Cara Mencukupi Asupan Serat Harian

Serat sangat penting untuk kesehatan tubuh karena dapat mengurangi sembelit. Jika seseorang mengalami kesulitan buang air besar, solusinya adalah mengonsumsi serat. Oleh karena itu, biasakan mencukupi asupan serat harian.

Selain itu, manfaat serat ternyata masih banyak lagi. Sebelum membahasnya lebih jauh, apakah yang dimaksud dengan serat? Serat adalah kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh. Serat terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Serat Larut Air

Serat ini mampu larut dalam air sehingga membentuk massa seperti gel.

  1. Serat Tidak Larut Air

Serat tidak larut air mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses sehingga bermanfaat untuk seseorang yang sedang sembelit.

Serat sendiri tidak hanya berguna untuk orang yang sembelit. Lalu, apa saja manfaatnya untuk tubuh?

  1. Melancarkan pencernaan

Serat membuat feses lebih mudah keluar karena mampu menyerap air sehingga meningkatkan berat dan ukuran dari feses. Hal itu membuat feses lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan melalui anus.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Serat larut air dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LD (low-density lipoprotein) dalam darah. Selain itu, dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga kolesterol tidak sempat diserap oleh tubuh, tetapi dibuang keluar melalui feses.

  1. Membantu mengontrol kadar gula darah

Serat larut air bermanfaat untuk penderita diabetes karena dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga memperlambat penyerapan gula oleh tubuh. Bermanfaat juga untuk menyebabkan kadar gula darah tidak cepat naik.

Mengetahui manfaatnya, seseorang harus mencukupi asupan serat hariannya.  Bagaimana cara mencukupinya? Simak cara-caranya agar kebutuhan akan serat dapat tercukupi.

  1. Makan buah dan sayuran yang kaya serat

Makanlah buah-buahan lebih dari tiga kali sehari. Agar tidak bosan mengonsumsinya, kombinasikan buah dengan oatmeal yang dimakan saat sarapan. Buah-buahan yang mengandung serat, antara lain pisang, pir, apel serta kulit, stroberi, dan jeruk.

  1. Makan biji-bijian mengandung serat

Selain buah-buahan, mengonsumsi biji-bijian yang kaya serat seperti kacang kedelai menjadi penting. Kacang kedelai dapat membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol, meningkatkan sistem

  1. Mengonsumsi suplemen penambah serat

Jika asupan serat kurang cukup, maka konsumsilah suplemen penambah serat. Sayangnya, suplemen memiliki kekurangan karena menyebabkan perut tidak nyaman hingga terasa sakit. Meminum air yang banyak dapat menghindari rasa sakit yang bisa terjadi.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp