Doran GadgetKeberadaan smartwatch saat ini memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya. Tak hanya sekadar sebagai penunjuk waktu saja, tetapi juga bisa digunakan dalam memantau kesehatan dan aktivitas.

Kenyamanan pun menjadi prioritas saat membeli smartwatch, apalagi jika Anda memiliki pergelangan tangan kecil. Bagi Anda yang ingin membeli smartwatch, berikut beberapa tips memilih smartwatch kecil mulai dari 38mm.

Tips Memilih Smartwatch Kecil

Ada hal-hal yang wajib diperhatikan ketika memilih smartwatch kecil ini. Mulai dari desain, tampilan, fitur, ketahanan baterai, hingga layanan purna jual atau after sales-nya.

1. Desain yang Nyaman Digunakan

jam garmin lily smartwatch garmin lily garmin watch

Sebagai langkah awal tips memilih smartwatch kecil, Anda dapat melihat dari desainnya. Selain sesuai dengan gaya, pasitkan dengan kenyamanan saat digunakan sehari-hari. Sebagai contoh, untuk smartwatch yang memiliki bandul kecil bisa memilih Apple Watch atau Garmin Venu SQ hingga Garmin Lily.

Kemudian, perhatikan juga tali atau strap yang ada. Selain ukuran yang kecil, materialnya juga harus kuat. Biasanya, smartwatch dengan tali strap yang kuat berbahan silikon, stainless steel, rubber, dan kulit.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Tahun 2022

2. Interface untuk Memudahkan Pengguna

Tips berikutnya adalah dengan memperhatikan tampilan pengguna atau interface. Ada dua tipe tampilan smartwatch pada umumnya, yakni berbentuk lingkaran dan persegi. Apapun pilihannya, hal itu tergantung pada selera pengguna.

Termasuk juga adanya tombol navigasi untuk desain klasik. Di sisi lain, tak sedikit pula smartwatch yang sudah kompatibel dengan fitur touchscreen untuk kenyamanan penggunaan. Atau, jika Anda suka keduanya bisa memilih smartwatch desain klasik dengan lima tombol utama dan ada fitur touchscreen.

3. Tips Memilih Smartwatch Kecil – Fitur

Garmin venu 2 Plus (4)

Sebelum memilih smartwatch kecil 38mm pastikan Anda memperhatikan fitur dan spesifikasinya. Pada umumnya, smartwatch dibekali dengan fitur olahraga maupun pemantau kesehatan. Beberapa di antaranya juga dibekali dengan fitur panggilan telepon dan notifikasi.

Tak hanya itu saja, smartwatch tertentu memiliki fitur khusus seperti pemantau kesehatan bagi wanita. Contoh lainnya adalah smartwatch yang digunakan aktivitas outdoor memiliki fitur GPS dan navigasi yang akurat. Termasuk maps, fitur prakiraan cuaca, dan fitur keselamatan.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Smartwatch dan Smartband

4. Display dan Jenis Layar

Display dan jenis layar akan berpengaruh pula terhadap kenyamanan penggunaan smartwatch. Ada baiknya Anda pilih smartwatch yang dapat terlihat jelas ketika berada di bawah sinar matahari secara langsung. Misalnya saja dengan memilih layar jenis AMOLED maupun Transflective Memory in Pixel (MIP).

Kemudian, pastikan layar dan displaynya sudah terlindungi. Biasanya, smartwatch dengan kualitas terbaik menggunakan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass. Dimana pelindung tersebut akan membuat penggunaan menjadi lebih nyaman. Terutama dari goresan, debu, dan saat terkena air.

5. Tips Memilih Smartwatch Kecil – Ketahanan Baterai

garmin jakarta, garmin di jakarta, jam tangan garmin murah, smartwatch garmin, store garmin di semarang

Ketahanan baterai jadi hal yang cukup krusial dalam mempertimbangkan smartwatch terbaik yang digunakan. Jika Anda menggunakan smartwatch dengan berbagai ragam fitur untuk penggunaan sehari-hari, maka pilihlah dengan kapasitas baterai yang tahan lama agar tidak cepat mati.

Ada baiknya memilih smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pengisian tenaga surya. Biasanya, smartwatch dengan pengisian tenaga surya dilengkapi dengan fitur layar Power Glass. Dimana layar ini mampu menyerap cahaya matahari untuk dijadikan sebagai sumber energi baterai. Jadi, Anda tak perlu khawatir baterai cepat habis karena dapat mengisi daya secara otomatis dan memperpanjang masa pakai.

Baca juga: 5 Manfaat Smartwatch, Tak Hanya Sekadar Penunjuk Waktu!

6. Kompabilitas dan Sistem Operasi

Garmin Jakarta, Garmin di Jakarta, Garmin Smartwatch, Garmin Store di Semarang

Sama seperti membeli smartphone terbaik, tips memilih smartwatch kecil mulai 38mm ialah dengan memperhatikan kompatibilitas dan sistem operasinya. Sebab, tidak semua smartwatch kompatibel dengan smartphone. Mengapa demikian? Tujuannya tidak lain adalah agar koneksi dan penggunaan fitur-fiturnya berjalan baik.

Misalnya untuk smartwatch dari Apple hanya kompatibel untuk iOS. Sedangkan untuk smartwatch terkenal seperti Garmin, Samsung, Huawei, Amazfit, dan Xiaomi, serta lainnya dapat dioperasikan di Android. Atau Anda dapat memilih smartwatch yang mendukung di semua sistem operasi agar lebih mudah.

7. Perhatikan Garansi

Terakhir, tidak hanya mengenai barang dan produk yang akan dibeli saja. Anda pun perlu memperhatikan layanan after sales yang ditawarkan oleh penjual. Misalnya saja adanya garansi resmi dari pabrikan. Hal ini penting untuk kenyamanan Anda, terlebih lagi saat terjadi masalah dengan smartwatch tersebut seperti kerusakan dan lainnya.

Dengan adanya garansi, setidaknya Anda lebih aman saat melakukan servis. Sebab, jika menggunakan komponen smartwatch palsu akan berdampak pada komponen lainnya. Oleh karena itulah, untuk mendapatkan garansi terbaik ini belilah di official store atau distributor resminya.

Baca juga: Garmin vs Apple: Mana Smartwatch yang Tepat untuk Anda?

Penutup

Setidaknya itulah beberapa hal penting dan tips memilih smartwatch kecil mulai 38mm. Selain hal di atas, pastikan juga dengan budget yang dimiliki dan kebutuhannya ya Sobat Doran. Lalu, beli smartwatch di tempat terpercaya dan memiliki reputasi baik selama ini.

Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual beragam smartwatch dari brand ternama seperti Garmin, Xiaomi, Samsung, dan Apple. Semua produk yang dijual merupakan barang asli dengan garansi pabrik. Dapatkan kemudahan dan promo menarik untuk pembelian melalui website maupun aplikasi Doran Gadget.

Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget dari smartphone Anda sekarang juga agar tak ketinggalan promo menarik yang sedang berlangsung.

Artikel terkait:

>