Kenali Tipe Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya

Kenali Tipe Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya

Ada 300 jenis sakit kepala, dan ada banyak tumpang tindih di mana mereka menyebabkan rasa sakit yang khas. Namun, ada juga perbedaan halus dalam lokasi sakit kepala dan gejala lain yang dapat membantu membedakan satu jenis rasa sakit dengan jenis lainnya. Dan mengetahui jenis sakit kepala yang Anda hadapi adalah penting agar Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat — sebelum.

Meskipun lokasi kurang penting untuk sakit kepala daripada untuk real estat, tetap saja penting. Ini adalah panduan untuk apa arti lokasi rasa sakit Anda.

Jika rasa sakit ada di sekitar mata Anda

Nyeri kepala di dalam dan sekitar mata Anda bisa menjadi tanda klasik dari sakit kepala cluster, dinamakan demikian karena sakit kepala ini cenderung terjadi dalam kelompok selama beberapa minggu atau bulan sebelum hilang untuk sementara waktu. Biasanya hanya satu mata yang terpengaruh (meskipun tidak selalu sama), dan mata itu juga bisa merah, berkaca-kaca, bengkak, atau murung.

Nyeri kepala cluster mungkin juga menjalar ke leher, pipi, hidung, pelipis, atau bahu, lagi-lagi, biasanya hanya di satu sisi. Anda mungkin juga memiliki hidung meler atau pengap dan bahkan mual dan sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Karena mereka biasanya satu sisi dan dapat melibatkan sensitivitas terhadap rangsangan, sakit kepala cluster sering bingung dengan migrain.

Setiap sakit kepala kluster dapat berlangsung hanya setengah jam atau selama beberapa jam, biasanya muncul pada waktu yang sama setiap hari dan sering ketika Anda sedang tidur, itulah sebabnya mereka dijuluki “sakit kepala jam alarm.” salah satu jenis sakit kepala yang paling menyakitkan, tetapi juga salah satu yang paling langka.

“Mereka sangat menyakitkan, seperti poker panas di mata,” kata Mark W. Green, MD, juru bicara National Headache Foundation dan direktur obat sakit kepala dan sakit di Sekolah Kedokteran Icahn di Gunung Sinai, di New Kota York.

Obat-obatan tertentu dapat membantu setelah serangan sakit kepala cluster telah terjadi. Ini termasuk triptan yang dapat disuntikkan (keluarga obat yang dikembangkan untuk mengobati migrain), beberapa anestesi lokal, dan menghirup oksigen 100% melalui masker. Obat lain, yang diminum secara teratur, dapat membantu mencegah serangan sebelum terjadi, termasuk kortikosteroid, penghambat saluran kalsium, dan melatonin. Bicaralah dengan dokter Anda tentang terapi pencegahan jika Anda mengalami sakit kepala cluster.

Jika rasa sakit ada di leher Anda

Nyeri leher mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan tentang migrain, tetapi mereka adalah fitur umum dari kondisi ini.

“Sekitar 75% orang dengan migrain mengalami sakit leher, yang merupakan sesuatu yang tidak disadari banyak orang,” kata Dr. Green.

Beberapa orang dapat menghindari serangan migrain dengan menjauhi pemicu. Meskipun ini bervariasi dari orang ke orang, pemicu migrain umum termasuk stres, alkohol, dan makanan tertentu. Obat yang disetujui untuk kondisi lain seperti beta blocker, antidepresan, dan obat anti kejang dapat membantu mencegah migrain. Tahun lalu, FDA menyetujui obat pencegahan migrain pertama kali: Aimovig (erenumab).

Jika Anda rentan terhadap migrain, pencegahan mungkin merupakan opsi yang paling menarik. Jika Anda hanya mendapatkannya sesekali, ada beberapa obat yang dapat Anda gunakan untuk perawatan, termasuk penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen hingga triptans dan obat resep lainnya.

Jika rasa sakit ada di kulit kepala Anda

Sakit kepala karena tensi tidak menyebabkan rasa sakit yang sebenarnya di kulit kepala Anda, tetapi mereka dapat menyebabkan daerah itu terasa kencang, hampir seperti band yang ditarik di sekitarnya.

Tidak seperti migrain dan sakit kepala cluster, sakit kepala tegang biasanya menyebabkan rasa sakit di kedua sisi kepala Anda, terutama dahi, pelipis, bagian belakang kepala, dan terkadang leher dan bahu Anda, dan rasa sakit biasanya terasa seperti tekanan, kata Dr. Green.

Stres adalah penyebab paling umum dari sakit kepala karena tegang, meskipun masalah fisik dengan otot atau persendian Anda dapat berkontribusi. Cobalah penghilang rasa sakit yang dijual bebas untuk sakit kepala tegang yang sering terjadi, tetapi bicarakan dengan dokter Anda jika mereka menjadi kronis.

Jika rasa sakit ada di sinus Anda

Banyak yang disebut “sakit kepala sinus” sebenarnya sakit kepala karena tegang atau migrain, jenis sakit kepala pertama dan kedua yang paling umum, masing-masing. Faktanya, kata Dr. Green, “sakit kepala sinus” yang sesungguhnya mungkin tidak benar-benar ada. “Kebanyakan sakit kepala dirujuk ke daerah sinus,” katanya.

Penyakit sinus akut dapat menyebabkan sakit kepala, tambahnya. Tetapi kemudian Anda juga kemungkinan mengalami demam dan keputihan dari hidung Anda.

Selalu berbicara dengan dokter Anda jika rasa sakit di mana saja di dalam atau di sekitar kepala Anda menjadi kronis dan melumpuhkan, jika sakit kepala terasa berbeda dari biasanya, jika mereka datang dengan sangat tiba-tiba, atau jika mereka disertai dengan demam, kebingungan, leher kaku, ganda visi, atau kejang.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp