Smartwatch Terbaik untuk Lari dengan Fitur Musik Unggulan

smartwatch terbaik

Doran GadgetMendengarkan musik merupakan aktivitas menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk saat berolahraga lari untuk menambah semangat. Oleh karena itu, keberadaan smartwatch terbaik dengan fitur musik sangat layak untuk Anda gunakan dalam mendukung aktivitas lari.

Rekomendasi Smartwatch Terbaik dengan Aplikasi Musik

Berikut beberapa rekomendasi smartwatch dengan fitur dan aplikasi musik  unggulan yang dapat Anda pilih.

Apple Watch Series 6 / Watch SE / Series 3

smartwatch terbaik

Rekomendasi pertama ada Apple Watch Series dengan fitur musik yang bisa dibilang cukup unggul. Hal ini karena kompatibel pada beberapa layanan pemutar musik streaming. Mulai dari Apple Music hingga Spotify, bahkan untuk layanan Apple Music Anda pun bisa mendengarkan podcast favorit.

Di sisi lain untuk mengaktifkan layanan Spotify Anda harus terhubung dengan koneksi seluler maupun Wi-Fi. Playlist yang bisa Anda simpan maksimal hingga 500 lagu dan daya baterainya dapat digunakan hingga 3 jam untuk penggunaan fitur GPS dan musik sekaligus.

Garmin Forerunner Series

smartwatch terbaik

Berikutnya adalah Garmin Forerunner Series mulai dari Forerunner 245 Music, Forerunner 645, Forerunner 945, dan juga Forerunner 745. Pada dasarnya, semua fitur untuk memantau kesehatan yang ada sama pada seri ini. Akan tetapi, untuk fitur pemutar musiknya perbedaannya adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Forerunner 245 Music Forerunner 645 Forerunner 945 Forerunner 745
Total Playlist 500 lagu 500 lagu 1000 lagu 500 lagu
Kompatibel Spotify (bisa juga diputar offline di layanan premium), Deezer, Amazon Music, iHeart Radio Spotify, Deezer, Amazon Music, iHeart Radio MP3, Spotify, Deezer, Amazon Music, iHeart Radio MP3, Spotify, Deezer, Amazon Music, iHeart Radio
Daya Penggunaan Baterai 6 jam dengan penggunaan musik dan GPS 5 jam dengan penggunaan musik dan GPS 10 jam dengan penggunaan musik dan GPS 6 jam dengan penggunaan musik dan GPS
Pemutaran Musik Offline Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung

Samsung Galaxy Watch Active 2

smartwatch terbaik

Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki desain ergonomis dengan ukuran 40mm dan 44 mm. Smartwatch ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti pemantauan kesehatan melalui Samsung Health. Dengan bezel yang mudah disetel ulang, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat mendengarkan musik hingga 500 lagu dengan layanan pemutar musik Spotify dan MP3. Bahkan, Anda dapat mendownload lagu tersebut dan mendengarkannya pada saat offline. Selain itu jaringan untuk streaming musik kompatibel pada layanan Wi-Fi maupun LTE.

Smartwatch Terbaik Garmin Fenix 6 Pro Series

smartwatch terbaik

Dari jajaran smartwatch terbaik untuk lari dengan fitur musik, Garmin Fenix 6 Pro Series mungkin yang sangat mumpuni. Hal ini karena kemampuannya dalam menyimpan playlist hingga 1000 lagu yang kompatibel untuk beberapa layanan musik streaming ternama. Anda dapat mendengarkan lagu-lagu favorit di Spotify, Amazon Music, Deezer, dan iHeartRadio.

Fitur lainnya adalah GPS yang dapat Anda aktifkan hingga 36 jam tanpa musik, dan jika digunakan bersamaan dengan layanan musik hanya mampu hingga 10 jam saja. Fitur lainnya adalah VO2 Max untuk memantau kondisi tubuh saat lari.

Baca juga: Cara Memasang dan Menggunakan Spotify di Garmin Smartwatch

Fitbit Versa 3

smartwatch terbaik

Brand smartwatch terbaik asal Amerika Serikat Fitbit pun juga terus berinovasi menyematkan aplikasi musik pada Fitbit Versa 3. Meski jam ini digunakan untuk lari, namun desainnya sangat elegan. Daya tahan baterai adalah selama 12 jam yang digunakan untuk GPS tanpa musik, dan bisa bertahan selama 4 jam saat diaktifkan bersama antara GPS dan musik.

Namun, Anda hanya bisa menikmati layanan pemutar musik yang cukup terbatas. Jika dioperasikan di Amerika Serikat, maka kompatibel untuk layanan Pandora dan jika digunakan di wilayah Eropa hanya kompatibel untuk layanan Deezer. Anda dapat menyimpan playlist hingga 300 lagu.

Huawei Watch GT 2e

smartwatch terbaik

Tak hanya sukses di jajaran smartphone saja, Huawei pun merambah produk smartwatch. Kali ini produk andalannya adalah Huawei Watch GT 2e. Sayangnya, huawei tidak melengkapi dengan layanan pemutar musik streaming. Akan tetapi, Anda masih bisa tetap menikmati musik sembari berolahraga lari dengan dukungan memori berkapasitas 4GB.

Keungulan utamanya adalah daya tahan baterainya yang tangguh. Bahkan, pihak Huawei sendiri mengklaim daya tahan baterainya bisa mencapai 14 hari untuk pemakaian fitur musik dan GPS. Ditambah lagi dengan layar 1.39 inchi berbahan AMOLED membuat Anda semakin mudah memantau status kesehatan saat lari dan berlatih.

Garmin Vivoactive 4

smartwatch terbaik

Smartwatch terbaik untuk lari dari Garmin yang memiliki fitur musik unggulan lainnya adalah Garmin Vivoactive 4. Bahkan tak hanya untuk lari, Anda bisa juga menggunakannya untuk aktivitas olahraga lain baik indoor maupun outdoor.  Karena selain memiliki fitur musik juga ada fitur untuk memantau kesehatan.

Dengan menggunakan Garmin Vivoactive 4 Anda dapat mendengarkan hingga 500 lagu di layanan pemutar musik streaming. Beberapa layanan yang kompatibel di antaranya adalah Spotify, Amazon Music, iHeartRadio, dan Deezer. Anda pun bisa menambahkan berbagai lagu dan audio favorit dengan menghubungkannya melalui komputer. Daya tahan baterainya hingga 5 jam penggunaan untuk musik dengan GPS.

Amazfit Stratos 3

smartwatch terbaik

Nama Amazfit mungkin kurang begitu familiar bagi Anda, namun smartwatch terbaik ini sebenarnya layak dipilih untuk aktivitas lari karena berbagai fitur kerennya. Termasuk fitur musik dalam menemani olahraga. Namun, fitur yang ditawarkan belum kompatibel untuk layanan pemutar musik secara online.

Meski begitu, dibekali dengan slot memori berukuran 4GB yang dapat menampung sekitar 500 lagu MP3 kesayangan. Lalu, seperti halnya smartwatch pada umumnya, juga dibekali dengan fitur GPS/GLONASS dan juga monitor detak jantung serta fitur olahraga lain seperti VO2 Max dan Training Load dari Firstbeat. Daya baterai dapat digunakan hingga 5 hari untuk GPS dan musik.

Garmin Venu

smartwatch terbaik

Rekomendasi smartwatch terbaik untuk aktivitas lari Anda yang dilengkapi dengan fitur musik unggulan adalah Garmin Venu. Tampilan layarnya yang cerah memudahkan Anda untuk mengatur penggunaan dan dapat dilihat dengan jelas ketika lari.

Anda juga bisa menyimpan playlist hingga 500 lagu secara offline dengan sinkronisasi pada layanan pemutar musik seperti Spotify, Deezer, Amazon Music, dan iHeartRadio. Daya baterainya memang cukup lama yakni 6 jam ketika digunakan untuk mendengarkan musik maupun mengaktifkan GPS. Tentu waktu yang sangat cukup untuk aktivitas lari Anda.

Baca juga: Garmin Venu SQ vs Garmin Venu 2 – Mana yang Lebih Baik?

Mana Smartwatch Terbaik yang Anda Pilih?

Dari sekian smartwatch dengan fitur musik unggulan di atas, mana yang akan Anda pilih? Hal ini sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan Anda. Jika menginginkan fitur terbaik dengan jumlah lagu cukup banyak, maka pilihan tepat pada Garmin Forerunner 945.

Namun, bila Anda ingin menggunakannya di negara lain seperti Amerika Serikat dan Eropa maka Fitbit Versa 3 juga bisa dipilih. Sedangkan untuk tetap tampil elegan saat beraktivitas maka Garmin Venu, Huawei Watch GT 2e, Apple Watch Series, dan Samsung Galaxy Watch Active 2 adalah pilihan tepat.

Apapun pilihan Anda sebaiknya belilah pada distributor resminya di Indonesia seperti di Doran Gadget yang menyediakan smartwatch terbaik dengan kualitas unggulan dan pelayanan prima. Untuk informasi lebih lanjut dan up to date tentang smartwatch terbaik, bisa join di channel Telegram Doran Gadget melalui smartphone Anda.