 2 vs DJI Mavic Mini

Fitur DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE

Setelah spesifikasi utama, kini saatnya Anda untuk mengetahui perbandingan fitur dari DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE. Mulai dari dimensi, fitur kamera, ketahanan baterai, hingga fitur lainnya. Termasuk pula mengenai harga yang dipasarkan di tanah air.

1. Desain dan Dimensi

01. dji mini 2, drone dji, smart controller

Perbandingan DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE yang pertama adalah dari segi desain dan dimensinya. Di sini, keduanya memang tidak terlihat perbedaan yang terlihat. Desainnya bisa dibilang sama. Bahkan, bobotnya pun hanya selisih beberapa gram saja. DJI Mini 2 memiliki bobot 249 gram, sedangkan DJI Mini 2 SE bobotnya 246 gram.

Tentu, dengan bobot yang ringkas tersebut dapat dibawa ke mana saja dengan mudah. Termasuk dimasukkan ke dalam kantong. Selain itu, bobot drone yang kurang dari 250 gram juga telah memenuhi standar peraturan drone internasional. Jadi, aman untuk Anda membawanya saat perjalanan ke luar negeri.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mini 2 SE, Ini Fitur Unggulannya Bagi Pemula

2. Fitur Kamera yang Dimiliki

Berikutnya yakni mengenai kamera yang dimilikinya. Kamera memang jadi aspek penting saat memilih drone agar gambar maupun video yang dihasilkan lebih jernih. Di sini, sensor kamera keduanya sama yakni menggunakan 1 /2.3 inci CMOS. Dimana kamera tersebut bisa menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP.

Hanya saja DJI Mini 2 SE absen untuk resolusi video 4K seperti DJI Mini 2. Dengan begitu, drone tersebut mampu menghasilkan video dalam 2.7K 30fps. Hal menarik di sini adalah, kedua seri Mini 2 tersebut juga dilengkapi mode quickshot yang seperti:

  • Dronie: kamera mengunci subjek saat drone terbang dan mundur.
  • Circle: drone mengitari subjek dan kamera membidiknya.
  • Helix: drone terbang dan mengelilingi subjek dengan mode pengitaran spiral.
  • Rocket: drone terbang ke atas dengan kamera membidik ke arah bawah.
  • Boomerang: drone terbang di sekitar subjek dalam jalur yang berbentuk oval. Kemudian menjauh di titik awal dan turun kembali ketika terbang.

Dengan adanya mode tersebut, memudahkan pengguna pemula dalam menghasilkan video yang diinginkan secara otomatis. Selain itu, terdapat fitur ketahanan angin yang memiliki Level 5 atau di kisaran

3. DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE – Baterai

Mencegah baterai drone kembung (1)

DJI Mini 2 dibekali dengan baterai berkapasitas 2.250 mAh dan bobotnya hanya 82.5 gram saja. Baterai ini memiliki daya sebesar 7.7 volt dengan voltase daya pengisian maksimal hingga 8.8 volt. Temperatur saat pengisian daya adalah 5° hingga 40° C. Berkat kapasitas tersebut, membuat drone dapat diterbangkan di udara selama sekitar 31 menit.

Spesifikasi baterai yang sama juga disematkan pada baterai DJI Mini 2 SE. Baterai berjenis Intelligent Flight Battery ini mampu beradaptasi dengan kemampuan drone. Untuk mengisi ulang dayanya, Anda memerlukan daya maksimal sekitar 29W. Perlu diketahui pula jika ketahanan baterai ini juga tergantung pada pengaktifan mode yang digunakan. Jadi, semakin banyak mode yang diaktifkan, baterai pun akan menyesuaikan.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

4. Fitur Lainnya

Fitur lainnya pun tak kalah kerennya pada kedua drone. Misalnya saja dari segi transmisi yang sudah menggunakan DJI O2 (OcuSync 2.0), dengan begitu koneksinya lebih stabil hingga jarak terbang  maksimal 10 km (FCC). Selain itu, terdapat fitur ketahanan angin yang memiliki Level 5 atau di kisaran 39 km/jam membuat penerbangan jadi lebih nyaman.

Adanya fitur Return to Home (RTH) meliputi Smart RTH, Low Battery RTH, dan Failsafe RTH. Fitur ini membuat drone akan kembali ke tempat awal penerbangan pada saat daya baterai mulai menurun. Termasuk pula ketika sinyal di area penerbangan tidak stabil. Sehingga, ini meminimalisir risiko drone jatuh saat terbangkan.

5. Harga

drone untuk pemula, dji mini 2, drone dji terbaik

Terakhir adalah perbandingan dari segi harganya. Antara drone DJI Mini 2 dengan DJI Mini 2 SE memang berbeda. DJI Mini 2 dijual mulai dari harga Rp7.1 jutaan untuk varian Basic. Apabila pengguna menginginkan dengan aksesoris yang lebih lengkap, maka bisa memilih DJI Mini 2 Fly More Combo yang dibanderol dengan harga Rp9 jutaan.

Sementara itu, DJI Mini 2 SE di Indonesia juga dipasarkan dalam dua varian yang bisa dipilih konsumen. Yakni varian Basic dan varian Fly More Combo yang memiliki aksesoris cukup lengkap. Adapun harganya adalah:

Sebagai catatan, harga tersebut adalah harga yang telah disesuaikan. Termasuk dari aspek pajak fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air.

Baca juga: Daftar Harga Drone DJI Terbaru di Tahun 2023

Kesimpulan

Dari ulasan mengenai spesifikasi DJI Mini 2 vs DJI Mini 2 SE di atas dapat disimpulkan bahwa kedua drone sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang begitu jauh. Hanya saja, di sini perbedaan terletak pada kemampuan kamera yang dimilikinya. Hal itu pula yang mempengaruhi pada harga yang dipasarkan.

Jika Anda memilih untuk penggunaan di tingkat middle-up dan menginginkan hasil video yang lebih baik, maka DJI Mini 2 bisa dijadikan pilihan. Sementara, apabila pertimbangannya adalah dari segi harga dan video dengan hasil yang cukup. Rekomendasinya adalah DJI Mini 2 SE.

Apapun pilihannya, pastikan sudah sesuai dengan penggunaan dan kebutuhan. Selain itu, belilah di tempat terpercaya seperi Doran Gadget. Sebagai official store  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI Bali, DJI Banjarmasin dan DJI Manado,  kami menjual produk drone original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini untuk pemesanan dan ketersediaan produk.

Artikel terkait:

>