Bisakah Tetap Sehat jika Kelebihan Berat Badan?

Bisakah Tetap Sehat jika Kelebihan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan, tetapi menghindari masalah kesehatan kronis seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, Anda mungkin tidak berpikir bahwa menurunkan berat badan adalah prioritas. Tetapi analisis dari lima tahun catatan pada 3,5 juta orang yang memiliki kurang berat badan, berat badan normal, kelebihan berat badan dan obesitas telah menemukan alasan untuk khawatir.

Berat normal tidak ada jaminan

Para peneliti menemukan bahwa bahkan jika orang tidak memiliki penyakit metabolisme apapun pada awal pencatatan, mereka yang mengalami obesitas lebih cenderung mengalami masalah kesehatan dibandingkan orang dengan berat badan normal seiring berjalannya waktu. Masalah-masalah kesehatan tersebut termasuk penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular, gagal jantung, dan penyakit pembuluh darah perifer (gangguan sirkulasi yang memengaruhi pembuluh darah di luar otak dan jantung).

Tetapi tidak ada yang benar-benar kebal terhadap masalah kesehatan. Para peneliti juga menemukan bahwa berada pada berat badan normal tidak selalu menghilangkan semua risiko untuk kelainan metabolisme, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Memang, 10% dari mereka yang memiliki berat badan normal memiliki setidaknya satu masalah metabolisme. Juga, berapapun berat badan Anda, semakin banyak penanda kesehatan yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda untuk mengalami penyakit jantung, seperti serangan.

Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan mengetahui jumlah Anda: kolesterol (total, HDL dan LDL) dan trigliserida; tekanan darah (sistolik dan diastolik); dan gula darah. Kemudian Anda dapat bertanya dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan Anda dan faktor risiko, terlepas dari apakah penurunan berat badan perlu menjadi bagian dari rencana atau tidak.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp