Garmin WatchSeri garmin Forerunner merupakan smartwatch favorit pilihan bagi para pelari. Hal itu karena fiturnya yang lengkap dan detail. Beberapa waktu lalu, Garmin mengeluarkan seri Forerunner 955 dan merupakan generasi penerus dari sebelumnya yakni Forerunner 945. Lantas, apa saja perbedaan Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955 dan mana yang terbaik? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Spesifikasi Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955

Sebelum memilih mana yang terbaik untuk olahraga dan aktivitas sehari-hari Anda, ada baiknya mengetahui spesifikasi dari kedua seri Forerunner terbaru dari Garmin ini. Terutama dari spesifikasi umumnya pada tabel berikut:

 Spesifikasi  Forerunner 945  Forerunner 955
 Material Lensa  Corning Gorilla Glass DX  Corning Gorilla Glass DX
 Material Bezel  Fiber yang Diperkuat Polimer  Fiber yang Diperkuat Polimer
 Material Strap  Silikon  Silikon
 Tipe Layar  Sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)  Sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP
 Dimensi dan Bobot  47 x 47 x 13.7 mm (50 g)  46.5 x 46.5 x 14.4 mm (52 g)
 Fitur Touchscreen  Tidak  Ya
 Memori dan Musik  200 jam data aktivitas / hingga 1000 lagu  32GB / hingga 2000 lagu
 Ketahanan Air  5 ATM  ATM
 Ketahanan Baterai  2 minggu (mode smartwatch
 10 jam (mode GPS dan musik)
 36 jam (mode GPS tanpa musik)
 15 Hari (mode smartwatch)
 Hingga 42 jam (mode GPS tanpa musik)
 Hingga 8.5 jam (mode semua sistem GPS dan Multiband dengan musik)
 Hingga 20 jam ((mode semua sistem GPS dan Multiband tanpa musik)
 Hingga 80 jam (mode UltraTrack)
 Navigasi  GPS, GLONASS, GALILEO, Kompas, Giroskop  GPS, GLONASS, GALILEO, Kompas, Giroskop
 Konektivitas  Bluetooth, ANT+, WiFi  Bluetooth, ANT+, WiFi
 Fitur Garmin Pay  Ya  Ya
 Warna  Blue, Black, Whitestone  Black, Whitestone

Dari tabel di atas, dapat dilihat sebenarnya kedua seri baik Forerunner 945 maupun Forerunner 955 memiliki kesamaan di beberapa segi. Perbedaan yang mencolok memang terlihat dari segi baterai dan dimensinya.

Baca juga: Review Smartwatch Forerunner 945 – Jam Tangan Garmin untuk Atlet Lari

Fitur Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955

Tak hanya dari segi spesifikasi secara umumnya saja, Anda pun perlu mengetahui perbandingan Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955 secara detail dari segi fitur masing-masing.

1. Perbandingan Desain dan Layar

Pertama adalah dari segi desainnya. Baik seri Forerunner 945 dan 955 memiliki desain yang sama yakni terdiri dari lima tombol utama. Dua di bagian kanan untuk navigasi dan tiga tombol di bagian kiri. Lalu, mengenai fitur touchscreen di sini Forerunner 955 lebih unggul karena dibekali fitur tersebut sehingga bisa memindahkan mode dengan mudah dan cepat.

Kemudian, di sektor layarnya Forerunner 955 lebih besar dibanding generasi Forerunner 955. Di samping itu, juga dibekali dengan resolusi layar 260×260 pixel dan lebih besar sehingga lebih nyaman digunakan. Apalagi pada seri 955 Solar, layar tersebut dapat menyerap cahaya matahari untuk dijadikan sumber energi baterai.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Forerunner 955

2. Fitur Olahraga dan Kesehatan

Fitur berikutnya adalah untuk olahraga dan kesehatan. Ada beberapa mode olahraga yang bisa dipilih seperti bersepeda dan lari. Untuk hal tersebut, keduanya bisa dibilang sama-sama unggul. Hanya saja, untuk seri Forerunner 955 terdapat tambahan mode olahraga lain seperti tenis, pickleball, dan aktivitas salju outdoor seperti snowshoeing.

Sedangkan di fitur kesehatan di antaranya adalah Sleep Monitoring, Heart Rate Monitoring, pemantau stres, PulseOX, hingga pemantau kesehatan wanita seperti pemantau siklus menstruasi. Di seri Forerunner 955 dilengkapi fitur kesehatan terbaru seperti mode Health Snapshot, Training Readiness, dan HRV Status.

3. Baterai Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955

Ketahanan baterai jadi aspek penting dalam pertimbangan memilih Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955. Jika Anda memilih smartwatch dengan ketahanan baterai yang tangguh di seri ini, maka Forerunner 955 bisa diandalkan. Apalagi untuk varian Forerunner 955 Solar yang mampu bertahan hingga 20 hari pada mode smartwatch. Sedangkan untuk versi standar yakni hingga 15 hari. Lalu, ketika Anda mengaktifkan mode UltraTrack Forerunner 955 standar mampu hingga 80 jam dan 110 jam untuk tipe Solar.

Tanpa mengesampingkan Forerunner 945, sebenarnya smartwatch ini memiliki baterai yang cukup tangguh pula. Apalagi jika Anda beraktivitas sehari-hari dan olahraga di kawasan perkotaan. Sebab dengan daya tahan baterai hingga 2 minggu untuk mode smartwatch, tentu hal itu sangat cukup untuk kebutuhan Anda.

Baca juga: Seperti Ini Tampilan Smartwatch Garmin Forerunner Pertama

4. Fitur Smartwatch yang Dimiliki

Perbandingan keempat yang tak kalah kerennya ialah fitur lain di kedua seri Forerunner tersebut. Sekilas, keduanya memiliki beberapa persamaan fitur bawaan Garmin. Misalnya saja fitur Garmin Pay yang dapat digunakan di beberapa negara. Lalu, ada fitur untuk notifikasi smartphone, khususnya dengan sistem operasi Android. Termasuk fitur musik meski Forerunner 955 lebih unggul hingga 2000 lagu dan Forerunner 945 hanya 1000 lagu.

Beralih ke fitur navigasi dan konektivitasnya, keduanya pun sama (seperti yang disebutkan pada tabel di atas). Di sini GPS dan navigasi Forerunner 955 diklaim lebih akurat. Perbedaan yang cukup mencolok lainnya dari fitur unggulannya ini adalah mengenai touchscreen di Forerunner 955. Kerennya lagi, fitur touchscreen ini bisa dinonaktifkan untuk meningkatkan kenyamanan saat beraktivitas seperti olahraga.

5. Harga Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955

Terakhir adalah mengenai harga kedua jam tangan untuk lari ini. Untuk di Indonesia, mungkin harganya berbeda dan mungkin sedikit lebih tinggi dengan harga yang ada di website Garmin International. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal dan pajak barang impor yang masuk di tanah air, sehingga berpengaruh pada harga jam tangan Garmin di Indonesia.

Adapun harga yang ditawarkan pada kisaran Rp9.4 jutaan untuk seri Garmin Forerunner 945. Sedangkan untuk seri Garmin Forerunner 955 dijual di kisaran Rp8.3 jutaan untuk versi standar. Jika Anda menginginkan seri Forerunner 955 Solar maka budget yang perlu Anda siapkan adalah Rp9.9 jutaan.

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner Series Terbaru

Mana yang Terbaik untuk Anda?

Dari ulasan Garmin Forerunner 945 vs Forerunner 955 di atas dapat disimpulkan jika kedua seri Forerunner tersebut memiliki fitur yang memadai. Pilihan mana yang terbaik sebenarnya tergantung pada kebutuhan Anda. Jika menggunakannya di dalam kota untuk aktivitas lari dan olahraga lain seperti jalan kaki, seri Forerunner 945 bisa Anda pilih. Selain itu, harganya pun lebih rendah dibandingkan seri terbaru Forerunner 955.

Namun, jika Anda banyak melakukan olahraga dan aktivitas outdoor di medan yang ekstrem dan menantang, maka seri Forerunner 955 adalah pilihan tepat. Mengingat fiturnya yang lengkap seperti adanya fitur sensor dan GPS akurat. Termasuk banyak mode olahraga sesuai kebutuhan.

Apapun pilihan Anda, sebaiknya beli di tempat terpercaya. Salah satunya di Doran Gadget sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Barang yang dijual adalah original dengan garansi resmi pabrikan. Anda juga berpeluang meraih banyak promo menarik yang ditawarkan untuk pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget dari smartphone.

Artikel terkait: