Doran Gadget – Fitur SOS dari iPhone 14 telah berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria di Alaska. Karena kasus ini banyak orang yang mempercayai bahwa fitur SOS darurat satelit yang Apple sematkan ke ponsel flagshipnya ini bukan sekedar gimmick belaka. 

Dilansir dari MacRumors, pada tanggal 1 Desember 2022 kemarin, Tim SAR Negara Bagian Alaska menerima peringatan pada dini hari mengenai seorang pria yang mengalami masalah dengan kereta luncurnya saat melakukan perjalanan dari Noorvik ke Kotzebue. 

Pusat Tanggap Darurat Apple kemudian langsung bekerja bersama tim SAR lokal dan menghubungi koordinat SAR Regional Arktik Barat Laut untuk meminta pengiriman tim ke koordinat GPS yang diterima dari peringatan darurat. 

Berkat itu, pria itu berhasil diselamatkan tanpa terluka. Untungnya, pria tersebut berada di daerah yang memiliki sambungan satelit. Karena Apple menyebutkan bahwa koneksi satelit bisa saja tidak berfungsi jika berada di tempat di atas garis lintang 62°.

Pasukan yang bertugas mengevakuasi mengaku terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang diberikan menggunakan fitur SOS dari iPhone 14 ini. 

Baca juga: 7 Rekomendasi iPhone Terbaik Layak Dibeli di Akhir Tahun 2022

Mengenal Fitur SOS dari iPhone 14 

Fitur baru dari Apple ini bisa digunakan pengguna iPhone 14 secara gratis hingga dua tahun pertama dan untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan Kanada. Dilansir dari CNBC, cara kerja fitur ini membuat pengguna bisa menghubungi 911 atau operator lain jika tidak ada layanan seluler yang berfungsi. 

Apabila masih tidak berhasil, maka akan muncul opsi Emergency Text via Satelite atau Teks Darurat melalui Satelit. Pengguna juga bisa menggunakan iMessage untuk mengirim SMS ke 911 atau SOS dan klik Emergency Service dan klik report an emergency. 

Kemudian akan muncul pertanyaan untuk menggambarkan situasi, dan pengguna bisa memilih opsi yang tersedia seperti ada masalah dengan mobil atau kendaraan, hingga masalah karena sakit atau cedera sebelum diarahkan serangkaian pertanyaan yang lebih mendalam. 

Untuk bisa menggunakannya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini: 

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  • Ketuk Darurat SOS.
  • Nyalakan Panggil dengan Tahan atau Panggil dengan 5 Kali Tekan.
  • Jika Panggil dengan Tahan atau Panggil dengan 5 Kali Tekan dimatikan, Anda masih dapat menggunakan penggeser Darurat SOS untuk melakukan panggilan.
  • Tekan dan tahan tombol samping serta salah satu tombol volume hingga penggeser Darurat SOS muncul.
  • Seret penggeser Panggilan Darurat untuk menelepon layanan darurat. Jika Anda tidak menyeret penggeser, tetapi terus menahan tombol samping dan tombol volume, hitungan mundur akan dimulai dan peringatan akan berbunyi. Jika Anda menahan tombol tersebut hingga hitungan mundur berakhir, iPhone akan otomatis menelepon layanan darurat.

Baca juga: Cara Download Aplikasi di iPhone, Begini Langkahnya!

Fitur Emergency SOS Habiskan 450 Juta Dolar 

Fitur SOS dari iPhone 14

Fitur ini mengeluarkan modal dana hingga 450 juta dollar AS atau sekitar Rp6,9 trilliun untuk pengoperasian terbaiknya untuk Emergency SOS via Satelite. Meksipun menggelontorkan uang banyak untuk fitur ini, namun Apple berharap agar penggunanya selalu selamat dan tidak menggunakan fitur ini. 

Karena bila menggunakan fitur ini maka bisa dipastikan orang tersebut sedang dalam bahaya. Apple juga berharap banyak orang yang akan terselamatkan dengan adanya fitur ini, seperti pria dari Alaska tersebut. 

Baca juga: Cek Fakta: Ini Beda iPhone ‘Ex Inter’ dengan iPhone Resmi

Penutup 

Itulah fitur SOS di iPhone 14 yang bisa Anda aktifkan. Anda bisa membeli iPhone 14 dengan garansi iBox di Doran Gadget. Dapatkan juga berbagai produk Apple original di Doran Gadget. Unduh aplikasi di sini untuk kemudahan transaksi belanja online. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp