Doran Gadget – GoPro saat ini jadi salah satu rekomendasi action camera terbaik bagi para content creator. Beberapa waktu lalu, brand asal California, Amerika Serikat ini kembali merilis produk terbarunya yakni GoPro Hero 11. Lantas apa perbedaan antara GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11? Ada baiknya Anda simak ulasannya lebih lengkap di artikel yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Umum GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11

Walaupun sekilas hampir memiliki desain yang terlihat hampir sama, namun antara GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11 terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Baik itu dari segi berat, ukuran dimensi, dan juga lensa yang digunakan. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat pada tabel berikut:

 Spesifikasi  GoPro Hero 10  GoPro Hero 11
 Dimensi  71 x 55 x 34 mm  70.1 x 49.02 x 34.04 mm
 Bobot  158 gram  127 gram
 Sensor Kamera  23MP – 1/2.3 CMOS Sensor  27MP – 1/1.9 CMOS Sensor
 Lensa  16mm f2.80 Prime Lens  12mm f2.80 Prime Lens
 Layar  2.27″ Fixed Screen  2.27″ Fixed Screen
 Resolusi  5.3K – 5120 x 2880 video resolution  5.3K – 5312 x 2988 video resolution
 Top Frame Rate  240fps High-Speed Video  240fps High-Speed Video
 ISO  ISO 100 – 6400  ISO 100 – 6400
 Harga  Rp8 jutaan  Rp8.7 jutaan

Baca juga: 8 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2022

Perbedaan Fitur GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11

Tak hanya dari segi spesifikai utama saja, perbedaan GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11 dari segi fiturnya pun menarik untuk disimak. Melansir dari beberapa sumber seperti TechRadar, Pocket Lint, dan lainnya berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Perbedaan fitur yang pertama dari GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11 bisa dilihat dari segi desain dan layarnya. Secara umum memang tidak ada perbedaan yang begitu mencolok. Keduanya sama-sama mengusung tipe compact dan desain rectangular dengan warna dasar hitam.

Namun, bila dilihat sekali lagi dimensi dari GoPro 11 lebih ergonomis. Begitu pun dari segi bobotnya yang lebih ringan dibandingkan sebelumnya, yakni hanya 127 gram saja. Tentu ini akan lebih nyaman digunakan. Apalagi GoPro Hero 11 ada dua mode yang bisa dipilih yakni Easy dan Pro, inilah yang membuatnya dapat digunakan oleh pemula sekalipun.

Baca juga: Review Spesifikasi GoPro Hero 11 – Hadirkan Fitur HyperSmooth 5.0

2. Kualitas Kamera dan Video

Selanjutnya adalah mengenai kualitas kamera dan videonya. GoPro Hero 11 memiliki update di sektor sensor yang digunakan yakni 1/1.9 inci. Dimana sensor tersebut memiliki resolusi yang lebih besar yakni 27MP. Berbeda dengan GoPro Hero 10 yang hanya dibekali dengan resolusi 23MP.

Berkat sensor yang dikembangkan, Anda dapat merekam video hingga 5.3K/60fps. Di samping itu, Anda juga bisa membuat rekaman dalam 2.7K/240 dengan menggunakan 8x slow motion dengan gambar yang lebih detail.

3. GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11 – Hyperview

Berbicara mengenai tingkat imersif kamera, GoPro Hero 11 disebut-sebut lebih imersif bila dibandingkan GoPro Hero 10. Ini dimungkinkan berkat adanya fitur HyperView dengan lensa digital berteknologi SuperView. Fitur HyperView memungkinkan penggunanya menangkap objek video di sekitar dengan aspek rasio 8:7 dan wide-angle 16:9. Secara umum, ini memberikan kemungkinan terbaik bagi para pengguna mendapatkan footage terbaik.

Di sisi lain, GoPro Hero 11 memiliki pengaturan pewarnaan yang lebih dikembangkan dari seri sebelumnya yakni 10bit. Pada GoPro Hero 10 memiliki 1.67 jutatingkat pewarnaan dengan 8bit. Bandingkan dengan seri terbaru yang mampu menyediakan hingga 1 miliar warna.

Baca juga: Spesifikasi, Fitur, dan Harga GoPro Hero 10 Black

4. Fitur Stabilisator

Selain faktor kualitas kamera, stabilisator adalah hal penting bagi action camera. Fungsinya untuk menjaga hasil terbaik dan tidak buram. Selama ini, fitur HyperSmooth 4.0 pada GoPro Hero 10 diklaim sebagai yang terbaik. Namun, dengan generasi terbaru yakni Hypersmooth 5.0 yang dilengkapi dengan AutoBoost, tentu hal tersebut akan lebih baik lagi.

Lalu, adanya fitur Horizon Lock mampu mengunci objek dan memungkinkan kamera mengambil gambar hingga 360°. Sedangkan pada GoPro Hero 10 terbatas hanya pada sudut 45°. Hal itu akan membuat tangkapan layar menjadi lebih sinematik. Khususnya jika digunakan untuk merekam aktivitas ekstrem.

5. Ketangguhan Baterai GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11

Perbandingan terakhir bisa dilihat dari baterai yang digunakan kedua action camera ini. Pada GoPro Hero 10 menggunakan baterai standar 1720 mAh, sedangkan GoPro Hero 11 menggunakan jenis baterai Enduro yang sama-sama memiliki kapasitas 1720 mAh. Walaupun kapasitasnya sama, namun kandungan kimianya berbeda dan diklaim lebih baik.

Hal itulah yang membuatnya memiliki ketahanan lebih lama. Bahkan ketahananya mampu hingga 38% lebih lama jika dibanding generasi sebelumnya. Tak hanya itu saja, baterai dengan jenis Enduro yang disematkan pada GoPro Hero 11 tangguh di berbagai kondisi ekstrem. Terutama untuk cuaca dingin sekalipun.

Baca juga: Klaim Garansi Produk GoPro, Begini Caranya!

Kesimpulan

Dari ulasan GoPro Hero 10 vs GoPro Hero 11 di atas, dapat disimpulkan jika seri terbaru GoPro Hero 11 merupakan action camera dengan spek tertinggi dari GoPro saat ini. Jika Anda menginginkan seri terbaik terutama untuk hasil foto yang lebih imersif dan sinematik, maka GoPro Hero 11 layak dipilih.

Namun, tidak menjadi masalah jika Anda mempertimbangkan dari segi harga yang lebih terjangkau untuk memilih GoPro Hero 10. Tentu saja tanpa mengesampingkan fitur-fitur yang ada dan dirasa cukup bagi para pemula.

Apapun pilihannya, yang paling penting adalah, belilah di tempat terbaik dan terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai official store GoPro Surabaya, GoPro Semarang, GoPro Jakarta, dan GoPro Bali. Dapatkan berbagai promo menarik selama masa tertentu. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini atau follow Instagram Doran Gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp