Doran GadgetPadatnya aktivitas sehari-hari menuntut tubuh untuk selalu bugar. Sebagian besar dari kita mungkin menganggap asupan nutrisi yang cukup dan berolahraga rutin adalah kunci tubuh tetap sehat. Hal itu memang tidak salah, namun ada beberapa hal penting lainnya yang wajib dilakukan. Lantas, apa saja tips menjaga kebugaran tubuh yang dapat dilakukan? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh

Setidaknya ada enam cara dan tips menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat sepanjang hari. Melansir dari laman Garmin International, berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda coba.

1. Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

berolahraga saat haid, garmin watch garmin surabaya garmin indonesia

Tips yang pertama adalah pastikan tubuh Anda selalu dalam keadaan terhidrasi. Tubuh kita sebagian besar terdiri atas cairan, oleh karena itu tubuh memerlukan cairan untuk menjaga kondisinya tetap baik. Khususnya untuk beberapa hal penting seperti menjaga suhu tetap normal, membantu proses pencernaan, dan lainnya.

Untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, salah satu cara mudahnya adalah dengan minum yang cukup di setiap aktivitas. Kemudian, untuk memantau tingkat hidrasi bisa dengan menggunakan fitur Garmin Hydration Tracking yang kompatibel di beberapa smartwatch Garmin.

2. Perhatikan Tingkat Stress Anda

Kedua yang harus diperhatikan adalah, terkadang seseorang hanya fokus pada fisik saja dalam menerapkan tips menjaga kebugaran tubuh. Di sisi lain, tak sedikit yang memperhatikan kondisi psikis dalam hal ini tingkat stress. Sebab, tingkat stress tinggi dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Memantau tingkat stress kini bisa dilakukan dengan mudah berkat fitur pemantau stress di jam tangan Garmin.

Cara kerjanya adalah dengan menghitung detak jantung dan intervalnya. Apabila variabilitas detak jantung turun, ini mengindikasikan tingkat stress tinggi. Sebaliknya, semakin bervariasi detak jantung itu artinya tingkat stress berada di level terendah. Pada jam tangan Garmin, pemantau tingkat stress ditunjukkan dengan angka dan warna yakni:

  • Angka 0-25 (warna biru): tubuh dalam kondisi istirahat.
  • Angka 26-50 (warna orange cerah): kondisi tingkat stress rendah.
  • Angka 51-75 (warna orange gelap): kondisi tubuh pada tingkat stres medium.
  • Angka 76-100 (warna merah): kondisi tingkat stress tinggi

Baca juga: 6 Fitur Kesehatan Garmin untuk Keseharian Anda

3. Tips Menjaga Kebugaran Tubuh – Atur Napas

01. olahraga indoor (1)

Menyambung dari poin kedua di atas, apabila level stress berada di tingkat tertinggi, itulah saatnya Anda untuk mengatur napas. Di sini, Anda bisa menggunakan fitur Breathwork Activity. Misalnya pada smartwatch Garmin seri Vivoactive 4, Vivoactive 4S, dan Garmin Venu. Dengan fitur tersebut, Anda akan lebih mudah menerapkan teknik pernapasan terbaik seperti Tranquility, Coherence, dan Relax and Focus. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Tranquility: tahapan ini adalah 10 menit menjelang tidur. Di sini, Anda perlu menarik napas 4 detik, tahan selama 7 detik dan buang napas selama 8 detik.
  • Cohherence: lakukan teknik pernapasan ini selama 15 menit agar tubuh rileks dan seimbang. Teknik pernapasan ini adalah 6 detik menarik napas dan buang napas selama 6 detik pula.
  • Relax and Focus: lakukanlah selama 15 menit untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi tanpa stress. Teknik ini dikenal juga dengan ‘Box Breathing’ dan memiliki pola 4:4:4:4. Artinya 4 detik tarik napas, 4 detik tahan napas, 4 detik buang napas, dan 4 detik tahan kembali.

4. Istirahat yang Cukup dan Berkualitas

Fitur Garmin Sleep Score

Tips menjaga kebugaran tubuh keempat yang tak boleh dilupakan adalah istirahat yang cukup dan berkualitas. Istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas, tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar saja, lebih dari itu hal tersebut dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Tidur atau istirahat yang ideal memang sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa. Akan tetapi, untuk lebih mengetahui apakah tidur selama waktu tersebut berkualitas atau belum, Anda dapat menggunakan fitur Garmin Sleep Score. Fitur ini menggunakan angka 0-100 untuk mengukur sejauh mana kualitas tidur Anda selama masa istirahat. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kapan waktu istirahat terbaik.

Baca juga: Mengenal Fitur Garmin Sleep Score dan Sleep Insight

5. Tips Menjaga Kebugaran Tubuh – Rajin Berolahraga

06. olahraga indoor

Rajin berolahraga memang jadi poin penting untuk menjaga kebugaran. Sebab, olahraga akan meningkatkan hormon endorphin dalam tubuh yang membuat mood jadi lebih baik dan positif. Akan tetapi, tak sedikit orang yang masih bingung memilih olahraga mana yang tepat.

Latihan yang cukup juga akan bermanfaat bagi kekuatan otot, paru-paru, dan jantung. Energi pun akan terjaga dengan baik. Beberapa mode olahraga di smartwatch Garmin akan membantu Anda dalam memilih olahraga yang cukup dan sesuai dengan kemampuan.

6. Perhatikan Siklus Menstruasi bagi Wanita

Terakhir, bagi wanita dalam menjaga kebugaran tubuh jangan lupa untuk memperhatikan siklus menstruasi. Pada saat menstruasi, akan berpengaruh terhadap hormon dalam tubuh dan berdampak pada kondisi kesehatan dan fisik. Oleh karena itu, dengan mengetahui dan mengecek siklus menstruasi dengan Garmin Menstrual Cycle Tracking ini, setidaknya Anda dapat mengantisipasi gejala bawaan lainnya. Seperti tingkat kelelahan yang akut dan mengatur ritme olahraga selama mensturasi.

Di sisi lain, smartwatch Garmin juga dibekali dengan Garmin Pregnancy Tracking untuk memantau dan menjaga kehamilan Anda tetap dalam kondisi baik. Selain bisa memantau melalui smartwatch, Anda pun dapat memantau menggunakan aplikasi Garmin Connect.

Baca juga: Pentingnya Mengecek Siklus Menstruasi Bagi Wanita

Penutup

Bagaimana Sobat Doran, mudah bukan tips menjaga kebugaran tubuh di atas? Kini, Anda bisa mempraktikkannya dengan mudah di rumah kapan saja. Untuk mendukung aktivitas menjaga kebugaran ini, Anda dapat menggunakan smartwatch terbaik dari Garmin dengan berbagai fitur kesehatan yang lengkap.

Dapatkan jam tangan Garmin dengan harga bersaing dan original hanya di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, kami juga memiliki garansi resmi dari pabrikan.

Tak hanya itu saja, Anda pun berkesempatan mendapatkan promo dan program menarik lainnya untuk pembelian melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget sekarang juga.

Artikel terkait:

×