Tips Foto Underwater - FI

Doran GadgetFoto underwater banyak dilakukan saat mengisi liburan dalam beberapa waktu terakhir. Namun, tidak sedikit orang yang mungkin kebingungan bagaimana mengambil gambar yang bagus. Oleh karena itu, ada baiknya Anda perhatikan dahulu tips fotografi bawah air dalam artikel kali ini. Baik dari pemilihan angle, teknik dasar, dan lainnya.

Tips Fotografi Bawah Air

Berikut beberapa tips mengambil foto di bawah air agar hasil semakin menarik dan menakjubkan. Khususnya bagi para pemula dan baru pertama kali melakukan fotografi di bawah air saat liburan.

1. Memahami Teknik Dasar Diving

sc: Pinterest

Pertama, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai teknik dasar diving. Sebab, untuk mendapatkan hasil foto terbaik tidak hanya memerlukan 1-2 kali jepretan. Namun, memerlukan waktu cukup lama. Tentu, kemampuan mengatur gerakan dan nafas menjadi sangat penting.

Tak hanya itu saja, keseimbangan tubuh juga perlu diperhatikan agar hasilnya tidak blur. Ditambah lagi, dalam diving dan mengambil foto di dalam air, ada perlengkapan lain yang harus dibawa. Seperti tabung oksigen dan lainnya. Di sisi lain, Anda harus membawa kamera untuk mengabadikan momen.

Baca juga: 5 Perbedaan Snorkeling dan Diving, Jangan Sampai Salah!

2. Ketahui Dulu Medannya

tips fotografi bawah air
sc: Magic Blue Planet

Setelah memahami teknik diving, tips fotografi bawah air kedua adalah mengetahui medan fotonya. Ingat, jangan sesekali menganggap foto underwater mudah. Terlebih jika belum mengetahui kondisi tempat tersebut sebelumnya. Maka dari itu, pastikan ketahui medannya. Apakah lokasi pengambilan gambar berupa kolam buatan, sungai, danau, maupun laut.

Jika sudah mencari tahu tentang medannya, seperti tingkat kedalaman, arus, dan lainnya, maka pastikan pula apa konsep yang cocok untuk medan yang ada. Di sisi lain, mengetahui medan yang akan difoto juga membuat Anda lebih aman. Misalnya untuk foto di perairan alami, dapat menghindari biota yang berbahaya.

3. Tips Fotografi Bawah Air – Teknik Foto

underwater photography (1)
sc: Tribun Travel

Selain tips diving dan mengenali medan, Anda perlu memahami teknik fotografi. Foto bawah air berbeda dengan foto di daratan. Tentu, akan ada banyak tantangan saat mengambil foto yang ada. Apalagi untuk menyelam di kedalaman tertentu, semakin dalam maka cahaya yang ada sangat minim.

Maka dari itu, gunakanlah perangkat pendukung tambahan seperti flash atau strobe eksternal. Perangkat ini bisa diandalkan dalam mendapatkan pencahayaan dalam laut dan hasil gambar nampak jelas dan detail. Aturlah pencahayaan dengan baik, agar selain cahayanya optimal juga tidak mengganggu kehidupan bawah laut di sekelilingnya.

Baca juga: Mengenal Underwater Photography yang Lagi Hype dan Lebih Menantang!

4. Gunakan Kamera yang Sesuai

underwater photography (2)
sc: YouTube/Key West Waterman

Keempat, pastikan peralatan kamera yang digunakan mumpuni dengan berbagai fitur dan teknologi terbaik. Memang, ada kamera khusus dengan ukuran yang cukup besar. Namun, jika Anda menginginkan yang lebih ringkas, bisa menggunakan action camera. Ukuran yang kecil membuatnya mudah dioperasikan.

Selain itu, beberapa action cam memiliki ketahanan penggunaan hingga kedalaman 60 meter dengan pelindung khusus. Begitu juga dengan fitur tambahan seperti kecerdasan buatan (AI) dan lainnya untuk proses editing sehingga hasil lebih baik. Misalnya saja pada kamera aksi dari GoPro, DJI, maupun Insta360.

5. Berikan Ruang Gerak pada Biota

Perbedaan Snorkeling dan Diving (2)
sc: Lonely Planet

Hal terakhir yang juga tak kalah wajib diperhatikan adalah memberikan ruang gerak pada kehidupan atau biota bawah laut yang ada. Usahakan jangan sampai mengusik kehidupan atau mengganggu kehidupan mereka. Terlebih menyentuh, memukul, maupun menggenggam dengan erat.

Biarkanlah satwa laut ini bergerak secara alami. Jangan sampai, karena ingin mendapatkan hasil Anda harus mengganggu hewan laut dan membahayakannya. Termasuk aktivitas merekam dan mengambil foto berlebihan. Sebab, ada hewan tertentu yang jika merasa terancam akan menyerang.

Baca juga: 7+ Spot Foto Bawah Laut Terbaik untuk Anda yang Suka Diving!

Penutup

foto bawah laut wakatobi
sc: wakatobi – getlost.id

Setidaknya itulah tips fotografi bawah air yang wajib Anda perhatikan agar hasilnya lebih sempurna. Jangan lupa untuk selalu pastikan kondisi fisik selalu dalam keadaan sehat. Sebab, ketika Anda melakukannya dalam kondisi kurang fit maka akan berdampak pada pengambilan gambar yang kurang bagus dan bisa saja membahayakan kesehatan.

Selain itu, jangan ragu untuk minta didampingi oleh para instruktur. Khususnya untuk foto bawah air dengan kedalaman tertentu dan masuk dalam kategori diving. Ini penting agar Anda lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>