Tips Menjadi Fotografer Bawah Air

Doran Gadget – Fotografi bawah air adalah salah satu cabang fotografi yang paling menarik dan menantang. Dengan peralatan yang tepat dan keterampilan yang memadai, Anda dapat menangkap keindahan dunia bawah laut dan berbagi pengalaman Anda dengan orang lain. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai sebagai fotografer bawah air. 

Apa Itu Fotografer Bawah Air? 

sc: jennifer hayes – cntraveler

Fotografer bawah air adalah seorang profesional atau hobiis yang khususnya memotret di bawah permukaan air, seperti di laut, sungai, dan kolam renang. Mereka menggunakan peralatan khusus yang tahan air atau housing kamera untuk mengambil gambar yang menakjubkan dari kehidupan bawah air, termasuk biota laut, pemandangan bawah laut, atau aktivitas manusia di dalam air.

Fotografi bawah air merupakan cabang fotografi yang menantang karena menghadapi kondisi lingkungan yang berbeda, seperti pencahayaan yang berubah-ubah, kedalaman air, dan pergerakan objek yang cepat. Oleh karena itu, seorang fotografer bawah air perlu memiliki pengetahuan teknis yang baik tentang penggunaan kamera, pencahayaan, dan juga memahami keadaan alami bawah air untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Selain itu, keahlian menyelam dan keselamatan juga menjadi hal yang penting dalam fotografi bawah air. Fotografer harus memastikan bahwa mereka memahami prosedur keselamatan saat menyelam dan menggunakan peralatan selam yang aman.

Baca juga: Mengenal Drone Bawah Air: Fakta Menarik dan Teknologi Canggihnya

Cara Menjadi Fotografer Bawah Air 

sc: dipndive

Untuk menjadi fotografer bawah air, seseorang perlu memiliki keahlian teknis dalam fotografi umum dan pengalaman sebagai fotografer profesional. Selain itu, sertifikasi menyelam dari Professional Association of Diving Instructors (PADI) juga merupakan syarat penting, memastikan kemampuan seseorang untuk beroperasi di bawah air dengan aman.

Dalam mengambil foto bawah air, penting untuk memilih peralatan yang tepat dan memahami teknik-teknik fotografi yang sesuai dengan kondisi bawah air. Menghindari gangguan cahaya dan menggunakan kamera dengan benar akan membantu fotografer bawah air menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Tips Menjadi Fotografer Bawah Air 

sc: photobox.co.uk

Sebelum Anda dapat mengabadikan momen indah di bawah permukaan laut, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan. Selain kemampuan fotografi, kenyamanan dan kepercayaan diri di dalam air menjadi hal yang sangat penting. Anda bisa memilih berbagai aktivitas seperti snorkeling, freediving, atau scuba diving, masing-masing dengan kedalaman dan durasi menahan napas yang berbeda. Berikut adalah tips menjadi fotografer bawah air yang bisa Anda coba. 

1. Pelajari dan Dapatkan Sertifikasi

Dari berbagai pilihan, scuba diving seringkali menjadi pilihan yang paling populer karena memungkinkan Anda untuk menjelajahi bawah laut dengan lebih lama. Namun, kegiatan ini memerlukan pelatihan profesional. Cari toko selam yang terpercaya dan berafiliasi dengan organisasi selam yang diakui untuk membantu Anda mendapatkan sertifikasi pertama Anda.

Proses ini akan melibatkan pelajaran di kolam renang dan akhirnya di perairan terbuka. Setelah menyelesaikan kursus, Anda akan mendapatkan kartu sertifikasi yang memungkinkan Anda untuk menyewa peralatan dan menyelam secara mandiri, selalu dengan teman sebagai mitra selam.

2. Perlengkapan dan Anggaran

Salah satu hal yang sering menjadi hambatan adalah masalah anggaran. Tidak perlu khawatir, ada banyak beasiswa dan hibah yang tersedia untuk pelatihan selam. Selain itu, membeli peralatan sendiri bisa menjadi investasi yang baik untuk masa depan Anda dalam fotografi bawah air. Meskipun awalnya terlihat mahal, memiliki peralatan sendiri akan lebih hemat dalam jangka panjang daripada harus menyewa setiap kali Anda ingin menyelam.

