Review Samsung Galaxy A55

Doran GadgetSetelah beberapa waktu lalu rumor kemunculan Samsung Galaxy A55 bocor, kini pihak pabrikan resmi merilis HP middle tersebut ke pasaran global. Termasuk untuk penjualan di tanah air. Seperti apa spesifikasi, fitur, keunggulan, hingga harganya? Simak review Samsung Galayx A55 5G yang dirangkum oleh tim Doran Gadget di artikel kali ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A55 5G

Mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A55 5G secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Tipe Layar 6.6-inch FHD AMOLED
120Hz Refresh Rate
Kamera Belakang 50MP (kamera utama)
12MP (ultrawide)
5MP (macro)
Kamera Depan 32MP
RAM 8GB, 12GB
Penyimpanan Internal 128GB, 256GB
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Pengisian Daya Kabel, Super Fast Charging 25W
Software Android 14 dengan One UI 6.1
Warna Awesome Ice Blue, Awesome Yellow, Awesome Lilac, Awesome Navy

Baca juga: 10+ Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Tahun 2024

Fitur dan Keunggulan

Selain spesifikasi secara umum, ketahui juga fitur dan keunggulan dari Samsung Galaxy A55 5G sebagai pertimbangan jika Anda ingin memilikinya di tahun ini. Melansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Review Samsung Galaxy A55 Series (3)
sc: Jagat Review

Keunggulan fitur Samsung Galaxy A55 pertama dapat dilihat dari desainnya. Dimana ada sebuah tonjolan yang ada di bagian sisi kanan untuk tombol volume dan power. Samsung menyebut desain ini dengan Key Island. Bagian depan maupun belakang bodi smartphone dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass Victus Plus dan dipadu material metal.

Sedangkan untuk IP ratingnya menggunakan IP67 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Layarnya menggunakan jenis Super AMOLED berukuran 6.6 inci. Tingkat refresh rate-nya adalah 120 Hz dan memiliki tingkat kecerahan maksimalnya sampai 1.000 nits. Untuk menjaga kenyamanan penggunaan, Samsung membekali smartphone ini dengan Vision Booster.

Baca juga: Mengenal Fitur Samsung Quick Share: Transfer File Lebih Cepat

2. Sektor Kamera

Review Samsung Galaxy A55 Series (2)
sc: Samsung

Pada sektor kamera, pihak pabrikan memberikan sejumlah peningkatan. Contohnya di kamera utamanya memiliki resolusi 50MP (f/1.8) dan sudah dibekali dengan OIS. Masih bagian kamera belakang, ada pula kamera ultra-wide dengan resolusi 12MP dan kamera makro beresolusi 5MP. Sedangkan kamera depan cukup unggul dan jernih dengan resolusi 32MP.

Pembaruan dapat dilihat pula pada Video Digital Image Stabilization (VDIS) yang resolusnya sudah ditingkatkan ke UHD. Kualitas gambar foto semakin kaya warna dengan dukungan dari Super HDR. Termasuk dukungan dari Nightography untuk pengambilan gambar di kondisi minim cahaya. Perekaman video menjadi lebih baik dengan adanya fitur Dual Recording.

Seolah tak mau kalah dengan seri flagship-nya, walaupun berada di kelas middle Samsung Galaxy A55 5G memiliki fitur AI. Hanya saja tidak sebanyak Galaxy S24 Series. Meski begitu, dapat menangkap gambar dengan fitur bokeh yang terlihat tajam dan terkesan lebih natural.

3. Review Samsung Galaxy A55 5G – Baterai

Review Samsung Galaxy A55 Series
sc: Samsung

Pertimbangan ketahanan baterai pun jadi salah satu poin utama mengapa smartphone ini layak dipilih. Sebab, Samsung Galaxy A55 5G dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo 5000 mAh. Berkat daya tersebut, memberikan kenyamanan penggunaan. Seperti dilansir dari laman resminya, kapasitas baterai besar ini memiliki ketahanan:

  • Hingga 25 jam untuk penggunaan internet (LTE)
  • Hingga 24 jam untuk penggunaan internet (WiFi)
  • Hingga 28 jam untuk pemutaran video (Wireless)
  • Hingga 79 jam untuk pemutaran audio (Wireless)

HP ini juga mendukung untuk pengisian daya cepat Super Fast Charging 25W. Tentu, adanya pengisian daya cepat memberikan kemudahan pengisian yang bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Baca juga: 7+ HP Samsung Kapasitas Baterai Tertinggi

4. Performa dan Fitur Pendukung

Review Samsung Galaxy A55 Series (1)
sc: Samsung

Bicara review Samsung Galaxy A55 5G dari segi performa, memang cukup unggul berkat dukungan chipset Exynos 1480. Dapur pacu tersebut masih disokong dengan kapasitas penyimpanan RAM sampai 12GB dengan memori internal hingga 256GB. Lalu, perangkat dijalankan dengan One UI 6 dan Android 14.

Pihak pabrikan pun menambahkan berbagai fitur unggulan pada seri smartphone terbaru ini. Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan yang optimal kepada para penggunanya. Misalnya saja adanya teknologi Knox Vault, dimana teknologi ini sebelumnya hanya dipasangkan di HP flagship Samsung. Fungsinya adalah menjaga keamanan software maupun hardware dari cyber attack.

Tak hanya itu saja, ada pula fitur Auto Blocker. Fungsinya adalah untuk memblokir instalasi yang berasal dari sumber tidak sesuai dengan ketentuan Samsung. Fitur ini dapat melakukan pemeriksaan keamanan aplikasi dan melakukan pemindaian malware yang dianggap potensial.

5. Harga Samsung Galaxy A55 5G

Review Samsung Galaxy A55 Series (5)
sc: Samsung

Terakhir adalah mengenai berapa harga Samsung Galaxy A55 5G yang dipasarkan di Indonesia. Untuk harga smartphone ini memang tidaklah jauh berbeda dengan generasi pendahulunya yakni:

  • Samsung Galaxy A55 5G (8/128GB): Rp5.9 jutaan
  • Samsung Galaxy A55 5G (8/256GB): Rp6.4 jutaan
  • Samsung Galaxy A55 5G (12/256GB): Rp6.8 jutaan

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu untuk penjualan di tingkat distributor resminya. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum membeli Anda cek harga terbaru. Termasuk promo yang ditawarkan di waktu tertentu agar mendapatkan harga terbaik saat melakukan pembelian.

Baca juga: 30+ Daftar Harga Seri HP Samsung Galaxy Terbaru 2024

Penutup

Review Samsung Galaxy A55 Series (4)
sc: Samsung

Bagaimana Sobat Doran, jika dilihat dari review Samsung Galaxy A55 5G tersebut dapat disimpulkan jika smartphone ini dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Mulai dari menunjang pekerjaan maupun aktivitas untuk hiburan, termasuk gaming. Terlebih kameranya yang didukung fitur-fitur unggulan untuk pengambilan gambar di siang maupun malam hari.

Kini, Anda bisa dapatkan berbagai produk smartphone Samsung unggulan beserta aksesorisnya di Doran Gadget. Semua barang yang kami jual adalah produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik untuk setiap pembelian secara langsung maupun secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>