Youtube Vanced - FI

Doran GadgetYouTube Vanced sempat viral dalam beberapa waktu belakangan. Banyak pengguna mulai menginstalnya karena penasaran dengan berbagai fitur dan kelebihan yang dimilikinya. Apakah Anda termasuk salah satunya? Yuk, intip apa saja fitur tersebut dan apakah aplikasi mod ini aman untuk dipasangkan pada smartphone Anda? Simak ulasannya!

Apa Itu YouTube Vanced?

Youtube Vanced
sc: Sentral Berita

Secara umum, YouTube Vanced merupakan versi modifikasi YouTube dengan berbagai fitur tambahan yang tidak ada pada aplikasi aslinya. Dengan begitu, pengguna bisa menonton secara leluasa tanpa gangguan. Aplikasi ini pun bisa diunduh untuk pengguna Android.

Namun, memasuki bulan Maret 2022 lalu, Google melayangkan surat peringatan terkait penghentian layanan. Inilah yang membuat aplikasi ini terhenti untuk dikembangkan dan didistribusikan. Untuk menghindari masalah hak cipta, akhirnya pihak pengembang mengubah logo. Akan tetapi, fitur ini mulai dihentikan sejak April 2023. Meski demikian, dari pantauan tim kami, masih ada aplikasi ini di mesin pencari dalam versi yang lain.

Baca juga: 5 Kesalahan YouTuber Pemula yang Bikin Channel Sepi Penonton

Kelebihan dan Fitur yang Dimiliki

Youtube Vanced (1)
sc: iTechify

Banyak orang menggunakan aplikasi mod ini karena adanya kelebihan dan fitur unggulan yang dimilikinya. Para pengguna pun beranggapan jika fitur-fitur tersebut mampu memberikan kenyamanan lebih saat menonton, di antaranya:

  • Adblocker atau pemblokiran iklan. Yakni fitur untuk memblokir berbagai iklan yang muncul di YouTube. Mulai dari iklan video, banner, dan lainnya.
  • Video yang bisa diputar di latar belakang. Terutama ketika pengguna keluar aplikasi maupun layar dimatikan.
  • Bisa digunakan dalam dark mode. Yakni mengubah tampilan pada aplikasi dalam warna yang gelap. Inilah yang membuat pemakaian daya baterai lebih hemat.
  • Bisa mengatur tingkat kecerahan hingga volume dengan hanya menggeser layar baik ke atas maupun ke bawah.
  • Terdapat fitur Picture in Picture Mode. Yakni fitur untuk menampilkan video dengan format jendela melayang. Anda juga bisa mengubah ukuran dan dapat memindahkannya.
  • Pengguna bisa mengulang video lewat fitur Repeat Videos secara otomatis saat video selesai diputar.
  • Adanya fitur Preferred Resolution and Speed untuk mengingat pilihan yang sudah diputar pengguna di tiap video. Dengan begitu, tak perlu melakukan pengubahan secara berkala.

Baca juga: Menghitung Penghasilan YouTuber, Begini Caranya!

Amankah Digunakan di HP?

Youtube Vanced (3)
sc: Con Estilo TV

Walaupun memiliki sejumlah fitur dan keunggulan yang disebutkan di atas, di sisi lain YouTube Vanced juga memiliki risiko keamanan ketika digunakan dan diinstal di smartphone. Hal tersebut karena aplikasi ini punya beberapa kekurangan antara lain:

1. Coding Tidak Terverifikasi

Perlu diingat, ketika membuka YouTube ada baiknya kita untuk menggunakan browser ternama seperti Google, Mozila Firefox, dan lainnya. Apabila menggunakan aplikasi mod, kita pun sulit mengetahui tingkat verifikasi mod tersebut cukup rendah. Khususnya coding yang dimilikinya tidak memiliki kepastian sehingga memunculkan risiko tersendiri.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia dan Dunia

2. Potensi Dilarang (Ban) oleh Google

Menyambung dari poin pertama, karena Anda menggunakan mod dari pihak yang tidak jelas, Google otomatis membacanya sebagai aplikasi yang telah dimodifikasi. Jika ketahuan, maka keputusan terburuknya adalah Google akan membanned akun Anda. Dengan begitu, pengguna bakalan kesulitan dalam mengakses layanan yang ada seperti Google Drive, Gmail, Maps, dan lainnya.

3. Tak Adanya Inspeksi oleh Pihak Ketiga

Selain potensi banned Google, YouTube Vanced tidak terinspeksi oleh pihak ketiga seperti PlayStore maupun AppStore. Tujuannya adalah mencegah potensi berbahaya seperti spyware, malware, dan lainnya. Ketika tidak ada inspeksi dari pihak ketiga ini pastinya risiko keamanan semakin mengancam. Walaupun Anda sudah menggunakan aplikasi anti-virus, terkadang masih saja lolos. Lebih jauh, ini akan mengancam keamanan data pribadi Anda.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2023

Penutup

Youtube Vanced (2)
sc: Prima Jasa

Itulah ulasan mengenai YouTube Vanced dari segi kelebihan, fitur, dan keamanan di HP pengguna. Sebenarnya, tidak masalah Anda menggunakan aplikasi tersebut. Hanya saja, penting sekiranya untuk memahami risiko-risiko yang ada. Seperti enkripsi yang kuat dan tidak melanggar ketentuan YouTube agar bisa menikmati konten dengan nyaman sampai selesai.

Agar lebih nyaman saat nonton konten favorit, Anda bisa menggunakan perangkat dan aksesoris terbaik di Doran Gadget. Mulai headset, powerbank, pelindung layar, dan lainnya. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan di waktu tertentu. Khususnya untuk belanja di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait: