Garmin IndonesiaGPS sepeda memiliki banyak manfaat bagi para pesepeda profesional dan atlet. Contohnya adalah produk seri Edge dari Garmin. Adapun dua di antaranya yang menjadi pertimbangan Anda untuk penggunaan lebih baik adalah Garmin Edge 540 vs Edge 840.

Apa saja yang menjadi pembeda dari keduanya? Dan apa saja yang sama? Simak selengkapnya dalam artikel yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget berikut ini. Terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman lebih untuk bersepeda outdoor maupun indoor.

Perbandingan Spesifikasi Garmin Edge 540 vs Edge 840

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840 (3)
sc: Garmin

Berikut beberapa perbandingan spesifikasi Garmin Edge 540 vs Edge 840 secara umum yang perlu diketahui seperti dikutip dari laman Cyclist Hub dan Garmin International:

Spesifikasi Garmin Edge 540 Garmin Edge 840
Dimensi 57×85×20 mm 58×85×20 mm
Bobot 85 gram 88 gram
Ukuran Layar 2.6″ 2.6″
Resolusi Layar 246 x 322 pixels 246 x 322 pixels
Pengoperasian Tombol Tombol dan Touchscreen
Kapasitas Penyimpanan 16 GB 32 GB
Layar Berwarna Ya Ya
Ketahanan Baterai Hingga 32 jam Hingga 32 jam
IP Rating ANT+, Bluetooth, Wi-Fi ANT+, Bluetooth, Wi-Fi
Rating Ketahanan Air IPX7 IPX7
Pengisian Daya USB-C USB-C
Fitur Deteksi Insiden Ya Ya
Navigasi GPS, GLONASS, GALILEO, MULTIBAND GNSS, Giroskop, Akselerometer, Magnetometer GPS, GLONASS, GALILEO, MULTIBAND GNSS, Giroskop, Akselerometer, Magnetometer

Baca juga: 5 Rekomendasi Garmin Edge Bersepeda Lebih Baik

Fitur dan Perbedaan Garmin Edge 540 vs Edge 840

Selain spesifikasi secara umum di atas saja, perbedaan lainnya dari Garmin Edge 540 vs Edge 840 juga dapat dilihat dari fitur unggulan lainnya berikut ini:

1. Desain dan Layar

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840 - fi
sc: Cyclist Hub

Pertama adalah dari segi desain dan layar. Perbedaan desain memang tidak terdapat banyak perubahan. Hanya saja di Garmin Edge 840 berukuran sedikit lebih besar, begitu pun dengan bobotnya. Hal itu membuatnya terlihat lebih ruged dan tangguh untuk penggunaan outdoor.

Sementara, untuk layarnya juga tidak ada perbedaan. Adapun yang cukup mencolok di sini adalah dari segi pengoperasian. Di seri Edge 540 hanya dibekali tombol saja, sedangkan pada Edge 840 memiliki fitur touchscreen. Layarnya menggunakan Power Glass yang dapat mengisi daya baterai saat digunakan dengan menyerap cahaya matahari.

Baca juga: Perbandingan GPS Sepeda: Garmin Edge 1040 vs Edge 1030 Plus

2. Ketahanan Baterai

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840 (1)
sc: Performance Bike

Kedua yakni di sektor ketahanan baterai. Poin ini cukup penting, terlebih bagi pengguna olahraga di luar ruangan. Walau memiliki ketahahanan baterai yang sama, namun terdapat perbedaan di seri Solar. Untuk Edge 540 dan Edge 840 memiliki ketahanan baterai 26 jam penggunaan dan 42 jam untuk mode hemat daya.

Sementara, di seri Edge 540 Solar dan Edge 840 Solar menawarkan ketahanan baterai yang lebih impresif yakni hingga 60 jam untuk mode hemat daya. Adanya Power Glass membuat daya dan ketahanan baterai lebih lama hingga 25 menit per jamnya saat digunakan di luar ruangan ketika bersepeda.

3. Fitur Navigasi

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840 (6)
sc: DC Rainmaker

Perbandingan ketiga yakni sektor navigasi. Edge 540 dan 840 menawarkan fitur navigasi yang hampir sama. Ini termasuk petunjuk arah berbelok, menghitung ulang rute, kursus, peta panas popularitas, dan lain sebagainya. Meski begitu, memang terdapat beberapa perbedaan kecil dari keduanya.

Sebagai contoh, Edge 540 tidak memiliki fitur pencarian alamat (address search) dan penambahan pelatian (on-device course creation). Sebab, kapasitas penyimpanannya relatif kecil. Di sisi lain, Edge 840 lebih lengkap dengan memiliki dua wilayah peta yang dimuat sebelumnya.

Pengguna tidak dapat memperbarui data peta melalui WiFi. Untuk itu, harus menghubungkannya ke PC. Walaupun begitu, tingkat akurasi navigasi antara Garmin Edge 540 vs Edge 840 cukup tinggi. Hal tersebut dimungkinkan berkat adanya sistem Multi-Band GNSS yang disematkan di kedua GPS sepeda ini.

Baca juga: 5 Perlengkapan Sepeda Garmin untuk Olahraga Anda

4. Fitur Pendukung Lainnya

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840 (2)
sc: Cycling News

Tak hanya fitur untuk sepeda saja, seperti biasa Garmin juga menambahkan sejumlah fitur pendukung lainnya untuk memantau kesehatan lebih baik di Edge 540 dan Edge 840. Beberapa di antaranya adalah:

  • ClimbPro: menampilkan informasi detail tentang tanjakan selama bersepeda.
  • Cycling Ability and Course Demand: metrik ini membantu mengklasifikasikan kekuatan Anda saat bersepeda (seperti mendaki atau sprint) sehingga pengguna lebih fokus.
  • Targeted Adaptive Coaching: memberikan rekomendasi latihan harian berdasarkan beban latihan Anda saat ini, pemulihan, dan acara yang akan datang.
  • Power Guide: memberikan target daya yang direkomendasikan sepanjang kursus untuk memastikan Anda mengatur kecepatan dengan sempurna sepanjang hari.

Di samping itu juga terdapat fitur pelacakan dan keamanan selama berkendara di luar ruangan seperti LiveTrack, pesan grup, hingga pendeteksi insiden. Edge 540 dan Edge 840 juga kompatibel dipasangkan untuk berlatih menggunakan sepeda statis Garmin Tacx. Lalu, mengirimkan pencapaian ke aplikasi Garmin Connect dan bisa disesuaikan dengan Connect IQ Store untuk penyesuaian.

5. Harga Garmin Edge 540 vs Edge 840

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840 (7)
sc: TrainerRoad

Terakhir adalah perbandingan dari segi harga Garmin Edge 540 dan Edge 840. Kedua perangkat ini memang berbeda, ini tergantung dari paket penjualan maupun versinya yakni versi standar atau Solar. Adapun harga di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Garmin Edge 540: Rp6 jutaan
  • Garmin Edge 540 Bundle: Rp7.9 jutaan
  • Garmin Edge 540 Solar: Rp7.9 jutaan
  • Garmin Edge 840: Rp7.9 jutaan
  • Garmin Edge 840 Bundle: Rp9.7 jutaan
  • Garmin Edge 840 Solar: Rp9.7 jutaan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai GPS sepeda Garmin Edge Anda bisa klik di sini.

Baca juga: 9 Aplikasi Bersepeda yang Wajib Anda Install

Mana yang Tepat untuk Anda?

Review Garmin Edge 540 vs Edge 840
sc: Fone Arena

Dari ulasan Garmin Edge 540 vs Edge 840 di atas, mana yang tepat untuk aktivitas bersepeda Anda? Jika pilihannnya adalah untuk kenyamanan penggunaan yang ringkas, maka Garmin Edge 840 adalah pilihan tepat dengan fitur touchscreen. Namun, apabila Anda lebih mengedepankan fitur-fitur unggulan untuk pemula, maka Edge 540 tidak masalah untuk dipiih.

Namun, sekali lagi ini tergantung pada penggunaan dan kebutuhan. Sebab, keduanya sama-sama memiliki keunggulan untuk GPS sepeda terbaik saat ini. Apapun pilihannya, pastikan Anda membeli di tempat terpercaya seperti Doran Gadget.

Sebagai authorized dealer Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin Manado, dan Garmin Banjarmasin, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, banyak promo menarik di setiap pembelian waktu tertentu. Informasi lebih lanjut dan konsultasi seputar produk, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait: