Garmin WatchMemasuki pertengahan tahun 2022, Garmin meluncurkan dua seri smartwatch lari terbarunya yakni Garmin Forerunner 255 dan Garmin Forerunner 955. Kedua seri tersebut merupakan generasi penerus dari sebelumnya dan telah dilengkapi fitur-fitur unggulan yang disempurnakan. Lalu, apa saja perbedaan Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget seperti dilansir dari laman Gadget & Wearables.

Spesifikasi Umum – Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955

Perbandingan Garmin Forerunner 255 dan Forerunner 955 bisa dilihat dari segi dimensi, bentuk luar, dan fitur-fiturnya. Untuk lebih lengkapnya, simak tabel perbandingan kedua seri tersebut:

 Spesifikasi Forerunner 955 Forerunner 255 Forerunner 255s
 Material Layar Corning® Gorilla® Glass DX Corning® Gorilla® Glass DX Corning® Gorilla® Glass DX
 Material Bezel dan Bodi fiber-reinforced polymer fiber-reinforced polymer fiber-reinforced polymer
 Material Tali Strap silicone (22mm) silicone (22mm) silicone (18mm)
 Dimensi 46.5 x 46.5 x 14.4 mm (52 gram) 45.6 x 45.6 x 12.9 mm (49 gram) 41 x 41 x 12.4 mm (39 gram)
 Touchscreen Ya Tidak Tidak
 Ukuran Layar 1.3” (33.02 mm) diameter  1.3” (33.02 mm) diameter 1.1” (27.5 mm) diameter
 Resolusi Layar 260 x 260 pixels  260 x 260 pixels 218 x 218 pixels
 Tipe Layar sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP) sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP) sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)
 Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM 5 ATM
 Kapasitas Memori 32GB 4GB 4GB
 Garmin Pay Ya Ya Ya
 Opsi Pengisian Tenaga Matahari Ya Tidak Tidak
 Warna Black, Whitestone Tidal Blue, Slate Gray, Whitestone, Black Powder Gray, Light Pink, Whitestone, Black

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner 255 Series dan Spesifikasinya

Perbandingan dari Segi Fitur

Selain dari segi spesifikasinya secara umum, baik Garmin Forerunner 255 dan Forerunner 955 menarik pula disimak dari berbagai fitur yang dimilikinya. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya:

1. Desain Kedua Jam Tangan

Dari segi desain, kedua jam tangan ini memiliki material yang sama dengan lima tombol. Yakni bodi jam tangan yang terbuat dari bahan fiber yang diperkuat polimer dengan tali strap dari bahan silikon. Hal yang membedakannya adalah, Garmin Forerunner 255 hadir dalam dua pilihan. Sedangkan untuk Garmin Forerunner 955 terdiri dari satu varian saja.

Di samping itu bodi jam tangan Forerunner 955 sedikit lebih besar. Begitu juga dengan bobot dari keduanya sangat berbeda. Jika pada seri 955 memiliki bobot 52 gram, maka untuk seri 255 bobotnya sedikit lebih ringan yakni 49 gram. Perbedaan lainnya adalah, pada seri 955 sudah kompatibel dengan touchscreen, dimana hal tersebut tidak dimiliki oleh seri 255.

2. Sensor yang Dimiliki

Selanjutnya adalah mengenai sensor dari Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955. Keduanya pun memiliki beeberapa sensor yang sama seperti Heart Rate, Barometric Altimeter, Compass, Gyroscope, Accelerometer, Thermometer, dan, Spo2. Ini artinya seri 255 dilengkapi dengan fitur altimeter dan giroskop yang dikembangkan. Termasuk sensor Gen 4 Elevate.

Kemudian, untuk sensor navigasi keduanya dibekali dengan GPS, GLONASS, dan Galileo. Dimana sensor navigasi ini lebih akurat untuk penggunaan maps saat melakukan aktivitas outdoor.

