Doran GadgetSpesifikasi dan fitur GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3 memang menarik untuk diulas. Sebab dua action camera ini jadi yang tertinggi dari masing-masing pabrikan. Selain itu, keduanya dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan pada pertengahan September 2022 lalu. Meski sekilas hampir sama, tentu keduanya memilki perbedaan mendasar. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di artikel kali ini sampai tuntas ya, Sobat Doran!

Spesifikasi GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3

Bagi Anda yang ingin memilih action camera terbaik dari GoPro maupun DJI ketahui terlebih dahulu mengenai spesifikasi GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3. Melansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

 Spesifikasi  GoPro Hero 11  DJI Osmo Action 3
 Dimensi  2.64 x 1.34 x 1.85 inci  2.78 x 1.74 x 1.29 inci
 Bobot  153 gram  110 gram
 Ukuran Layar  Rear: 2.27-inch
Front: 1.4-inch
 Rear: 2.25-inch
 Front: 1.4-inch
 Layar Berwarna  Color Display  Color Display
 Sensor  27MP 1/1.9-inch CMOS sensor  12MP 1/1.7-inch CMOS sensor
 Resolusi  5.3K60, 4K120 + 2.7K240 Wide FOV 16:9, 4:3, 8:7 aspect ratio  1080p (16:9), 2.7K (16:9), or 4K120 (16:9), 4K60 (4:3)
 Stabilizer  HyperSmooth 5.0  RockSteady 3.0
 Baterai  1720mAh  1770 mAh
 Ketahanan Air  Hingga 10m  Hingga 16m
 Harga  Rp8.7 jutaan  Rp4.9 jutaan

Baca juga: Review Spesifikasi GoPro Hero 11 – Hadirkan Fitur HyperSmooth 5.0

Fitur GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3

Selain spesifikasi GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3, hal penting lainnya ketika membandingkan kedua action camera ini adalah mengenai fitur-fitur unggulan yang ada. Mulai dari sektor desain, kualitas foto dan video, ketahanan baterai, stabilizer, hingga ketangguhan di berbagai kondisi saat dioperasikan. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah ulasannya.

1. Desain

Perbandingan pertama adalah dari segi desain yang dimiliki. DJI Osmo Action 3 lebih ringan dari GoPro Hero 11. Kedua kamera ini memiliki lensa yang dapat dilepas. Keunggulan lainnya dari DJI Osmo Action 3 adalah mengadopsi mode magnetic clamping. Itu artinya dibekali dengan magnet yang kuat untuk diletakkan di perangkat tertentu saat digunakan outdoor seperti stang setir, helm, dan lain sebagainya. Lalu, terdapat fitur quick-release. Selain itu juga ada fitur Inisistick yang dapat bekerja pada medan bersalju.

GoPro Hero 11 memiliki layar i yang memang cukup lebar bila dibandingkan DJI Osmo Action 3. Namun, keduanya juga dibekali dengan touchscreen. Sehingga lebih mudah ketika dioperasikan. Hanya saja bagian depan GoPro Hero 11 tidak dibekali layaknya Action 3.

Baca juga: 8 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2022

2. Kualitas Foto dan Video

Selanjutnya adalah mengenai kualitas foto dan video GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3. Secara umum bisa dilihat pada tabel jika kualitas video dari GoPro Hero 11 memang unggul. Hal itu berkat dukungan sensor kameranya 1.9-inch CMOS dengan 27MP, sedangkan Action 3 menggunakan 1.7-inch CMOS sensor 12MP.

Di sisi lain GoPro Hero 11 dapat merekam hingga 5.3K, dimana Action 3 hanya pada kisaran 4K saja. Ditambah lagi Hero 11 didukung frame rate yang tinggi. Tak hanya itu saja, Hero 11 bisa mendukung untuk mengambil gambar 240fps pada 2.7k. Sementara Action 3 pada 1080p. Termasuk mengambil gambar SuperView 4K 120fps. Sedangkan Action 3 terbatas pada penggunaan Wide dan Standar pada mode tersebut.

Meski begitu, dalam skenario yang tergantung pencahayaan. Kedua action camera memiliki keunggulan tersendiri. Dalam hal tersebut, DJI Action 3 cukup unggul memang. Terutama dalam gambar yang lebih detail dan stabilisasi yang lebih baik.

3. GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3 – Baterai

Pertimbangan ketiga dalam membeli action camera adalah ketahanan baterai. Sebab, kamera ini sering digunakan dalam kondisi outdoor. Di sektor baterai, DJI Action 3 memang lebih unggul dengan daya sebesar 1770 mAh. Baterai dapat dioperasikan dalam suhu rendah -20° Celcius sekalipun. Kerennya lagi baterai dapat terisi hingga 18% hanya dalam waktu 18 menit saja.

Lalu, untuk GoPro Hero 11 memiliki daya baterai sebesar 1720 mAh. Baterai ini bisa dioperasikan suhu ekstrem sama halnya seperti Action 3. Hanya saja pada GoPro 11 baterai dapat beroperasi pada suhu -10° Celcius. Dengan lama pengisian 2 jam sampai penuh, GoPro Hero 11 diklaim mampu lebih unggul 38% dibandingkan seri sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan DJI Action 2 vs GoPro Hero 10 Black – Mana Lebih Unggul?

4. Stabilizer

Perbandingan GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3 keempat adalah dari segi stabilitasnya. Untuk menunjang itu, kedua kamera memiliki fitur stabilizer terbaik di masing-masing produk. Dimana GoPro Hero 11 menyematkan seperti HyperSmooth 5.0 dengan Horizon Lock. Termasuk kompatibel dengan ReelSteady dan GyroFlow yang bisa digunakan untuk produksi video, dimana itu tidak terdapat pada DJI Action 3.

Adapun DJI Action 3 hadir dengan sistem electronic image stabilization (EIS) RockSteady 3.0. Ditambah lagi dengan HorizonSteady yang menjaga kamera tetap stabil di mode horizontal dan saat memutar kamera. Dukungan lainnya adalah adanya Horizon Balancing yang dapat mengoreksi kemiringan gambar hingga 45°.

5. Ketangguhan Penggunaan

Terakhir mengenai ketangguhan performanya. DJI Action 3 memang cukup unggul untuk urusan dalam air. Sebab, kamera ini tahan hingga kedalaman 16m. Sedangkan saat dipasang dengan menggunakan pelindung khusus, action camera ini pun dapat digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 60m. Dimana GoPro Hero 11 hanya mampu hingga kedalaman 10m saja.

Untuk operasionalnya, GoPro mengklaim dapat dioperasikan dengan mulus pada kondisi dingin ekstrem sekalipun hingga -10° Celcius. Namun, jangan lupakan juga jika DJI Action 3 menawarkan hal serupa dengan operasional dari suhu -20° Celcius sampai dengan 45° Celcius.  Jadi untuk urusan ketangguhan, DJI Action 3 sedikit unggul.

Baca juga: Spesifikasi DJI Osmo Action 3 – Action Camera Tangguh di Segala Kondisi

Kesimpulan GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3

Dari ulasan antara GoPro Hero 11 vs DJI Osmo Action 3 bisa dibilang keduanya menjadi dua action camera unggulan saat ini. Terutama untuk pangsa pasar para konten kreator, vlogger, dan Anda yang suka merekam aktivitas outdoor atau ekstrem lainnya. Jika melihat keseluruhan, memang GoPro Hero 11 cukup unggul. Termasuk dalam pengambilan gambar dan video dalam kondisi cahaya cukup dan gradasi warna terbaik. Hanya saja, harga yang ditawarkan cukup tinggi sesuai dengan fitur yang dimiliki.

Di sisi lain, tanpa merendahkan, DJI Osmo Action 3 menawarkan fitur yang kurang lebih sama. Kamera ini unggul dalam hal pengambilan video dan gambar dalam kondisi minim cahaya dalam waktu lama. Selain itu, Jika Anda menginginkan action camera yang praktis dengan fitur unggulan dan harga yang relatif lebih rendah, maka produk DJI ini layak dijadikan pilihan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2022

Penutup

Apapun pilihan Anda, selain sesuai dengan kebutuhan pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual action camera terbaik dari GoPro dan DJI. Sebagai official store dari kedua brand besar dunia tersebut, semua produk yang kami tawarkan merupakan produk asli dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, juga ada promo dan program menarik untuk tiap pembelian di saat-saat tertentu. Khususnya pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi mengenai produk dan pembelian, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang masih berlangsung.

Artikel terkait:

× WhatsApp