Sebuah kit fotografi bawah air yang ideal harus mencakup kamera, lensa makro dan wide-angle, port datar dan dome, serta strobe dan aksesori pencahayaan. Sertakan juga baterai isi ulang, kotak tahan cuaca, dan kartu memori. Dengan peralatan ini, Anda siap mengabadikan momen indah di bawah permukaan laut.

Baca juga: 5 Tips Penting Fotografi Bawah Air Agar Hasil Stunning

sc: divecenter

3. Lihat Referensi

Bagi pemula yang ingin mendalami fotografi bawah air, ada beberapa buku referensi yang dapat menjadi panduan awal. “Underwater Photography Masterclass” oleh Alex Mustard dan “The Underwater Photographer” oleh Martin Edge adalah sumber yang baik untuk memahami teknik dan prinsip dasar.

Selain itu, buku seperti “Jim Church’s Essential Guide to Composition” oleh Jim Church dan “Howard Hall’s Guide to Successful Underwater Photography” oleh Howard Hall akan membantu Anda memahami aspek komposisi dan keberhasilan dalam fotografi bawah air.  

Jika Anda tertarik dengan eksplorasi visual, “Water Light Time” oleh David Doubilet dan “Underwater Photography” oleh Tobias Friedrich menawarkan perspektif unik tentang cahaya dan waktu dalam fotografi bawah air. Sementara itu, untuk yang bersemangat dengan kehidupan laut, “700 Sharks Into the Dark” oleh Laurent Ballesta dapat memberikan wawasan mendalam tentang keanekaragaman hayati di bawah permukaan laut.

Jika Anda mencari inspirasi dalam fotografi bawah air, Stephen Frink adalah tokoh yang tepat untuk dijadikan panutan. Sebagai fotografer jurnalistik laut terkenal dunia, karya-karyanya penuh dengan gambar yang memukau dan menarik bagi siapa saja yang tertarik dengan kehidupan dan pemandangan bawah air.

Meskipun blognya kini tidak aktif lagi, Anda masih bisa menemukan kisah dan gambar-gambar menakjubkan dari perjalanan fotografi Frink yang luar biasa. Dengan demikian, Anda telah mendapatkan gambaran dasar tentang dunia fotografi bawah air.

4. Buat Niche 

Dalam dunia fotografi bawah air yang semakin kompetitif, penting untuk menemukan keunikan yang membedakan Anda dari fotografer lain. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menemukan niche atau spesialisasi tertentu. Mungkin Anda memiliki akses ke area geografis yang jarang difoto oleh orang lain, atau Anda memiliki minat khusus pada subjek tertentu seperti kehidupan laut. 

Mengenal mendalam tentang subjek Anda, termasuk siklus hidup dan habitatnya, dapat membantu Anda menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Meskipun inspirasi dari fotografer lain adalah hal yang baik, penting untuk mengembangkan gaya fotografi yang unik agar karya Anda menjadi lebih dikenali.

5. Sebarkan Portfolio 

Kebanyakan fotografer bawah air adalah freelancer dan bukan merupakan pekerjaan tetap. Namun bila bergabung dalam sebuah perusahaan seperti sekolah khusus diving, studi biota laut, hingga layanan liburan dan hiburan bawah air, maka pekerjaan fotografer bawah air bisa menjadi pekerjaan tetap. 

Meskipun begitu, penting untuk terus update mengenai portofolio Anda melalui media sosial atau platform lainnya. Dengan exposure yang besar, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin besar. Kesuksesan besar adalah ketika Anda mendapatkan klien dan menonjolkan keahlian Anda di niche tersebut. Misaljnya seperti fotografi kehidupan laut atau reruntuhan bawah air. 

Baca juga: 10 Alat Penting untuk Fotografi Bawah Air, Wajib Tahu!

Penutup 

Itulah deretan daftar alat untuk fotografi bawah air yang wajib Anda ketahui. Bila Anda ingin mencari dronekamera action atau pocket, kini Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi. Anda bisa mengikuti link berikut ini untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang cocok digunakan untuk foto bawah air. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp.

Artikel terkait:

>