5 Tips Mata tetap Sehat Meski Aktif Bermain Gadget

Doran GadgetBermain gadget dalam waktu yang cukup lama menimbulkan risiko bagi kesehatan mata. Apabila seseorang terlalu sering melihat layar, besar kemungkinan mata terasa kering, panas, hingga berair. Bagi penderita rabun jauh, menatap layar dalam waktu yang lama juga berpotensi menambah minus. Melalui artikel ini, Doran Gadget akan memberikan ulasan mengenai 5 tips mata tetap sehat meski aktif bermain gadget. Berikut penjelasannya!

5 Tips Mata tetap Sehat

Bermain gadget tidak selalu untuk keperluan bersenang-senang. Bahkan orang dewasa yang sudah bekerja juga menghabiskan waktunya untuk bekerja di depan laptop maupun PC. Berikut adalah 5 tips mata tetap sehat meskipun Anda menghabiskan banyak aktivitas di depan layar. 

1. Menjaga Jarak Pandang

5 Tips Mata tetap Sehat

Upayakan untuk memiliki jarak pandang 30-40 cm dari layar gadget dan lakukan hal yang sama saat membaca buku. Pengguna kacamata juga dianjurkan untuk menggunakan kacamata sesuai ukuran sehingga jarak tersebut tetap diterapkan dengan baik. Selain itu, jangan membiasakan diri membaca di area yang kurang cahaya atau menatap layar di tempat gelap.

Baca juga: “5 Olahraga Indoor untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Saat di Rumah Saja”

2. Sering Berkedip

Mengedipkan mata dapat mencegah mata kering. Di tengah-tengah kesibukan menatap layar gagdet, ada baiknya untuk mengambil rehat setidaknya selama 20 menit. Hal tersebut dilakukan supaya mata memiliki jeda untuk berhadapan dengan layar. Karena efek samping terlalu sering menatap layar dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala. 

3. Upayakan Mata Beristirahat

Setelah menatap layar gadget selama 20 menit, upayakan untuk mengambil waktu mengistirahatkan mata. Anda harus disiplin dan membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut.  Hindari bermain ponsel selama berjam-jam tanpa memberikan waktu rehat. Selain itu, tips mata tetap sehat lainnya juga tergantung dari gaya hidup sehat terutama mengonsumi vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

Baca juga: “JETE Open Ear 2 – Headset Bluetooth untuk Olahraga dengan IPX8 dan Internal Memory”

4. Mengatur Tampilan Layar

Tips mata tetap sehat selanjutnya adalah mengatur tampilan layar gadget. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengubah ukuran font tidak terlalu besar maupun kecil, mengatur brightness tidak terlalu terang,  dan mata merasa nyaman untuk membaca dan melihatnya.

5. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar atau biasa disebut dengan screen protector adalah benda yang berfungsi untuk melindungi layar tidak tergores. Selain itu, pelindung layar juga bermanfaat untuk meminimalisir cahaya layar yang berlebihan. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan layar menggunakan tisu lembut atau bahan khusus lainnya. 

Baca juga: 7 Sebab Harus Menggunakan Headset Bluetooth Ini Saat Olahraga”

Itulah informasi mengenai tips mata tetap sehat meskipun sering menatap layar gadget. Selain cara di atas, Anda harus mengimbangi gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

Beli Gadget Terbaik di Sini!

doran gadget, doranniversary

Anda berminat membeli gadget terbaru? Dapatkan secara cepat dan original di Doran Gadget! Kami menyediakan beragam pilihan gadget, seperti smartphone, tablet, drone, hingga smartwatch yang bisa Anda dapatkan secara online di sini. Untuk informasi dan pemesanan silahkan menghubungi, WhatsApp, Telegram, dan Instagram Doran Gadget

Tags:

Artikel terkait: