Doran Gadget – Penggunaan drone tidak hanya untuk merekam gambar dan video untuk keperluan entertainment saja. Di sisi lain, drone dapat digunakan untuk pemetaan bentang alam dan proyek tertentu. Pemetaan drone biasanya didukung dengan aplikasi tertentu seperti aplikasi Dronelink.

Aplikasi ini mendukung untuk berbagai seri drone keluaran DJI. Termasuk pada DJI Air 2S, DJI Mini 2. DJI Mini SE, dan DJI Mavic Mini. Apa saja perangkat yang diperlukan dan sistem operasi penggunaan aplikasi drone pemetaan ini? Simak ulasannya yang dirangkum tim Doran Gadget.

Dukungan Penggunaan Aplikasi Dronelink

Dronelink dapat digunakan dengan dukungan perangkat dan sistem operasi tertentu. Baik melalui mesin pencari atau browser, sistem operasi iOS untuk produk-produk gadget dari Apple, dan gadget yang berbasis sistem operasi Android. Berikut penjelasannya.

1. Browser yang Mendukung

Mesin pencari atau browser untuk aplikasi pemetaan digunakan untuk download aplikasi, pembaruan, dan lain sebagainya. Dronelink mendukung untuk digunakan pada browser terbaik dunia. Mulai dari Chrome yang dikembangkan oleh Google, Safari milik Apple, Firefox, dan Edge yang menjadi browser andalan dari Microsoft. Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Baca juga: 4 Spesifikasi Drone Untuk Pemetaan

2. Sistem iOS untuk Pemetaan Dronelink

Aplikasi Dronelink juga dapat digunakan pada gadget dengan sistem operasi iOS. Namun, tidak semua iOS mendukung penggunaan. Paling tidak, sistemnya adalah iOS 11 ke atas. Tak hanya itu, melansir dari laman resmi Dronelink sendiri, untuk penggunaan yang optimal sebisa mungkin pengguna menggunakan gadget keluaran Apple terbaru dan menghindari seri yang dinilai cukup lama seperti pada tabel berikut:

 iPad  iPad 2. iPad 3, iPad 4, iPad Air, iPad Air 2, iPad 5, iPad 6
 iPad Mini, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4
 iPad Pro generasi pertama 9.7 inci dan iPad Pro generasi pertama 12.9 inci
 iPhone  iPhone 5s
 iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus
 iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone SE


3. Mendukung di Sistem Android

Sementara itu untuk pengguna Android, sistem yang mendukung setidaknya menggunakan Android 5.0 (Lollipop) ke atas. Dengan catatan, layanan Google Play pada gadget mendukung untuk download aplikasi. Maka dari itu, periksa pula Google Play yang digunakan apakah sudah update dengan sistem terbaru.

Baca juga: 3 Aplikasi Drone DJI untuk Smartphone dan Tablet

Drone DJI yang Mendukung Aplikasi Dronelink

Lantas, apakah semua drone DJI dapat menggunakan aplikasi ini? Seperti yang ditulis di Dronelink.com, hampir semua drone DJI bisa diintergrasikan dengan aplikasi ini. Seri drone apa saja yang bisa menggunakan aplikasi ini bisa dilihat di tabel berikut:

 Seri Drone  Varian Drone
 DJI Mavic Series  Mavic 2 Pro, Mavic 2 Zoom, Mavic 2 Enterprise, Mavic 2 Enterprise Dual, Mavic 2 Enterprise Advanced (Android only), Mavic Pro, Mavic Pro Platinum, Mavic Air 2S, Mavic Air 2, Mavic Air, Mavic Mini 2, Mavic Mini SE, Mavic Mini
 DJI Phantom Series  P4 Multispectral, Phantom 4 RTK, Phantom 4 Pro V2, Phantom 4 Pro, Phantom 4 Advanced, Phantom 4, Phantom 3 Professional, Phantom 3 Advanced, Phantom 3 Standard, Phantom 3 4K
 DJI Inspire Series  Inspire 2, Inspire 1 V2, Inspire 1 Pro, Inspire 1
 DJI M200 Series  M200 V2, M210 V2 , M210, M210 RTK V2, M210 RTK
 DJI Matrice Series  Matrice 300 RTK (iOS only), Matrice 600 Pro, Matrice 600, Matrice 100

Khusus untuk seri DJI Spark perlu menggunakan remote controller dengan kabel. Lalu, seri Mavic 3 dan DJI Mini 3 Pro masih belum mendukung. Atau dengan kata lain, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan untuk penggunaan di dua drone tersebut.

Baca juga: 8 Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2022

Penutup

Itulah ulasan singkat mengenai aplikasi Dronelink yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemetaan menggunakan drone DJI. Untuk kenyamanan dan optimalisasi penggunaan, ada baiknya Anda membeli drone beserta perlengkapannya di tempat resmi yang terpercaya. Salah satunya adalah di Doran Gadget sebagai toko resmi DJI di Indonesia.

Keunggulan berbelanja di kami selain mendapatkan produk asli, ada berbagai program menarik lainnya. Seperti poin cashback, layanan purnajual, dan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada promo-promo tertentu yang dapat Anda nikmati. Informasi lebih lanjut mengenai pembelian dan produk, hubungi CS kami via WhatsApp. Jangan lupa untuk follow Instagram Doran Gadget.

Artikel terkait:

>