Doran GadgetBagi pelajar dan mahasiswa memilih antara tablet vs laptop memang terkadang membingungkan. Di sini ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Termasuk untuk apa nantinya gadget ini digunakan. Apakah untuk menunjang pekerjaan yang ringan atau pekerjaan yang lebih kompleks. Agar tidak bingung lagi, khususnya bagi para orang tua yang ingin memberikan gadget terbaik untuk anak tercinta, tak ada salahnya simak ulasannya di artikel kali ini.

Perbandingan Tablet vs Laptop

Berikut perbandingan keunggulan, fitur, dan performa antara tablet vs laptop yang perlu diketahui sebelum membelinya.

1. Performa untuk Mendukung Pekerjaan

Laptop untuk Programmer
sc: National Today

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan saat memilih tablet vs tablet adalah performanya. Ini memang relatif, tergantung seberapa banyak pekerjaan yang ada dan penggunaan untuk multitasking. Tablet menggunakan sistem operasi yang bersifat mobile seperti iOS dan Android. Sedangkan laptop menggunakan sistem kerja yang lebih kompleks dan layaknya PC. Walaupun tablet dengan Windows 10 menggunakan sistem PC, namun ini tentu tidak sebaik laptop.

Jika kebutuhan Anda hanya untuk aktivitas tidak begitu tinggi seperti edit dokumen, foto, dan audio visual sederhana, sebenarnya tablet sudah cukup. Namun, jika untuk penggunaan lebih luas seperti untuk desain arsitek, desain grafis, edit dokumen, dan multitaking lainnya, performa laptop memang lebih unggul. Terlebih dengan dukungan layar yang lebih luas membuat penggunaan semakin nyaman.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop untuk Pelajar Murah Terbaik 2023

2. Kapasitas Penyimpanan

samsung tab s7 plus
sc: Trusted Reviews

Berikutnya di segi kapasitas penyimpanan kedua perangkat. Mengingat ukurannya yang lebih kecil, maka kapasitas penyimpanan tablet pun lebih kecil. Ini juga didasarkan pada sistem operasi dan software yang digunakan tidak sebanyak laptop. Tablet memiliki kapasitas penyimpanan antara 16GB RAM dan 128GB penyimpanan internal. Dimana kapasitas tersebut sebenarnya hampir setara dengan kapasitas smartphone terbaru saat ini.

Sebagai perbandingan, laptop memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dengan hard drive tipe tertentu. Biasanya kapasitas ini mulai dari 500GB bahkan lebih. Ditambah lagi sebagian laptop kini sudah dilengkapi dengan fitur seperti port untuk USB dan microSD. Dengan begitu, masih bisa ditambahkan kapasitas penyimpanan eksternal tambahan.

3. Ukuran dan Portabilitas

sc: Pexels

Perbandingan tablet vs laptop yang cukup mencolok adalah dari segi ukuran dan portabilitas. Tablet memang lebih unggul karena desainnya yang ringkas. Begitu pula dengan bobotnya yang sangat ringan. Yakni berada di bawah 1 kilogram dan biasanya berada di kisaran 700-800 gram. Anda pun dapat meletakkannya di dalam tas kecil.

Di sisi lain, komponen laptop lebih banyak ketimbang tablet. Misalnya dengan adanya tambahan keyboard, trackpad, dan lainnya. Termasuk komponen di dalam bodi laptop yang juga semakin kompleks. Apalagi kalau laptop yang didesain dengan teknologi dan performa tinggi, tentu semakin berat karena terdapat tambahan kartu grafis, kipas pendingin, dan lainnya.

Baca juga: 10 Tablet Murah Terbaik Tahun Ini, Mulai 3 Jutaan!

4. Tablet vs Laptop – Kapasitas Baterai

07. huawei matepad 11, tablet terbaik
sc: Huawei

Masalah kapasitas baterai pun juga penting untuk dipertimbangkan dalam memilih laptop atau tablet. Sebagai gambaran, tablet biasanya dibekali dengan kapasitas baterai 5.000 mAh. Untuk ketahanannya memang lebih lama ketimbang laptop dan bahkan ada yang sampai 20 jam dalam sekali pengisian daya. Ini karena daya yang diperlukan tidak begitu besar dan lebih efisien, jadi dampaknya adalah ketahanan lebih lama.

Lalu, untuk laptop perangkat kerasnya lebih kokoh dan kompleks. Itu artinya kapasitas bisa dipasangi baterai dengan kapasitas besar hingga 65 Wh lebih. Akan tetapi, kapasitas besar tersebut hanya bertahan sekitar 5-8 jam. Alasannya, kapasitas baterai tersebut digunakan untuk mendukung performa berbagai software dan kinerja yang lebih tinggi. Jadi, wajar jika ketahanannya tidak sekuat tablet.

5. Harga di Pasaran

rekomendasi gadget untuk pelajar (1)
sc: Pexels

Perbandingan yang terakhir adalah dari segi harganya. Dalam hal ini, tablet memang lebih terjangkau jika dibandingkan laptop. Untuk harga terendah, tablet ada yang dijual di kisaran Rp2 jutaan saja. Khususnya untuk tablet dengan sistem operasi Android. Harga itu pun sudah termasuk harga produk baru. Walaupun ada yang sedikit lebih mahal, namun tidak semahal harga laptop.

Laptop sendiri dibanderol mulai Rp3 jutaan, namun biasanya sangat jarang dan kalaupun ada masih menggunakan teknologi yang sangat standar atau mungkin teknologi lama. Laptop terbaru biasanya dijual di kisaran Rp5 juta ke atas bahkan lebih. Ini tergantung dari spesifikasi, teknologi, dan fitur yang dimilikinya. Semakin bagus speknya maka semakin tinggi pula harganya bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Rekomendasi Gadget untuk Pelajar, Simak 5 Pilihannya Berikut

Mana yang Lebih Bagus?

Harga Samsung Galaxy Tab S8 (2)
sc: Mobile Syrup

Dari ulasan di atas, lantas mana yang lebih bagus antara tablet vs laptop? Kembali lagi ini tergantung kebutuhan Anda. Jika menginginkan kemampuan multitasking yang lebih baik dengan kapasitas penyimpanan data lebih besar, laptop memang layak dipilih.

Akan tetapi, jika penggunaan tidak begitu kompleks dengan sistem operasi tertentu, Anda dapat memilih tablet. Apalagi jika Anda menginginkan gadget dengan portabilitas yang tinggi dan dapat mengerjakan sesuatu secara cepat namun dengan kerja sederhana di mana saja dan kapan saja.

Selain sesuai dengan kebutuhan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah belilah di tempat terbaik dan terpercaya. Anda juga bisa menambahkan aksesoris gadget lain seperti mouse, keyboard, headset, dan pendukung kinerja yang bisa didapatkan di Doran Gadget. Selain produk original dan garansi resmi pabrikan, raih pula kesempatan mendapatkan promo terbaik di setiap pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>