Garmin WatchDetak jantung seseorang tidaklah berdetak secara teratur dan jantung yang normal justru memiliki detak yang bervariasi. Inilah yang dikenal dengan variabilitas detak jantung (HRV). Salah satu cara memantau variasi detak jantung ini adalah dengan menggunakan fitur HRV Garmin yang disematkan di beberapa smartwatch unggulannya. Lantas, bagaimana cara kerjanya dan smartwatch apa saja yang kompatibel? Simak ulasannya dalam artikel kali ini!

Apa Itu Heart Rate Variability (HRV) Garmin?

HRV Garmin merupakan fitur untuk mengukur variasi detak jantung pengguna jam tangan Garmin. HRV ini menggunakan metode pengkalkulasian dan pengukuran aspek psikologi pengguna. Misalnya dengan mengukur skor tingkat stres, batas ambang laktat, hingga Body Battery.

Di samping itu, HRV juga akan melihat tingkatan tidur dan tingkat respirasi. Biasanya, pada smartwatch Garmin seri terbaru dilengkapi dengan sensor Heart Rate Firstbeat untuk pengukuran lebih akurat. Sensor inilah yang digunakan untuk mengukur HRV.

Baca juga: 3 Fitur Baru Smartwatch Garmin untuk Kesehatan dan Olahraga

Bagaimana Cara Tubuh Mengelola HRV?

Tubuh seseorang dirancang unik dalam mengatur variasi detak jantung. Tahukah Anda jika jantung kita dikontrol oleh sistem yang disebut dengan Autonomic Nervous System (ANS) yang jadi bagian sistem saraf. Terdapat dua cabang dari ANS ini yakni simpatik dan parasimpatik.

Cabang saraf simpatik ANS ini akan aktif ketika pengguna berada dalam kondisi stres. Cabang inilah yang membuat sistem ANS memberikan sinyal untuk kondisi tubuh lebih waspada. Di sisi lain, cabang parasimpatik merupakan cabang yang aktif pada saat Anda rileks.

Apabila cabang simpatik ini lebih aktif, maka variasi detak jantung akan lebih meningkat dibanding biasanya. Selain itu, ritmenya pun lebih teratur dan artinya HRV mengalami penurunan.  Sebaliknya, apabila yang aktif adalah parasimpatik, maka detak jantung menurun. Jantyung pun akan berdetak untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh. Dengan kata lain, HRV Anda pun meningkat dan jika HRV tinggi itu tandanya tingkat stres Anda lebih rendah.

Baca juga: 6 Fitur Kesehatan Garmin untuk Keseharian Anda

Smartwatch yang Terpasang HRV Garmin

HRV Garmin terpasang di beberapa smartwatch terbaik Garmin  di kelas high-end maupun menengah dalam memantau kesehatan dan fitur olahraga. Khususnya dalam menampilkan HRV Status. Berikut beberapa serinya yang perlu Anda ketahui:

 Seri  Tipe
 Garmin D2  D2 Mach 1
 Garmin Descent  Descent Mk2 series
 Garmin Enduro  Enduro, Enduro 2
 Garmin Epix  epix (Gen 2) series
 Garmin Fenix  fenix 6 series, fenix 7 series
 Garmin Forerunner  Forerunner 255 series, Forerunner 945 LTE, Forerunner 955 series
 Garmin Instinct  Instinct 2 series
 Garmin MARQ  MARQ Collection, MARQ (Gen 2) Collection
 Garmin Tactix  tactix 7 series, tactix delta series
 Garmin Quatix  quatix 6 series, quatix 7 series

Di sisi lain, ada juga beberapa seri smartwatch Garmin yang dapat memunculkan data HRV dengan menggunakan fitur Health Snapshot. Adapun seri tersebut di antaranya adalah:

 Seri  Tipe
 Garmin D2  D2 Mach 1, D2 Air, Air X10
 Garmin Descent  Descent G1 series
 Garmin Enduro  Enduro 2, Enduro
 Garmin Epix  epix (Gen 2) series
 Garmin Fenix  fenix 7 series
 Garmin Forerunner  Forerunner 255 series, Forerunner 945 LTE, Forerunner 955 series
 Garmin Instinct  Instinct 2 series
 Garmin MARQ  MARQ (Gen 2) Collection
 Garmin Tactix  tactix 7 Series
 Garmin Venu  Venu 2 Series

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Monitor Heartrate Saat Olahraga

Penutup

06. olahraga indoor

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai fitur HRV Garmin untuk memantau kondisi jantung Anda. Terutama ketika berolahraga maupun beraktivitas lainnya sepanjang hari. Dapat dikatakan, HRV ini memiliki kemampuan memantau jantung lebih baik. Apalagi pengguna dapat mengombinasikannya dengan HRM di smartwatch Garmin.

Kini, Anda bisa memiliki jam tangan Garmin dengan membelinya di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Raih pula kesempatan mendapatkan harga terbaik dan bonus lainnya di promo dan program tertentu. Khususnya untuk pembelian via website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Termasuk pembelian di store kami. Informasi lebih lanjut hubungi CS via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp