iPhone EX Inter - FI

Doran GadgetBeberapa waktu belakangan penjualan smartphone dari Apple mengalami peningkatan. Di Indonesia sendiri ada dua jenisnya, yakni iPhone yang dijual resmi dan ada juga jenis iPhone ‘Ex Inter’. Jenis kedua ini merupakan iPhone bekas pakai dari luar negeri dan diedarkan di tanah air tanpa melalui distributor resmi Apple. Lantas, apa perbedaannya dengan yang asli? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Perbedaan iPhone ‘Ex Inter’ dengan iPhone Resmi

Dalam melihat perbedaan iPhone ‘Ex Inter’ dengan iPhone resmi ini, kita perlu melihat beberapa kriteria dan poin penting. Melansir dari laman Kompas Tekno dan sumber lainnya, berikut di antaranya.

1. Perhatikan Nomor Modelnya

Harga iphone bekas 2022 - iphone 7

Pertama adalah dengan melihat nomor model yang dimilikinya. Smartphone Apple ini memiliki kode tersendiri sesuai negara maupun wilayah barang diedarkan. Biasanya, terdapat pada tiga digit terakhir nomor iPhone. Anda bisa melihatnya melalui “About” yang ada di menu “General” pengaturan.

Untuk nomor model di Indonesia, terdapat kode yang berakhiran “PA/A” dimana barang tersebut diedarkan iBox. Sementara, untuk produk yang diedarkan oleh Digimap, maka nomor modelnya adalah “ID/A”.

Baca juga: 7 Rekomendasi iPhone Terbaik Layak Dibeli di Akhir Tahun

2. Dari Mana Asal Barang?

Selanjutnya dari segi dari mana asal barang yang dijual. iPhone ‘Ex Inter’ diimpor dan diedarkan oleh pengguna pribadi dari Singapura. Adapun pengimpor tadi membelinya langsung dari pengguna yang berasal dari beberapa negara. Misalnya Australia, Amerika Serikat, dan Jepang.

Sedangkan iPhone yang resmi, bisa didapatkan di iBox atau Digimap. Bisa juga melalui distributor resmi yang sudah ditunjuk oleh Apple. Barang yang dijual ini adalah barang original langsung dari pabrikan Apple.

3. Harga iPhone ‘Ex-Inter’ dan Pajak

Perbedaan ketiga yang sangat mencolok adalah dari segi harganya. iPhone bekas pengguna internasional jelas dipasarkan lebih murah. Hal itu karena sistem peredarannya yang bisa dikatakan ilegal. Beda harga ini cukuplah berbeda jauh, bahkan seisih beda harganya mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp2 jutaan.

Selain melalui sistem ilegal, iPhone dari negara lain tersebut tidak terdaftar pada database miliki Direktorat Jenderal Bea Cukai maupun Kementerian Perindustrian. Dengan kata lain, tidak membayar pajak. Namun, beberapa iPhone bekas luar negeri juga telah membayar pajak untuk wilayah bandara.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Dicek Saat Beli iPhone Bekas

4. Registrasi IMEI

Poin perbedaan yang keempat yakni dengan memperhatikan International Mobile Equipment Identity (IMEI). Jika barang yang diedarkan ilegal, maka IMEI tidak akan terdaftar di Bea Cukai maupun Kemenperin.Namun, untuk iPhone yang diedarkan melalui distributor resmi memiliki IMEI yang sudah terdaftar di kedua lembaga tersebut dan bisa dicek melalui situs resmi lembaga atau instansi tersebut.

5. Pemblokiran Status IMEI

Terakhir, mengenai status IMEI yang dimiliki iPhone. Mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020 menjelaskan jika IMEI harus terdaftar di database pemerintah. Apabila mengacu pada aturan tersebut, maka iPhone dengan status ‘Ex Inter’ tentu rawan diblokir dan masuk blacklist.

Hal itu karena IMEI yang dimiliki tidak terdaftar atau masih menggunakan IMEI dari negara lain. Jika hal itu terjadi maka pengguna tidak dapat mengakses semua jaringan seluler milik operator tanah air.

Baca juga: Cara Mengecek dan Mendaftarkan IMEI iPhone Resmi

Penutup

Jadi, apakah Anda masih ingin menggunakan iPhone ‘Ex Inter’ tersebut? Untuk keamanan dan kenyamanan, ada baiknya jika menggunakan iPhone yang resmi dijual di Indonesia. Anda pun bisa mendapatkannya di distributor yang telah ditunjuk seperti Doran Gadget. Kami menjual berbagai jenis iPhone terbaik di berbagai seri dengan jaminan produk original dan garansi resmi.

Selain itu, raih pula kesempatan mendapatkan promo harga terbaik dan bonus lainnya. Terutama untuk pembelian via website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi mengenai produk dan penjualan, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp