Sering Bermain Ponsel, Simak 5 Tips Mata Tetap Sehat

Dorangadget.com – Terlalu sering menatap layar ponsel berpotensi merusak mata. Layar ponsel dapat berakibat mata terasa panas, kering, ataupun berair. Untuk penderita rabun jauh, terlalu sering bermain ponsel bisa menambah minusnya.

Penggunaan ponsel untuk berbagai kebutuhan seperti streaming film, streaming Youtube, baca berita dan lain sebagainya yang berlebihan harus dikurangi demi menjaga kesehatan mata. Terdapat beberapa tips aman menjaga kesehatan mata ketika menggunakan ponsel. ekstratime.com

1. Jaga Jarak Pandang

Anda harus memerhatikan jarak pandang ketika menggunakan ponsel. Jarak pandang yang aman adalah 30-40 cm dari mata. Jarak tersebut sama dengan jarak pandang ketika membaca buku.

2. Sering Berkedip

Mengedipkan mata dapat mencegah mata kering. Meski dalam keadaan asyik memerhatikan ponsel, Anda tidak boleh lupa untuk selalu mengedipkan mata.

3. Mengistirahatkan Mata

Mata juga butuh istirahat setelah lama menatap ponsel. Istirahatkan mata setelah 20 menit serius memerhatikan ponsel. Beri jeda mata untuk melihat ke arah lain.

4. Atur Tampilan Layar

Hal penting yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mata. Pakai font yang berukuran sedang dan mudah dibaca. Selain itu, tingkat kecerahan layar juga harus diatur. Pilih kecerahan layar yang pas, tidak terlalu gelap atau terlalu terang.

5. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar umumnya diketahui berfungsi untuk melindungi layar ponsel agar tidak tergores. Selain itu, benda tersebut juga dapat meminimalisasi pancaran cahaya yang berlebihan. 

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp