Desain iPhone Baru Picu Trypophobia pada Banyak Orang

Desain iPhone Baru Picu Trypophobia pada Banyak Orang

Apple mengumumkan iPhone terbarunya, iPhone 11 Pro, dan seperti yang Anda harapkan, ponsel ini memiliki semuanya. Model baru ini memiliki enam warna, masa pakai baterai lebih lama, dan seperti yang Anda harapkan, kamera yang lebih baik. Tapi bukan hanya kualitas kamera yang membuat orang berbicara: tiga lensa kamera benar-benar membuat orang ketakutan.

Pada hari Selasa, perusahaan mengeluarkan gambar dari ponsel baru, yang menunjukkan “sistem tiga kamera” yang dilaporkan akan meningkatkan kualitas foto iPhone. Namun tak lama setelah gambar beredar di internet, orang-orang membicarakannya di jejaring Twitter untuk berkomentar tentang tampilan tiga kamera memicu trypophobia mereka, alias, rasa takut yang tidak rasional terhadap kelompok lubang.

Trypophobia, seperti yang disumbangkan oleh editor psikologi Health, Gail Saltz, MD, sebelumnya, adalah ketakutan akan adanya lubang “yang cukup kuat untuk menimbulkan gejala rasa sakit, dan menyebabkan orang tersebut menghindari hal yang ditakuti.”

Meskipun tidak secara resmi diakui sebagai diagnosis medis atau terdaftar dalam Diagnostic and Statistics Manual of Mental Disorders (DSM-5) American Psychiatric Association, istilah ini telah beredar di Internet sejak 2009.

Sebuah artikel 2013 di jurnal Psychological Science membahas ketakutan itu, dan menyimpulkan bahwa fobia mungkin merupakan hasil dari adaptasi evolusioner, karena gambar yang menginduksi trypohobia berbagi karakteristik visual dengan berbagai organisme beracun (seperti ular dan laba-laba). Investigasi tahun 2017 dalam Jurnal Psikiatri Brasil juga menemukan bahwa mayoritas individu dengan trypophobia mengalami rasa jijik daripada rasa takut ketika dihadapkan dengan kelompok lubang.

Dr. Saltz menjelaskan bahwa fobia sering diobati dengan terapi pajanan, di mana seseorang perlahan-lahan terpapar oleh ketakutan mereka sampai mereka menjadi peka terhadapnya. Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa ini benar-benar hanya dimaksudkan untuk ketakutan irasional. “Jika Anda hanya jijik dengan sesuatu, itu mungkin tidak berubah,” katanya.

Health menghubungi Apple untuk mengomentari desain iPhone 11 Pro. Bagaimanapun, jika Anda menderita typophobia, desain baru ini mungkin mengharuskan Anda memilih untuk tetap menggunakan iPhone 10 — setidaknya untuk saat ini.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp