Garmin WatchKesehatan jantung menjadi hal yang utama dan wajib diperhatikan. Kini, memantau kesehatan jantung lebih mudah menggunakan fitur Heart Rate (HR) dan Heart Rate Variability (HRV) di smartwatch Garmin. Sekilas, keduanya mungkin terlihat sama, namun fungsi dan cara kerjanya sedikit berbeda. Apa saja beda HR vs HRV Garmin ini? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Apa Itu Heart Rate (HR)?

HR merupakan fitur umum yang ada di smartwatch kesehatan terbaik, termasuk di berbagai seri jam tangan Garmin. Fungsinya memantau kondisi kesehatan jantung pengguna dari berapa detak jantung tiap menitnya. Penghitungannya pun secara realtime, jadi pengguna bisa lebih tahu dengan cepat di saat yang sama.

Keunggulannya adalah pengguna bisa mengetahui berada di zona mana detak jantung ini. Idealnya, detak jantung orang dewasa dalam kondisi normal adalah 60-100 detak jantung per menitnya. Rendahnya detak jantung yang terpantau di HRM ini mengindikasikan Fungsi jantung yang efisien dan kebugaran yang lebih baik.

Baca juga: Heart Rate Monitor Garmin Tidak Akurat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengenal Heart Rate Variablitiy (HRV) Garmin

 

HRV Garmin bekerja menggunakan metode pengkalkulasian dan pengukuran aspek psikologi pengguna. Misalnya saja dengan mengukur skor tingkat stress, batas ambang laktat, hingga Body Battery. Tak hanya itu, dalam cara kerjanya HRV juga akan melihat tingkat respirasi dan tingkat tidur seseorang.

Jantung manusia sistem kontrol yang disebut Autonomic Nervous System (ANS). Cabang ini terdiri atas simpatik dan parasimpatik. Simpatik akan bekerja dan aktif saat pengguna dalam kondisi stress. Sebaliknya, parasimpatik akan bekerja lebih ketika tubuh dalam kondisi rileks.

Baca juga: Fitur HRV Garmin: Pantau Kondisi Jantung Lebih Mudah

Beda HR vs HRV Garmin

Setelah mengetahui kedua fitur secara umum, kini saatnya Anda penting untuk mengetahui HR vs HRV Garmin. Pada dasarnya, perbedaan ini terletak pada model perhitungan detak jantung. HR akan menghitung detak jantung per menit. Dengan begitu, perhitungan tersebut hanya rata-rata detak jantung di waktu tertentu saja. Contohnya, HR menunjukan 60 detakan per menitnya. Itu artinya terdapat satu detakan jantung per detik. Atau rata-rata 0.5 detik, 1.5 detik, dan lain sebagainya tiap satu detaknya.

Sementara, HRV menghitung detak jantung lebih spesifik di setiap perubahan waktu tertentu yang bervariasi. Adapun interval waktu detak jantung dihitung dalam milidetik yang dikenal dengan “Interval RR” maupun “Interval Antar Ketukan (IBI)”.  Karena HRV menghitung detak jantung secara variasi dalam satuan milidetik, Hal itu akan membuatnya lebih kompleks. Namun, di sisi lain menggunakan HRV memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Dari segi penggunaannya, HR cocok digunakan utnuk memantau kondisi jantung ketika Anda sedang berolahraga dan aktivitas lain yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular. Sedangkan HRV dapat Anda gunakan memantau kondisi jantung ketika Anda dalam tahapan istirahat. Khususnya pagi hari sebelum memulai aktivitas. HRV menjadi fitur penting untuk memahami kesehatan jantung secara keseleruhan dan memantau tingkat toleransi stress.

Baca juga: Mau Beli Smartwatch Kesehatan Terbaik? Perhatikan 7 Fitur Ini!

Penutup

Setidaknya itu dia Sobat Doran perbedaan antara HR vs HRV Garmin yang perlu Anda ketahui. Walaupun memiliki perbedaan tertentu, namun kedua fitur tersebut dapat diandalkan untuk memantau kondisi dan kesehatan jantung para penggunanya. Baik unuk aktivitas sehari-hari maupun olahraga.

Anda bisa mendapatkan smartwatch Garmin terbaik dengan fitur tersebut di Doran Gadget. Seperti seri Garmin Forerunner, Garmin Instinct, Garmin Fenix, Garmin Enduro, Garmin Epix, dan lainnya.

Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo dan program menarik setiap pembelian di store, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Hubungi CS kami via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlangsung.

Artikel terkait:

× WhatsApp