Doran Gadget Underwater photography atau fotografi bawah air trending dalam beberapa waktu belakangan. Ini tidak terlepas pula dari perkembangan teknologi kamera seperti action cam yang semakin canggih. Jadi, dengan kamera berukuran mini Anda bisa memotret pemandangan bawah air menakjubkan tanpa ribet. Lantas, apa itu sebenarnya fotografi di bawah air dan apa saja yang perlu diperhatikan? Ini ulasannya!

Apa Itu Underwater Photography?

sc: Lee Marine

Pada awalnya, underwater photography dilakukan untuk penelitian objek bawah laut, danau, maupun sungai. Misalnya untuk melihat kehidupan biota laut, mengecek kerusakan ekosistem, hingga memotret kondisi bangkai kapal yang tenggelam. Hasil dari fotografi bawah air tersebut kemudian diamati dan diteliti untuk mendapatkan kesimpulan tertentu.

Namun, seiring berjalannya waktu, fotografi bawah air masuk dalam gaya hidup. Jadi, para penyelam mengabadikan foto tidak hanya sebagai bahan penelitian saja, tetapi juga untuk estetika. Bahkan, kini pun berkembang menjadi video underwater dengan pemandangan menakjubkan.

Apalagi saat ini juga banyak destinasi wisata yang menyediakan spot foto underwater buatan. Dengan kata lain, fotografi di bawah air tidak hanya sebatas di dalam laut dan danau saja. Tetapi juga objek buatan seperti akuarium raksasa dengan ornamen-ornamen menarik di dalamnya.

Baca juga: 5 Perbedaan Snorkeling dan Diving, Jangan Sampai Salah!

Hal yang Harus Diperhatikan

foto bawah laut wakatobi
sc: Getlost

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pengambilan gambar di bawah air, ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan kondisi airnya. Dalam hal ini seperti tingkat kejernihan, suhu, hingga tingkat pencahayaan. Sebab, faktor tersebut akan berpengaruh pada hasil fotonya. Jika kondisi air jernih, maka hasilnya juga akan lebih baik.
  2. Ikutilah prosedur penyelaman dan pengambilan yang telah ditetapkan. Ini adalah poin dasar agar Anda selalu aman dan nyaman saat melakukan pengambilan gambar. Di samping itu, prosedur keamanan juga dapat menghindarikan Anda dari potensi bahaya lain. Khususnya jika melakukan pengambilan gambar di perairan alami. Seperti laut, sungai, dan danau.
  3. Pengambilan foto bawah air beda dengan daratan dan lebih menantang. Oleh karena itu, Anda perlu bersabar untuk menyeimbangkan tubuh saat menelam. Terlebih untuk mengabadikan objek yang bergerak. Anda jangan ragu untuk dekat dengan objek, namun tetap berhati-hari. Pastikan objek terutama hewan yang akan didekati aman dan tidak menyerang secara tiba-tiba.

Baca juga: 7+ Spot Foto Bawah Laut Terbaik untuk Anda yang Suka Diving!

Teknik Dasar Fotografi Bawah Air

underwater photography (1)
sc: Tribun Travel

Setelah mengetahui hal dasarnya, Anda pun perlu mengetahui teknik dasarnya. Seperti dikatakan sebelumnya, underwater photography berbeda dengan mengambil foto di darat. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, maka empat hal ini wajib diketahui:

  1. Gunakan filter penyesuai warna terhadap subjek di kedalaman tertentu. Keuntungan menggunakan filter warna ini, Anda tak perlu lagi mengedit warna setelah menyelam. Sebagai catatan, gunakan filter warna berbeda di tiap kedalaman agar warna yang hilang dapat diimbangi.
  2. Atur juga keseimbangan warna putih manual. Tujuannya agar warna netral bisa terekam dengan sempurna. Biasanya, kamera tertentu memiliki keseimbangan otomatis. Jadi, ini lebih mudah terutama untuk mengambil foto dalam resolusi tinggi.
  3. Lakukan editing pasca produksi. Di sini, Anda bisa menyimpan foto dalam format RAW. Sebab, format ini mudah untuk diedit atau melakukan perbaikan warna. Di samping itu, file RAW bisa menyimpan data yang ada di kamera.
  4. Pencahayaan di bawah air biasanya sangat terbatas. Agar hasil lebih baik dan cerah, Anda dapat membawa perlengkapan tambahan seperti flash Lampu dari perangkat ini akan menyorot dengan baik pada objek dengan minim cahaya. Hasil foto pun lebih optimal.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Apa Saja yang Harus Dibawa?

underwater photography (2)
sc: YouTube/Key West Waterman

Tidak hanya dari segi teknik saja, hal lainnya yang jadi perhatian adalah mengenai peralatan. Di sini ada beberapa peralatan yang bisa dibawa untuk mengabadikan momen terbaik di dalam air. Salah satunya adalah action camera yang dirancang khusus dan bisa digunakan hingga kedalaman tertentu. Misalnya saja action cam dari DJI, GoPro dan Insta360. Keduanya sangat cocok untuk fotografi bawah air dengan kedalaman yang dangkal.

Selain itu, perlengkapan untuk pernafasan juga penting. Apalagi jika Anda menyelam dengan cukup dalam. Kemudian, ada baiknya didampingi oleh profesional agar semakin aman dan nyaman. Dalam hal ini, untuk memantau kesehatan bisa dengan menggunakan smartwatch khusus.

Kini, Anda bisa mendapatkan action cam dan smartwatch untuk underwater photography di Doran Gadget. Selain semua produk original dan garansi resmi pabrikan, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan di waktu tertentu. Baik pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promonya. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>