Garmin WatchSebagai atlet dan pehobi olahraga lari, Anda memerlukan data yang akurat untuk menentukan rencana dan capaian latihan. Hal itu dapat Anda lakukan salah satu dengan menggunakan Garmin Race Widget. Fitur olahraga dari Garmin ini tersedia di smartwatch seri Forerunner 255 dan Forerunner 955. Bagaimana tutorial Garmin Race untuk olahraga? Simak ulasannya di artikel ini sampai tuntas ya, Sobat Doran!

Apa Itu Garmin Race Widget

jam garmin

Sebelum beranjak pada tutorial Garmin Race Widget, ada baiknya Anda ketahui apa fungsi dari fitur terbaru ini. Melansir dari laman The Verge, fitur Garmin Race Widget dilengkapi dengan informasi mengenai persiapan lari Anda. Termasuk juga performa pengguna, prakiraan cuaca untuk melakukan lari, hingga perhitungan waktu ketika melakukan latihan.

Dengan adanya fitur tersebut, pelari dapat melihat sejauh mana goals atau tujuan berjalan. Apakah sudah sesuai target atau masih belum dan perlu meningkatkan performa. Di sisi lain, Anda dapat melakukan latihan dengan optimal. Misalnya untuk lari half marathon, 5K, dan sebagainya hanya dengan menekan tombol yang ada.

Baca juga: Fitur Jam Garmin Membantu Lari Anda Lebih Aman dan Nyaman

Tutorial Garmin Race Widget

Ada empat langkah penting untuk melakukan pengaturan Garmin Race Widget. Semua langkahnya terbilang mudah dan Anda bisa dipersonalisasi berdasakrkan kondisi fisik pengguna.

1. Tambahkan Agenda Olahraga Anda

Sebagai langkah awal dalam tutorial Garmin Race Wigdet Anda gunakan Garmin Connect, baik dalam versi mobile atau desktop. Untuk menemukan agenda yang akan dibuat dan mengeceknya kembali pilih menu ‘Calendar’ dan klik tanggal untuk melakukan latihan dan lari.

Kemudian, pilih tipe agenda lari yang direncakan dan Anda ikuti. Garmin Connect secara otomatis akan mencari event lari yang berdekatan dengan waktu yang ditentukan. Pengguna dapat mengkustomisasi latihan dengan menentukan tujuan, kecepatan angin, hingga waktu prediksi.

2. Tutorial Garmin Race Widget- Tambahkan Target Spesifik

Selanjutnya, tentukanlah apa yang menjadi goals latihan dan lari Anda secara spesifik. Di sini, Anda dapat menentukan waktu untuk melakukan latihan yang sudah dibuat dan direncanakan. Ketika Anda menambahkan target ini, nantinya dapat melihat sejauh mana capaian dan progress target yang direncanakan tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jam Tangan Lari Terbaik 2022

3. Sinkronisasikan Smartwatch dengan Rencana Latihan

Langkah yang ketiga adalah dengan menyinkronisasi rencana latihan Anda di smartwatch. Untuk melakukannya, Anda dapat menghubungkannya dengan Garmin Connect dan hanya memerlukan waktu tidak lama. Tunggulah beberapa saat hingga layar menampilkan saran aktivitas olahraga populer bagi pengguna.

Smartwatch Garmin Anda akan memberikan notifikasi sejauh mana perkembangan latihan dan lari Anda. Di sini, pengguna bisa melihat cuaca berdasarkan lokasi saat latihan di hari yang sama. Kemudian Race Prediction akan memberikan gambaran dan prediksi kapan waktu untuk mencapai finish dan melakukan penyesuaian saat olahraga.

4. Mulailah untuk Melakukan Latihan

Tutorial Garmin Race Widget terakhir setelah melakukan ketiga langkah di atas adalah mulailah melakukan latihan. Ketika menambahkan latihan pada Garmin Connect, itu artinya Anda dapat memulai rencana latihan lari. Garmin Race Widget akan memberikan  waktu latihan, prediksi Anda mencapai garis finisih dan sebagainya. Untuk saran latihan, secara otomatis menggunakan data dari Firstbeat Analytics dan target beban latihan disesuaikan berdasar performa Anda.

Saat latihan, data ditampilkan berdasarkan fase yang dilewati pengguna. Mulai dari fase dasar hingga fase paling atas dimana pengguna dalam kondisi terbaik. Semakin sering Anda menggunakan smarwtatch saat latihan, maka hasil dalam Garmin Race Widget akan semakin akurat.

Baca juga: Keuntungan Mengikuti Garmin Run Club Bagi Pelari

Penutup

Bagaimana Sobat Doran, mudah bukan tutorial Garmin Race Widget untuk olahraga Anda? Kini, saatnya mencoba dan mulailah berlatih dan tentukan tujuan utama. Bagi Anda yang ingin mendapatkan smartwatch Garmin dengan fitur ini, bisa membelinya di Doran Gadget.

Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, semua produk yang dijual merupakan original dengan garansi resmi pabrikan. Raih kesempatan meraih promo menarik di setiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Jangan lupa untuk follow Instagram kami dari smartphone Anda sekarang juga untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×