Garmin WatchBeberapa waktu lalu Garmin meluncurkan jam tangan terbarunya yakni Garmin Venu SQ 2. Tentu bagi para atlet dan pecinta olahraga memunculkan pertanyaan. Salah satunya adalah apa saja perbandingan fitur dan spesifikasi antara Garmin Venu SQ vs Venu SQ2. Menjawab hal tersebut, Doran Gadget telah merangkum ulasannya untuk Anda yang dihimpun dari berbagai sumber.

Spesifikasi Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2

Walaupun sama-sama masuk kategori Venu SQ namun baik generasi pertama maupun yang kedua ini tentu memiliki perbedaan dari segi spesifikasi secara umum. Berikut perbedaan dan perbandingan Garmin Venu SQ vs Venu SQ2 yang perlu diketahui:

 Spesifikasi  Garmin Venu SQ  Garmin Venu SQ 2
 Dimensi  40.6 x 37.0 x 11.5 mm  40.6 x 37.0 x 11.1 mm
 Bobot  37.6 g  38.0 g
 Ukuran Layar  1.3″ (33.1 mm) diagonal  1.41″ (35.9 mm) diagonal
 Tipe Layar  liquid crystal optional always-on mode  AMOLED optional always-on mode
 Resolusi Layar  240 x 240 pixels  320 x 360 pixels
 Touchscreen  Ya  Ya
 Material Lensa  Corning Gorilla Glass 3  Corning Gorilla Glass 3
 Ketahanan Air  5 ATM  5 ATM
 Ketahanan Baterai  Smartwatch mode: 6 hari
 GPS mode: 14 jam
 Smartwatch mode: 11 hari
 Battery Saver Smartwatch mode: 12 hari
 GPS-Only GNSS mode: 26 jam
 All-Systems GNSS mode: 20 jam
 Sensor dan Navigasi  GPS, GLONASS, GALILEO, Kompas, Accelerometer. Thermometer  GPS, GLONASS, GALILEO, Kompas, Accelerometer. Thermometer

Baca juga: Review Garmin Venu SQ 2 – Apa yang Baru dari Seri Sebelumnya?

Perbedaan Fitur Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2

Untuk mengetahui perbedaan lebih jauh dan mendetail dari tabel di atas, berikut ulasannya. Baik dari segi desain, layar, ketahanan baterai, fitur kesehatan dan olahraga, dan yang pasti adalah harga Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2 yang dipasarkan di Indonesia.

1. Desain

Pertama adalah dari segi desain keduanya yang sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Misalnya model jam tangan yang dipasarkan adalah persegi. Hanya saja di sini Garmin Venu SQ 2 memiliki bobot yang cukup berat yakni 38 gram. Ini sedikit lebih berat bila dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 37 gram.

Persamaan keduanya juga bisa dilihat dari material case dan bezel yang digunakan. Dimana baik Venu SQ generasi pertama maupun Venu SQ 2 menggunakan bahan case fiber yang diperkuat dengan polimer. Sedangkan untuk material bezelnya menggunakan anodized aluminum. Keduanya juga mendukung untuk fitur touchscreen.

Baca juga: Garmin Venu SQ vs Garmin Venu 2 – Mana yang Lebih Baik?

2. Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2 – Layar

Selanjutnya adalah perbedaan di sektor layar yang digunakan di keduanya. Memang, di sini ada sedikit perbedaan yang cukup mencolok. Hal itu bisa dilihat dari tipe layar yang digunakan. Dimana pada Garmin Venu SQ 2 sudah menggunakan tipe layar AMOLED sedangkan di seri sebelumnya menggunakan jenis liquid crystal. Tipe layar AMOLED tersebut membuat bezel jadi lebi tipis dan nyaman.

Pembaharuan layar di seri terbaru ini bisa dilihat pada resolusinya, yakni 320×320 pixel pada Garmin Venu SQ 2. Semenetara, Venu SQ hanya 240×240 pixel. Begitu pun dari ukuran layar generasi terbaru ini 14% lebih besar. Pada Venu SQ hanya 1.3 inci dan Venu SQ 2 sekitar 1.41 inci. Tentu, hal ini akan membuat pengguna lebih leluasa.

3. Fitur Kesehatan dan Olahraga

01. jam tangan garmin, venu sq

Ketiga adalah dari segi fitur kesehatan dan olahraga. Sebenarnya, seperti jam tangan Garmin pada umumnya, untuk fitur ini beberapa bawaan standar di antaranya adalah Heart Rate Monitor, Pulse OX2, hingga Sleep Score. Begitu juga dengan pemantau tingkat stress hingga kesehatan wanita seperti pemantau siklus menstruasi.

Tak ketinggalan juga ada fitur Body Battery Energy Monitoring. Garmin Venu SQ 2 memiliki lebih dari lebih dari 25 mode olahraga yang dapat dipilih. Mulai dari olahraga lari, sepeda, berjalan, HIIT, dan Pilater. Dimana mode olahraga tersebut dapat terhubung dengan aplikasi Garmin Connect.

Baca juga: 6 Fitur Kesehatan Garmin untuk Keseharian Anda

4. Ketahanan Baterai

Perbandingan keempat yang juga cukup mencolok adalah ketahanan baterai Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2. Jika pada Garmin Venu SQ generasi pertama, untuk mode smartwatch hanya bisa bertahan hingga 6 hari. Sedangkan pada Venu SQ 2 ketahanan baterainya hampir dua kali lipat lebih lama, yakni 11 hari.

Saat jam tangan ini dialihkan ke mode GPS, maka ketahanan daya baterainya bisa lebih lama lagi. Misalnya saja untuk Garmin Venu SQ pertama bisa bertahan sampai 14 jam. Di sisi lain Garmin Venu SQ 2 dapat lebih lama dari itu, bahkan sampai dengan 26 jam sebagaimana dilansir dari laman resmi Garmin sendiri.

5. Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2 – Harga

 

Terakhir adalah mengenai harga yang dipasarkan. Untuk harga Venu SQ 2 adalah US$249.99 atau sekitar Rp3.7 jutaan. Sementara, Venu SQ 2 Music US$299.99 dan itu di kisaran Rp4.4 jutaan. Akan tetapi, bisa saja harga tersebut berbeda untuk penjualan di distributor maupun official store Indonesia karena kebijakan fiskal. Lalu, untuk Venu SQ dibanderol mulai dari Rp3.1 jutaan dan untuk Venu SQ Music sekitar Rp3.9 jutaan.

Baca juga: 25 Rekomendasi Smartwatch Kesehatan Terbaik untuk Aktivitas Anda

Kesimpulan

Dari ulasan Garmin Venu SQ vs Venu SQ 2 di atas, dapat disimpulkan jika Garmin Venu SQ 2 memang cukup unggul bila dibandingkan generasi sebelumnya. Terutama dalam hal ketahanan daya baterainya. Begitu pun untuk layarnya yang lebih cerah dan lebih mudah dibaca walaupun di bawah terik matahari. Terlepas dari itu, hampir semua spesifikasi lainnya antara kedua smartwatch sama.

Apapun pilihan Anda, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan beli di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Semarang, Garmin Jakarta, dan Garmin Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Anda pun bisa mendapatkan harga terbaik untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp