Fitur DJI Zenmuse H20N

DJI Indonesia DJI Zenmuse H20N jadi sebuah perangkat canggih dan inovatif yang menghadirkan kemampuan pencitraan yang luar biasa untuk inspeksi hingga misi SAR dan keamanan publik. Kamera multi-sensor ini merupakan kombinasi sempurna antara kamera visual, kamera termal, dan sensor zoom.

Tak heran jika banyak digunakan untuk berbagai misi bersama drone DJI Enterprise seperti DJI Matrice 300 RTK. Apa saja keunggulan fitur DJI Zenmuse H20N? Simak ulasannya lebih lengkap dalam artikel kali ini, Sobat Doran!

Keunggulan Fitur DJI Zenmuse H20N

Berikut fitur utama yang ada di kamera multi-sensor DJI Zenmuse H20N untuk berbagai keperluan inspeksi Anda sebagaimana dilansir dari laman DJI Enterprise dan Halo Robotics.

1. Sensor Starlight untuk Pencahayaan Rendah

Fitur DJI Zenmuse H20N (3)
sc: DJI Enterprise

Keunggulan yang pertama adalah kamera ini dibekali dengan sensor Starlight. Perlu diketahui, dalam misi penyelamatan maupun pencarian, pemetaan thermal terkadang bukan solusi yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan adanya interpretasi kembali atas kondisi yang ada di lapangan. Terlebih lagi ketika mengidentifikasi orang dalam kondisi lingkungan dengan cahaya yang rendah.

Berkat sensor Starlight, akan membantu skenario yang terkadang susah diinterpretasikan tersebut. Dalam hal ini, sensor memiliki intensitas cahaya dengan hitungan ‘Lux’ per unit area. Dimana 1 Lux sama dengan 1 Lumen per meter persegi. Perlu diketahui, mata manusia akan bekerja lebih ketika mengidentifikasi sebuah objek dengan cahaya yang memiliki intensitas rendah  di bawah 20 Lux.

Keunggulan dari sensor Starlight adalah memiliki aperture yang lebih lebar hingga shutter speed lebih rendah jika dibanding kamera standar. Dengan begitu, memungkinkan sensor untuk menyerap cahaya lebih banyak ketika ‘noise’ ditekan dan kualitas gambar akan ditingkatkan. Saat drone berada dalam Night Mode, kamera ini otomatis akan berpindah ke IR Filter lensa maupun parameter ISP. Algoritma pintar ini bahkan memungkinkan sensor mendeteksi cahaya dalam tingkat kerendahan 0.0001 Lux.

Baca juga: 5 Manfaat Drone untuk Kepolisian dan Rekomendasinya

2. Kemampuan Zoom yang Luar Biasa

Fitur DJI Zenmuse H20N (2)
sc: DJI Enterprise

Fitur DJI Zenmuse H20N selanjutnya adalah kemampuannya dalam memperbesar gambar objek yang luar biasa. Hal itu didukung dengan adanya hybrid optical zoom camera 4MP 20x. Dengan begitu, bidikan objek dapat diperbesar hingga 20 kali lipat. Terlebih lagi ditambahkan dengan Sensor Starlight yang memungkinkan hasilnya lebih optimal.

Dukungan dua fitur tersebut mampu membuat misi pencarian dan penyelamatan (SAR) maupun keamanan publik menjadi lebih nyaman dan aman. Mulai dari misi penyelamatan orang hilang sampai mengidentifikasi pelaku pencurian maupun pemburu ilegal di malam hari.

Tidak hanya itu saja, kamera multi-sensor ini juga bisa digunakan untuk patroli di area pertambangan. Termasuk area konstruksi, perkebunan, hingga wilayah yang sifatnya sensitif. Dengan gambar close-up beresolusi tinggi dan mudah dikenal dalam cahaya yang minim, ini dapat mengurangi ketidakakuratan data, sehingga lebih efisien.

3. Dilengkapi Sensor Thermal

Fitur DJI Zenmuse H20N (4)
sc: DJI Enterprise

Keunggulan yang ketiga adalah kamera DJI Zenmuse H20N memiliki dua buah sensor thermal. Fungsi kamera ini ialah untuk mengirimkan data infra merah. Dua buah lensa thermal 640×512 yang dimilikinya, setidaknya dapat meninggalkan cara konvensional yakni menekan ‘zoom’ lebih lama saat dioperasikan. Tentu, hal ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi operator.

Sensor thermal ini juga memungkinkan dua mode pembesaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Yakni yang pertama menawarkan pembesaran hingga 2 kali lipat, dan sensor kedua menawarkan pembesaran hingga 8 kali lipat. Berkat hal itu, memungkinkan observasi dengan jarak lebih dekat.

Kemudian, saat melihat ‘pixel panas’ pada layar controller, pengguna tidak perlu menurunkan ketinggian drone pada jarak tertentu untuk melihat objek lebih dekat. Jadi, cukup dengan memperbesar gambar pada controller untuk memastikan apakah titik atau sumber panas ini adalah manusia, hewan, atau objek lainnya.  

Baca juga: Apa Itu Thermal Drone dan Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

4. Tangguh di Suhu Ekstrem

Fitur DJI Zenmuse H20N (6)
sc: Drone Made Easy

Tak perlu khawatir dioperasikan dalam kondisi cuaca apapun, bahkan di lingkungan ekstrem sekalipun. Sebab, kamera DJI Zenmuse H20N memiliki sertifikasi khusus yang mendukung untuk penggunaan di berbagai kondisi cuaca saat melakukan berbagai misi. Terutama misi SAR dan keamanan publik.

Kamera ini sudah memiliki sertifikasi IP rate IP44 dan memungkinkannya dioperasikan pada suhu -20° hingga 50° Celcius. Anda juga dapat memasangkannya pada drone DJI Matrice 300 RTK dalam melakukan misi dan inspeksi. Keduanya juga merupakan kombinasi yang tepat dan bisa diandalkan di berbagai skenario dan kondisi.

5. Laser Rangefinder Lebih Akurat

Fitur DJI Zenmuse H20N (5)
sc: DJI Enterprise

Keunggulan DJI Zenmuse H20N lainnya adalah memiliki teknologi Laser Rangefinder. Dimana teknologi laser ini mampu mendeteksi objek hingga jarak 3 hingga 1200 meter. Selain itu, teknologi ini mampu menampilkan titik koordinat yang akurat pada lokasi maupun objek hingga kurang lebih 1 meter.

Teknologi tersebut setidaknya dapat diandalkan untuk Anda ketika melakukan inspeksi maupun pemetaan. Keunggulannya adalah hanya dengan sekali ketukan saja, Anda dapat menandai objek yang terlihat. Tunggu beberapa saat hingga sensor mengirimkan titik koordinat GPS dari jarak maupun ketinggian drone relatif. Anda dapat memadukannya dengan sensor Starlight untuk membuat titik koordinat pada kondisi minim cahaya sekalipun.

Baca juga: Mengenal Teknologi LiDAR Drone dan Manfaatnya untuk Inspeksi

6. Fitur Split-Screen

Fitur DJI Zenmuse H20N (1)
sc: Drone Pilot Academy

Terakhir, DJI Zenmuse H20N memiliki fitur Split-Screen Zoom. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat gambar zoom dalam pemisahan layar secara bersamaan. Dengan kata lain, pengguna dapat membagi layar menjadi dua bagian, di mana satu bagian menampilkan tampilan normal dan bagian lainnya menampilkan tampilan zoom.

Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana pengguna perlu melihat gambaran umum objek atau area yang sedang diamati, sambil memperbesar bagian tertentu untuk melihat detail lebih dekat. Pengguna bisa dengan mudah membandingkan antara tampilan zoom dan tampilan normal, sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi dan menganalisis objek atau area dengan lebih akurat. Khususnya saat misi SAR, pemantauan kebakaran, hingga misi pengamanan publik.

Dapatkan DJI Zenmuse H20N di Doran Gadget

Fitur DJI Zenmuse H20N
sc: Drones for Hire

Itulah beberapa keunggulan dan fitur DJI Zenmuse H20N, kamera multi-sensor dari DJI untuk keperluan inspeksi hingga operasi keamanan publik yang lebih baik. Dengan keunggulan yang telah disebutkan di atas, kamera ini sangat membantu dalam berbagai operasi. Termasuk untuk misi penyelamatan (SAR) seperti pencarian korban bencana dan sebagainya.

Hubungi kami untuk konsultasi dan pengadaan produk DJI Zenmuse H20N via WhatsApp di sini. Sebagai mitra resmi DJI Enterprise di Indonesia, Doran Gadget menjual produk original dan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada layanan after-sales hingga demo unit untuk keperluan inspeksi perusahaan Anda.

Artikel terkait:

×