cara mengetahui aplikasi yang boros baterai

Doran Gadget – Ada kalanya Anda merasa baterai smartphone cepat habis padahal baru saja diisi. Hal itu bisa saja terjadi akibat pengisian yang tak sempurna, baterai bocor, hingga aplikasi yang terus berjalan. Ada beberapa aplikasi boros baterai yang kadang tidak diketahui. Lantas bagaimana cara mengetahui aplikasi yang boros baterai? Simak selengkapnya berikut ini! 

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

cara mengetahui aplikasi yang boros baterai

Berikut ini adalah cara mengetahui aplikasi yang boros baterai, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini! 

  • Jika anda menggunakan Android maka silahkan pergi ke pengaturan dan pilih opsi Baterai
  • Setelah itu Anda akan melihat grafik penggunaan baterai dan tap bagian atas yang memiliki ikon baterai
  • Anda akan menemukan statistik penggunaan daya pada smartphone beserta aplikasi yang memakan banyak daya
  • Untuk melihat penggunaan baterai smartphone secara menyeluruh, kembali ke halaman awal baterai dan tap ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih show app usage
  • Scroll ke bawah dan rincian informasi penggunaan baterai pada aplikasi akan terungkap
  • Anda sudah bisa menemukan aplikasi mana saja yang boros baterai. 

Selain menggunakan pengaturan baterai bawaan dari smartphone, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ketiga seperti Accu Baterai atau aplikasi tentang baterai lainnya. 

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Populer di HP 2022

Cara Mengatasi Aplikasi Boros Baterai 

cara mengetahui aplikasi yang boros baterai

Ada beberapa cara mengatasi aplikasi boros baterai yang bisa Anda coba. Pertama adalah coba mematikan layanan lokasi. Beberapa aplikasi membutuhkan lokasi untuk diaktifkan. Jika sudah tidak terlalu dibutuhkan maka silahkan matikan layanan lokasi. Karena terkadang meskipun Anda sudah keluar dari aplikasi namun layanan lokasi atau GPS masih terus berjalan. 

Kemudian coba matikan notifikasi. Meskipun beberapa notifikasi penting namun ada banyak aplikasi yang sebetulnya tidak membutuhkan notifikasi namun memunculkan notifikasi. Jika dirasa bukan notifikasi yang penting dan hanya informasi aplikasi, maka silahkan untuk mematikan notifikasinya. 

Hal yang terakhir adalah Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak terlalu pening namun menguras banyak baterai. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan charger original dari bawaan ponsel agar kesehatan baterai tetap terjaga dan baterai tidak mudah bocor. 

Baca juga: 15+ Aplikasi Boros Baterai dan Cara Mengatasinya

Penutup 

Itulah cara mengetahui aplikasi boros baterai yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang sudah lelah dengan baterai smartphone yang selalu boros, maka tdak ada salahnya untuk membeli smartphone baru. Dapatkan berbagai smartphone terbaru dari Apple, Samsung, Xiaomi, hingga Poco hanya di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

>