Baca juga: 3 Fitur Baru Smartwatch Garmin untuk Kesehatan dan Olahraga

3. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Beralih ke fitur olahraga dan kesehatan keduanya, sebenarnya tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dibilang memiliki hampir seluruh kesamaan. Untuk fitur olahraga seperti Garmin Coach, Running Power, Training Status, Pacepro, Acute Load, dan Training Effect. Di samping itu, juga ada pemantau olahraga lain seperti Running Dynamics, Visual Race Predictor, Recovery Time, dan Cross Training. Fitur olahraga ini juga mendukung untuk aktivitas marathon hingga triathlon. Dimana data tersebut akan disimpan dalam Race Widget.

Lalu, untuk fitur kesehatan terbaru di kedua seri ini adalah HRV Status untuk memantau detak jantung lebih akurat. Begitu pula dengan fitur lain seperti Real Time Stamina, Running Dynamic, Training Status, Acute Load, Training Effect, Pacepro Feature, Recovery Time, V02 Max, Performance Condition, Sync Training Plans. Tak ketinggalan pula fitur pemantau kesehatan wanita dan Sleep Monitoring.

4. Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955: Fitur Lainnya

Garmin juga menyematkan berbagai fitur unggulan lainnya di kedua jam tangan terbarunya ini. Misalnya saja fitur penyimpanan, pada seri 955 memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32GB, sedangkan pada seri 255 hanya 4GB saja. Dengan kapasitas tersebut, selain untuk menyimpan data kesehatan dan olahraga, dapat digunakan untuk menyimpan musik favorit hingga 2.000 lagu. Sedangkan seri 255 hanya bisa menyimpan sekitar 500 lagu saja.

Di sisi lain, dari segi koneksi misalnya. Garmin Forerunner 955 dapat terhubung dengan Bluetooth, ANT+, dan WiFi. Sedangkan pada seri Forerunner 255 hanya didukung Bluetooth dan ANT+ saja dan tidak mendukung untuk WiFi. Namun, keduanya sebenarnya kompatibel dengan fitur Garmin Pay untuk penggunaan di beberapa negara.

5. Daya Baterai

Perbedaan lainnya yang patut diperhatikan sebelum memilih kedua jam tangan ini adalah dari sektor daya baterainya. Ini karena ketahanan baterai sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas. Berikut perbandingan Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955 dari segi baterai:

 Forerunner 955 Forerunner 255 Forerunner 255s
 Smartwatch: 15 hari Smartwatch: 14 hari Smartwatch: 12 hari
 Hanya GPS tanpa musik: 42 jam Mode GPS dan GNSS: Hingga 30 jam Mode GPS dan GNSS: Hingga 26 jam
 Sistem GNSS Multiband dengan Musik: Hingga 8.5 jam Sistem GNSS Multiband dengan Musik: Hingga 6.5 jam Sistem GNSS Multiband dengan Musik: Hingga 5.5 jam
 Sistem GNSS Multiband tanpa musik: Hingga 20 jam Sistem GNSS: Hingga 25 jam Sistem GNSS: Hingga 20 jam
 Mode Ultratrac: Hingga 80 jam Sistem GNSS Multiband: Hingga 16 jam Sistem GNSS Multiband: Hingga 13 jam

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Forerunner 955

Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955: Mana Pilihan Anda?

Dari perbandingan kedua jam tangan Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 955 di atas, lantas mana yang tepat untuk Anda? Ada berbagai pertimbangan memang dalam memilih salah satu kedua jam tangan tersebut. Misalnya saja memilihnya sesuai dengan kebutuhan penggunaan dan budget.

Garmin Forerunner 255 memiliki fitur dasar yang cukup baik. Khususnya jika Anda memang menggunakannya untuk olahraga lari dan mode olahraga lainnya. Termasuk harganya yang cukup terjangkau di kisaran Rp5 jutaan. Sementara, Forerunner 955 lebih lengkap dari sektor fitur dan mode olahraga yang cukup banyak. Termasuk untuk mendaki. Namun, harganya sedikit lebih tinggi yakni mulai Rp7.3 jutaan hingga Rp8 jutaan

Apapun pilihannya yang paling penting adalah belilah di tempat terpercaya. Anda bisa mendapatkan jam tangan Garmin di Doran Gadget sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Selain produk original, Anda akan mendapatkan garansi resmi dan berbagai promo menarik lainnya. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp