Headset Gaming

Doran GadgetMemilih headset gaming yang tepat akan memberikan pengalaman gaming yang lebih mengesankan. Namun Anda akan dihadapkan juga pada pilihan: headset atau headphone gaming?

Ada perbedaan antara headset dengan headphone yang harus dipahami, yaitu pada ada atau tidaknya mikrofon pada alat tersebut. Buat Anda yang sudah hobi gaming sejak lama, Anda pasti tahu bahwa yang dibutuhkan bukan hanya perangkat yang mumpuni saja. Efek suara yang menggelegar dan enak didengar telinga membuat Anda semakin bersemangat saat nge-game.

Jika Anda masih bingung antara headset atau headphone untuk gaming, berikut ini masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

Headset Gaming

Headset Gaming

Definisi paling sederhana dari headset adalah headphone yang dilengkapi dengan mikrofon. Tetapi headset yang khusus untuk gaming telah dikostumisasi sehingga menawarkan kejelasan suara, noise isolation, suara imersif, hingga kenyamanan yang lebih untuk penggunanya.

Tidak jarang headset gaming terbaik juga dilengkapi dengan desain suara colorful untuk meningkatkan pengalaman gaming yang semakin menyenangkan.

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Headset Gaming

Memilih headset untuk gaming yang bagus bukan perkara sepele lho. Apalagi saat Anda tahu banyaknya produk headset yang dijual di luar sana. Secara umum, ada 4 faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih headset untuk gaming yaitu kenyamanan, kualitas suara, durabilitas, dan harga.

  • Kenyamanan

Saat memilih headset untuk gaming, kenyamanan harus menjadi yang utama. Anda tidak tahu berapa lama Anda harus mengenakan headset untuk satu sesi permainan, sehingga Anda harus memastikan benda tersebut tidak berat di kepala.

Headset yang tepat bisa menunjang permainan, sementara jika headset terasa tidak nyaman, Anda bisa kehilangan fokus saat bermain.

Kenyamanan headset bisa dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat bantalan telinga dan kepalanya. Bahan seperti memory foam adalah bahan yang bagus karena bisa mengikuti bentuk kepala dan telinga.

Berat dan desain headset juga harus dipertimbangkan agar nyaman saat dipakai.

  • Kualitas suara

Kualitas suara dari headset adalah fitur yang harus benar-benar diteliti. Mendapatkan suara yang berkualitas sama pentingnya dengan grafik beresolusi tinggi. Headset yang didesain untuk gaming memiliki surround sound yang lebih luas untuk memberikan efek suara yang realistis dan lebih nyata.

Untuk Anda yang memainkan game FPS, headset gaming terbaik yang dilengkapi dengan simulated surround sound sangat penting karena bisa membantu melacak lokasi musuh. Selain itu, fitur ini juga dapat memberikan efek suara tembakan dan ledakan yang lebih nyata.

Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah noise cancellation sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh saat bermain game.

  • Durabilitas

Karena harga headset yang tidak murah, maka Anda harus memilih yang berkualitas dan bisa dipakai dalam waktu lama. Jika Anda membeli headset yang material pembuatnya tidak kuat dan kualitas suaranya kurang bagus, maka Anda harus bersiap-siap membeli yang baru dalam waktu beberapa bulan saja.

Para gamer biasanya memilih headset yang harganya sedikit mahal, namun bisa bertahan dalam waktu lama.

  • Harga 

Biasanya, harga headset gaming mencerminkan kualitasnya. Tetapi bukan berarti headset terbaik adakah headset yang harganya paling mahal. Jika Anda teliti, banyak juga headset murah untuk gaming dengan kualitas yang baik.

Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Sebelum membeli headset, pastikan Anda memeriksa spesifikasinya dengan teliti terlebih dahulu.

Headphone Gaming + Mic

Headset Gaming

Jika Anda memilih headphone, maka Anda harus menggunakan mikrofon eksternal yang terpisah agar bisa mendapatkan pengalaman gaming yang lebih mengesankan. Perlu diingat bahwa komunikasi saat gaming juga penting lho. Apalagi jika Anda sedang bertanding bersama tim.

Anda tidak hanya harus membeli headphone gaming yang berkualitas, tetapi juga mikrofon yang mumpuni. 

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mikrofon Headphone Gaming

Pada dasarnya, memilih headphone untuk gaming sama dengan headset gaming. Jadi kini Anda harus memperhatikan faktor-faktor penting apa saja saat membeli  mikrofon yang sesuai kebutuhan.

  • Form factor mikrofon

Form factor mikrofon dapat dibagi menjadi dua kategori berbeda: mikrofon yang bisa dilepas pasang atau mikrofon eksternal.

Mikrofon jenis pertama sangat portabel dan cocok untuk gamers yang punya mobilitas tinggi. Namun mikrofon eksternal bisa menawarkan pengalaman lebih dari sekedar gaming. Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan lain, seperti merekam suara untuk video YouTube. 

Hanya saja, mikrofon eksternal tidak bisa dibawa berpindah tempat.

  • Jenis mikrofon

Headset Gaming

Ada tiga jenis mikrofon yang dijual di pasaran: unidirectional, bi-directional, dan omni-directional.

Mikrofon gaming biasanya adalah jenis unidirectional, yaitu hanya bisa menerima suara satu arah saja. Keuntungannya, gamer lain yang sedang bermain bersama Anda tidak akan bisa mendengarkan suara-suara lain yang ada di sekitar Anda.

Sementara mikrofon bi-directional dapat menangkap suara dari depan dan belakang, sehingga menghasilkan efek yang lebih kaya dan menakjubkan.

  • Konektivitas 

Konektivitas dan kompatibilitas mikrofon bisa dibedakan menjadi dua: kabel dan nirkabel. Pilihan mikrofon yang populer untuk gaming adalah jenis XLR yang memberikan pengalaman suara lebih berkualitas untuk Anda.

Anda bisa meningkatkan kompatibilitas mikrofon dengan pengaturan Anda saat ini dengan menggunakan adaptor yang bisa meningkatkan kompatibilitas mikrofon.

Mana yang Harus Dipilih: Headset atau Headphone Dengan Mikrofon?

Memilih antara headset atau headphone gaming dengan mikrofon bisa jadi hal yang sulit. Berikut ini beberapa aspek yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

  • Kegunaan

Buat Anda yang gamer sejati, headset adalah pilihan yang tepat. Fitur-fitur yang disediakan oleh headset untuk gaming jauh lebih baik dibandingkan headphone biasa. Anda bisa menikmati virtual surround sound untuk pengalaman gaming yang lebih menyenangkan.

Namun jika Anda juga memiliki hobi lain seperti YouTuber atau mixing dan menciptakan musik, maka headphone bisa jadi pilihan yang tepat. 

  • Fleksibilitas

Headset Gaming

Headset untuk gaming hanya cocok untuk gaming saja. Headset semacam ini biasanya akan terlihat aneh dan kurang cocok jika digunakan di depan publik, misalnya untuk mendengarkan musik.

Sementara itu, headphone lebih fleksibel digunakan kapan saja dan dimana saja.

  • Harga

Harga antara headset dan headphone gaming sekali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada headset mahal, ada pula headphone yang mahal. Namun jika Anda tidak punya budget berlebih, maka headset adalah pilihan yang tepat. Harga headset masih lebih murah dibandingkan jika Anda harus membeli headphone dan mikrofon secara terpisah.

  • Kualitas suara

Lagi-lagi kualitas suara menjadi aspek yang sangat penting. Secara keseluruhan, suara headphone lebih baik dibandingkan headset. Namun kualitas mikrofon pada headset jauh lebih baik jika digunakan untuk gaming.

Oleh karena itu, semua kembali pada preferensi Anda masing-masing.

Penutup

Mau memilih headset gaming atau headphone gaming, semua kembali pada penggunanya masing-masing. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan, seperti tujuan penggunaan hingga budget yang dimiliki.  Dapatkan rekomendasi headset untuk gaming terbaik dari berbagai merek dan spesifikasi.

Jangan lupa untuk join di channel Telegram dorangadget.com agar Anda tidak ketinggalan info gadget dan promo produk terbaru.

Artikel terkait:

× WhatsApp