Doran GadgetDrone saat ini banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk berbagai keperluan. Pada awalnya, drone dikembangkan untuk keperluan militer dan kalangan terbatas saja. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, penggunaannya semakin meluas. Termasuk untuk keperluan sipil.

Bahkan, Anda dapat menghasilkan uang dari drone sebagai bisnis sampingan maupun promosi. Tertarik apa saja aktivitasnya? Ini dia ulasannya yang perlu Anda ketahui. Khususnya bagi pilot drone menengah maupun profesional.

Cara Menghasilkan Uang dari Drone

Berikut beberapa peluang yang bisa menghasilkan uang dengan menggunakan drone. Mulai dari keperluan videografi dan fotografi hingga inspeksi dengan pendapatan yang fantastis.

1. Fotografi dan Videografi

fotografi drone dji original dji phantom dji mavic
sc: Auto Design Technics

Sudah bukan rahasia jika drone banyak digunakan untuk keperluan fotografi maupun videografi. Terlebih lagi untuk pengambilan gambar dari udara dengan hasil yang menakjubkan. Apalagi jika fotografi dan videografi tersebut untuk kepentingan komersial.

Tidak hanya film saja, melainkan juga untuk keperluan video company profile dan lainnya. Ada banyak event atau acara yang dapat menghasilkan uang dalam keperluan foto dan video drone. Mulai dokumentasi acara pernikahan, event olahraga, musik dan konser, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Drone Terbaik untuk Content Creator

2. Jual Fotografi Drone di Website

sc: Shutterstock

Jika foto dan video untuk keperluan di poin pertama untuk penggunaan terbatas dan khusus, tentu Anda tidak bisa menjual kembali. Namun, Anda dapat mengambil foto dengan kualitas terbaik dan menjualnya di website stock photo. Misalnya Shutterstock dan iStock yang menerima foto dari kontributor.

Apabila foto yang dikirimkan lolos review, maka Anda dapat menghasilkan uang dari akumulasi berapa banyak foto yang telah diunduh oleh pengguna. Selain kedua website tersebut, Anda juga bisa mencoba mengirimnya ke Getty Images yang menawarkan royalti lebih besar. Namun, perhatikan juga kualitas fotonya.

3. Proyek Pertanian

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras
sc: Dreamstime

Cara menghasilkan uang dari drone selanjutnya yakni di sektor pertanian. Saat ini, bidang agrikultur sudah banyak yang menggunakan drone untuk memudahkan pemantauan tanaman. Baik dalam bentuk foto maupun video, termasuk video berteknologi tinggi untuk melihat kesehatan tanaman.

Kemudian, ada juga drone jenis sprayer untuk menyiram tanaman dan pemupukan di area yang luas. Hal ini akan membantu para petani lebih efisien. Sebagai catatan, untuk drone sprayer ukurannya lebih besar. Jadi, sebagai pilot drone Anda perlu skill khusus untuk mengoperasikannya karena berbeda dengan drone pada umumnya.

Baca juga:  7 Rekomendasi Drone Pertanian DJI untuk Aktivitas Agraria

4. Menghasilkan Uang dari Drone – Mapping

sc: Aeromotus

Akurasi data menjadi hal yang penting dalam sebuah proyek. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dalam pengukuran dan pemetaan area. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan drone. Tentu, skill mapping menggunakan drone banyak dibutuhukan saat ini. Harga untuk jasa pemetaan pun juga cukup besar dan memiliki peluang yang besar.

Akan tetapi, fotografi untuk pemetaan area berbeda dengan fotografi drone umumnya. Sebab, ada software tertentu yang perlu dikuasai. Dimana software ini memiliki akurasi data tinggi dan resolusi foto tinggi pula. Beberapa bidang yang memerlukan pemetaan drone ini antara lain kehutanan, konstruksi, infrastruktur, topografi, dan sebagainya.

5. Bekerjasama dengan Jasa Keamanan

drone polisi (1)
sc: Youtube/DJI

Bidang lainnya yang berpotensi menghasilkan uang dari drone adalah jasa keamanan. Anda dapat bekerjasama dengan pihak keamanan seperti kepolisian untuk memantau area tertentu. Misalnya saja memantau kerumunan di acara-acara tertentu seperti demonstrasi, konser musik, dan event penting lainnya.

Selain itu, pemetaan drone dalam sektor kepolisian juga meliputi hal-hal signifikan lainnya. Contohnya adalah melakukan reka adegan lokasi kecelakaan hingga melakukan pelacakan terhadap orang hilang. Termasuk membantu dalam misi pencarian korban bencana alam.

Baca juga: 5 Manfaat Drone untuk Kepolisian dan Rekomendasinya

6. Inspeksi Industri

sc: DJI

Tidak hanya pemetaan untuk mendapatkan data lapangan yang akurat dan langsung, Anda dapat membuka jasa pengoperasian drone untuk inspeksi. Khususnya untuk sektor industrial. Biasanya, inspeksi dilakukan untuk pengecekan kelayakan lokasi, aset, hingga infrastruktur.

Misalnya saja pengecekan tentang kerusakan di gedung tinggi dan pengecekan aset penting lainnya seperti sutet. Begitu juga dengan inspeksi dalam pertambangan, konstruksi, sektor gas dan lainnya. Di sini, selain skill fotografi ada baiknya Anda untuk memiliki pengetahuan dalam sektor industri tersebut untuk membantu inspeksi.

7. Penyewaan dan Pelatihan Drone

sc: British Schoolof Aviation

Cara lainnya agar drone Anda dapat ‘bekerja’ dan menghasilkan uang adalah dengan menyewakannya. Terutama persewaan di objek-objek wisata yang menarik. Biasanya, para penyewa digunakan untuk merekam momen maupun mengambil gambar. Harganya pun bervariasi dan Anda bisa menambahkan jasa tambahan seperti editing foto dan video.

Atau Anda dapat membuka jasa pelatihan drone bagi para pemula. Khususnya untuk pelatihan pengoperasian drone, teknik pengambilan foto dan video aerial, dan lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat bekerjasama dengan komunitas pehobi drone. Pastikan jika membuka pelatihan drone, alangkah lebih baiknya Anda memiliki lisensinya juga.

Baca juga: Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Drone, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Penutup

sc: CineD

Bagaimana, tertarik untuk menghasilkan uang dari drone? Selain memiliki skill yang baik, pastikan Anda memiliki lisensi untuk meningkatkan kepercayaan klien. Kemudian, memiliki drone dengan kualitas terbaik dan mumpuni. Anda bisa mendapatkan drone dari DJI beserta aksesorisnya hanya di Doran Gadget.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai keuntungan dalam setiap pembelian di periode tertentu. Informasi lebih lanjut mengenai konsultasi produk dan seputar drone, bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×