Apa Itu Bloatware

Doran GadgetTerkadang kita sering mengalami HP yang tiba-tiba lemot dan kinerjanya menurun. Ini disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya adalah adanya aplikasi Bloatware yang ada di HP tersebut. Lantas, apa itu aplikasi Bloatware? Berbahayakah aplikasi ini dan apakah bisa dihapus? Anda bisa simak ulasannya dalam artikel kali ini hingga akhir, Sobat Doran!

Apa Itu Aplikasi Bloatware?

apa itu bloatware
sc: Online Tech Tips

Untuk menjawab apa itu Bloatware, kita perlu mengetahui sejarahnya. Sebenarnya, aplikasi ini sudah ada di era 1990-an ketika perusahaan software bekerjasama dengan produsen komputer agar pengguna menginstalnya di PC mereka. Sederhananya, tujuan tersebut tidak lain meningkatkan nilai jual produk tersebut dengan aplikasi yang dianggap berguna.

Secara umum istilah “bloat” dalam bloatware mengacu pada penambahan berlebihan atau tidak perlu yang dapat membuat perangkat menjadi lambat, menghabiskan ruang penyimpanan, dan mengganggu pengalaman pengguna. Biasanya, ini terdapat pada aplikasi dari pihak ketiga dan sering digunakan. Contohnya aplikasi game, sosmed, belanja, dan lainnya.

Namun, satu hal yang perlu diingat di sini adalah, tidaklah semua aplikasi bawaan perangkat dianggap Bloatware. Misalnya saja aplikasi perpesanan seperti SMS, kalender, buku telepon, dan lain sebagainya yang menjadi bagian dari smartphone namun dianggap tidak mengganggu kinerjanya.

Baca juga: 15+ Aplikasi Boros Baterai dan Cara Mengatasinya

Fakta Aplikasi Bloatware yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu Bloatware, penting pula diketahui fakta lainnya mengenai aplikasi ini. Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

1. Bloatware Bisa Bikin HP Lemot

cara mengetahui aplikasi yang boros baterai
sc: Nextpit

Fakta pertama adalah mengenai Bloatware yang bisa bikin HP lemot. Ini memang ada benarnya. Sebab aplikasi Bloatware bias memakan ruang penyimpanan smartphone. Khususnya jika aplikasi tersebut tidak digunakan maupun tidak berguna oleh para penggunanya.

Selain membuat HP lemot, aplikasi Bloatware disinyalir juga mengurangi performa. Sebab, tidak jarang aplikasi ini menguras daya baterai, pemrosesan, hingga RAM. Kemudian, juga dianggap mengganggu karena banyaknya notifikasi yang masuk di layar HP pengguna.

Baca juga: Tak Hanya WhatsApp, Ini 10 Aplikasi Android Paling Berguna

2. Apakah Bisa Dihapus?

Kedua, tidak sedikit pengguna smartphone menanyakan apakah aplikasi Bloatware bisa dihapus? Tentu, aplikasi ini dapat dihapus dengan mudah pada HP, cara dan langkahnya adalah:

  • Buka Pengaturan (Settings) pada smartphone Anda.
  • Cari dan pilih menu Aplikasi (Apps) atau Pengelola Aplikasi (App Manager).
  • Temukan aplikasi yang ingin Anda atur ulang ke versi bawaan.
  • Pilih opsi Hapus pembaruan (Uninstall updates).

Akan tetapi, tidak semua aplikasi Bloatware bisa dihapus dengan mudah melalui cara menonaktifkannya lewat pengaturan. Di sini, Anda perlu melakukan metode rooting maupun jailbreaking bila diperlukan.

Atau bisa juga menggunakan aplikai pihak ketiga. Ketika Bloatware ini dihapus maka performanya dapat meningkat. Untuk membuktikannya, setelah dihapus Anda dapat melakukan restart.

3. HP Bagus Bebas Bloatware, Benarkah?

sc: Trusted Reviews

Fakta yang ketiga adalah, sebagian orang beranggapan jika HP bagus dan mahal bebas Bloatware. Hal ini memang ada benarnya, namun itu bukan berarti semua HP bagus ini bebas Bloatware, beberapa produsen masih memasangnya. Terutama jika HP murah, produsen menyiasatinya dengan menanamkan aplikasi Bloatware untuk menekan harga dan sebagai bentuk kerjasama.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bisa memilih HP dengan harga relatif lebih tinggi atau di kelas menengah. Selain kualitas dan fiturnya terbaik, pihak produsen biasanya akan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik di kelas HP flagship misalnya.

Baca juga: Ini Cara Mudah Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Penutup

Spesifikasi Samsung S22 Ultra
sc: XDA Developers

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa itu aplikasi Bloatware? Sebenarnya, aplikasi ini tidaklah berbahaya jika Anda mengelola dan menghapusnya secara berkala. Hal ini berlaku di semua smartphone yang digunakan. Dengan menghapus secara rutin, tentu akan meningkatkan performa dan kinerjanya.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan smartphone terbaik yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget beserta aksesorisnya. Selain produk yang dijual barang original, Anda juga berpeluang meraih berbagai bonus dan promo menarik di waktu tertentu. Khususnya untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>