oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch

Dorangadget.com Selama bertahun-tahun, jam tangan berbentuk bulat. Tampilan jam tangan tradisional itu telah menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli smartwatch. Dari situlah OPPO Watch merilis smartwatch persegi mirip Apple watch dan Garmin Venu SQ.

Layar bundar tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk aplikasi dan teks yang muncul di layar. Lebih sulit mendapatkan banyak informasi pada tampilan bundar yang semakin sempit di bagian atas dan bawah. Jadi layar persegi sebenarnya jauh lebih masuk akal.

Oppo Watch adalah salah satu perangkat layar persegi. Lalu apakah ini akan lebih baik dari Garmin Venu SQ atau Apple Watch?

OPPO Watch

  • Ukuran: (model 46mm): 46 x 39 x 11.35mm
  • Berat: 40g tanpa strap
  • Bahan: Keramik & plastik bagian bawah
  • Tali fluororubber

Oppo Watch sangat mirip dengan smartwatch Garmin Venu SQ juga Apple Watch. Tentu saja tidak persis sama, tetapi jika Anda melihat Oppo dari kejauhan maka Anda mungkin akan menganggap ketiganya adalah sama. Bahkan beberapa tampilan jamnya sangat mirip.

Desain Smartwatch OPPO

oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch

Smartwatch OPPO ini memiliki layar yang lebih besar. Jika Venu SQ dan Apple Watch antara 40mm sampai 44mm. Maka jam tangan OPPO ini memiliki dua ukuran 41mm dan 46mm. Dalam artikel ini akan membahas yang berukuran 46mm, tentu ini tidak terlalu cocok dengan pergelangan tangan yang kecil.

Sama seperti ponsel Oppo, smartwatchnya juga memiliki tombol yang tipis dan panjang di samping. Salah satu tombolnya menampilkan aksen hijau khas OPPO. Tombol-tombol ini ditempatkan di samping casing logam yang mengkilap.

Tombol bagian atas akan menampilkan aplikasi. Tekan dan tahan untuk meluncurkan Asisten Google. Tombol bawah meluncurkan aktivitas secara default atau, meluncurkan layar yang memungkinkan Anda memilih untuk memulai latihan. Tekan dan tahan dan Anda akan meluncurkan menu power/shutdown. 

OPPO Watch ini sangat nyaman dipakai untuk waktu yang lama. Dengan bobotnya yang cukup ringan, tali silikon cukup elastis dan cengkeraman yang pas untuk menjaganya tetap di pergelangan tangan Anda tanpa harus sering dikencangkan.

Bagian Bawah OPPO Watch

oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch

Di bagian bawah Anda akan menemukan sensor untuk pemantauan detak jantung. Ini adalah sesuatu yang menarik, dengan lima sensor/LED yang diatur secara simetris. Lalu sebelahnya terdapat empat titik kontak untuk pengisian daya. Anda juga mendapatkan tombol kecil untuk melepaskan tali atau mengganti strap.

Agak rumit untuk melepas bagian tali, tapi ini adalah metode yang cukup mudah secara visual. Hal ini memberikan tampilan strap yang disengaja, bagian mulus dari desain jam tangan. Dengan menekan tombol, Anda cukup menarik setengah bagian tali dari casing untuk membuka dua kait yang menahannya.

Smartwatch OPPO Menggunakan Wear OS

oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch

Dengan mengambil sendiri platform OS Wear Google. Oppo telah sepenuhnya memanfaatkan ruang layar tambahan yang ditawarkan oleh panel persegi. Misalnya, meluncurkan layar aplikasi akan menampilkan kotak 3×3 yang bisa gulir ke atas dan ke bawah.

Itu berarti sembilan ikon aplikasi muat dalam satu layar pada satu waktu beda dengan smartwatch berdesain bundar. Tentu ini masih merupakan platform Wear OS, jadi mengulir ke kiri pada tampilan jam akan membuka widget layar penuh Anda untuk melacak hal-hal seperti detak jantung, aktivitas harian, atau tidur Anda.

Menggeser ke kanan akan membuka Layar Beranda Google dengan pintasan dan pembaruan yang berguna. Menggeser ke atas membuka notifikasi Anda dan karena ini layar persegi, Anda dapat melihat lebih banyak teks dan lebih banyak notifikasi dengan jelas. 

Ingin memasang aplikasi yang dapat dikenakan? Mudah. Cukup ketuk ikon Google Play Store di daftar aplikasi dan Anda dapat menemukan apa pun di sana. Bahkan ada NFC dan dukungan untuk Google Pay, yang diterima di banyak lokasi ritel dan didukung oleh banyak bank saat ini.

Semua ini ditampilkan pada panel AMOLED lengkung 1,9 inci yang cerah dan tajam. Perlu dicatat bahwa model 41mm yang lebih kecil memiliki layar datar 1,6 inci. Pilihan mana pun mudah dilihat di luar ruangan di siang hari.

Sedangkan fitur selalu aktif berarti Anda dapat melihat waktu kapan pun Anda suka. Opsi tampilan selalu aktif memang menguras lebih banyak baterai, dan menonaktifkan fungsi tilt-to-wake Anda, tetapi memberikan pengalaman seperti jam tangan yang lebih alami.

Kebugaran dan Kesehatan

oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch

  • Oppo HeyTap Health + Google Fit di instal
  • Denyut jantung sepanjang hari
  • Pelacakan tidur
  • Penghitung langkah + GPS

Smartwatch modern pada dasarnya adalah pelacak kebugaran dengan layar mewah, dalam bentuk jam tangan. Ini adalah elemen pelacakan kebugaran dan aktivitas harian yang menjadikannya investasi yang berharga. Namun, disitulah sejumlah produsen Wear OS jatuh, dan mengapa ekosistem aplikasi pihak ketiga diperlukan. 

Oppo telah membangun platform pelacakan kebugarannya sendiri, yang memang menawarkan semua hal penting. Ini disebut HeyTap Health dan mengumpulkan informasi dari Anda termasuk langkah-langkah harian, perkiraan kalori yang terbakar, rata-rata detak jantung harian Anda, dan dapat menunjukkan bagaimana Anda tidur malam sebelumnya saat Anda mengenakan OPPO watch saat tidur.

Ini cukup mendasar dalam hal bagaimana ini menampilkan data. Tidak banyak yang bisa Anda selami, meskipun jika Anda melacak lari dengannya, Anda bisa melihat metrik yang berguna seperti jarak, kecepatan, detak jantung, ketinggian, dan irama.

Jika Anda menyukai aktivitas selain berlari, berjalan, bersepeda, atau berenang, Anda tidak akan merasakan pelacakan kebugaran Oppo. Hanya itu empat latihan yang dapat Anda manfaatkan, jadi Anda harus melihat smartwatch yang berbeda, misal Garmin Watch yang lebih fokus pada kegiatan olahraga.

Ada juga pelacakan kebugaran Google Fit, yang juga dapat melacak dasar-dasarnya sepanjang hari. Ini diatur dengan rapi untuk menunjukkan bagaimana Anda melakukan aktivitas dan menampilkan grafik yang mudah dipahami untuk setiap latihan yang telah Anda lakukan.

oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch oppo watch, smartwatch oppo jam oppo, garmin venu sq, apple watch

Spesifikasi OPPO Watch 

  • Baterai 430mAh – mode jam tangan pintar hingga 30 jam
  • Snapdragon Wear 3100 + 4G LTE
  • Ambiq Apollo3 Wireless SoC
  • Pengisi daya magnetis

Secara keseluruhan, Oppo Watch adalah jam tangan yang kuat. Kami tidak dibiarkan menunggu terlalu lama untuk mengunduh aplikasi dari Play Store. Animasi relatif lancar dan aplikasi dimuat dengan cukup cepat. 

Seperti halnya banyak smartwatch yang cukup menjadi perhatian adalah masa pakai baterai. Ini bukanlah smartwatch baterai awet dalam pengujian kami dengan layar selalu aktif berwarna hitam dan putih dan dengan fitur ’tilt-to-wake’ diaktifkan (jadi tidak perlu terus mengetuk layar untuk menghidupkan layar).

Baterai akan habis sekitar dua hari dan mirip Watch Apple, jadi harus di cas setiap malam. Jika Anda mencari smartwatch baterai awet dengan desain persegi, Venu SQ Garmin bisa menjadi solusi. Harganya juga tidak terpaut terlalu jauh dan memiliki pemantauan tubuh.

Perlu dicatat, ini tanpa mengaktifkan koneksi 4G/LTE, hanya menggunakannya sebagai smartwatch biasa yang terhubung ke ponsel untuk notifikasi. Pada hari kedua, smartwatch akan melemah dan kehabisan daya. Jadi Anda akan dihadapkan pada pilihan mengisi daya saat malam atau melacak aktivitas tidur.

Untuk mengisinya, Oppo telah merancang dudukan snap-on magnetik yang menggunakan empat titik kontak untuk mengisi daya dan ini bukan pengisian nirkabel. Ini bagus, karena lebih cepat dari standar nirkabel biasa. Itu buruk karena dudukan pengisi daya cukup merepotkan, karena bahan plastiknya cukup ringan dan magnetnya tidak terlalu kuat. 

Secara umum memang sulit untuk membuat jam tangan berbaring di dudukannya dengan baik. Sisi positifnya, ia memiliki bantalan silikon yang cukup kuat di sekitar lubang di tengahnya untuk membuatnya tidak tergelincir dengan mudah saat Anda menaruhnya di atas permukaan.

Kesimpulan

Dengan beberapa penyesuaian, Smartwatch Oppo ini bisa menjadi smartwatch yang cukup membantu. Harga Oppo Watch Rp 3 jutaan dan tidak beda jauh dengan harga Garmin Venu SQ dari Garmin Indonesia. Minimnya pilihan kustomisasi dan fitur kebugaran yang kurang detail menjadi kelemahan utama.

Terlepas dari tampilannya yang mirip Apple Watch dan Garmin Venu SQ. Tidak banyak jam tangan Wear OS persegi namun dengan ini Anda akan mendapatkan fitur yang sesuai dalam hal notifikasi smartwatch dan membalas pesan dengan cepat. Ini juga memiliki dukungan Google Pay dan tampilan yang cerah penuh warna.

Artikel terkait:

>