Doran GadgetBeli iPhone bekas masih diminati oleh sebagian masyarakat di Indonesia sampai saat ini. Alasan utamanya karena harganya memang lebih terjangkau. Namun, tak jarang pula ada orang-orang yang merasa dirugikan ketika membeli produk bekas tersebut. Agar tidak salah pilih dan dirugikan, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu apa saja yang wajib diperhatikan.

Tips Beli iPhone Bekas

Berikut tips penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli iPhone secondhand. Seperti dilansir dari laman Kompas Tekno.  Terutama untuk pembelian secara online maupun secara langsung.

1. iPhone Masih Menyala dan Aktif

02. iPhone 12, hp terbaik, apple

Sebagai langkah awal, pastikan iPhone yang akan dibeli dalam kondisi aktif dan masih menyala. Caranya adalah, cek dengan tekan bagian tombol power. Tunggu beberapa saat sampai proses booting selesai dan masuk di layar ‘Home’. Jika melakukan booting HP terhenti dan hanya muncul logo Apple saja serta tidak bisa masuk ke ‘Home’, kemungkinan ada gangguan di HP.

2. Kosongkan Apple ID

Apple ID adalah hal penting bagi pengguna iPhone dan satu akun hanya dapat digunakan di satu iPhone saja. Maka, pastikan Apple ID (password dan username) telah dikosongkan. Sebab, jika Apple ID pengguna lama masih ada akan sulit mengoperasikannya. Bahkan tidak bisa download aplikasi. Untuk mengetahuinya, silakan masuk ke menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’. Di situ akan muncul informasi Apple ID.

3. Beli iPhone Bekas – Cek Bodi HP

5. iphone 12 purple harga, iphone 12 warna ungu, iphone 12 ungu, iphone 12 purple

Selain dari fitur, hal mencolok lainnya yang bisa Anda perhatikan saat beli iPhone bekas adalah mengecek kondisi bodi HP. Misalnya saja dengan mengecek bagian punggung maupun bezel. Apabila pada bagian bodi ini terdapat retak, lecet, dan pecah, bisa jadi HP tersebut sudah pernah jatuh atau terkena benturan dari benda keras. Secara langsung maupun tak langsung bisa berpengaruh pada komponen ponsel.

Baca juga: 8 Cara Cek iPhone Asli dan Palsu dengan Mudah

4. Bagaimana Fungsi Tombolnya?

Setelah memeriksa bagian bodi HP, selanjutnya cek fungsi tombolnya. Sebagian seri iPhone masih menyematkan tombol pada bodinya. Misalnya saja tombol untuk powerm home, silent, dan tombol volume. Cek kenyamanan tombol dan pastikan masih berfungsi dengan baik saat digunakan.

5. Sensor Masih Berjalan Baik

HP produksi Apple ini dibekali dengan berbagai sensor dalam mejalankan berbagai fiturnya. Misalnya saja Face ID, Touch ID,, Proximity, Gyroscope, dan Haptic serta banyak lagi yang lainnya. Sebagai contoh untuk fitur sensor Proximity layar akan gelap saat diletakkan di di dekat telinga. Hal itu berarti sensor tersebut berfungsi dengan normal.

6. Beli iPhone Bekas – Cek Kesehatan Baterai

Dari sektor baterai, jelas performanya mengalami penurunan karena sudah terpakai pengguna sebelumnya. Akan tetapi, jika kesehatan baterai berada dalam status ‘Service’, maka baterai dalam kondisi baik. Kemudian, cobalah untuk mengisi ulang dayanya apakah masuk atau tidak. Cara mengeceknya, Anda masuk ke ‘Pengaturan’ dan pilih opsi ‘Baterai’.

Baca juga: iPhone Tidak Bisa Ngecharge? Simak 4 Cara Ini Sebelum Direparasi

7. Periksa Kamera dan Fungsinya

Mengecek kamera saat beli iPhone juga penting. Di sini adalah cek fungsi kameranya semua berfungsi dengan baik. Pastikan saat menggunakan kamera ini dicoba untuk mengambil foto dan video. Kemudian, lihat hasil tangkapan layar tersebut. Apabila ada bintik atau noda hitam, bisa jadi kamera tersebut ada sedikit gangguan.

8. Pastikan Kondisi Layar dan Responnya Baik

Komponen paling penting pada iPhone adalah layar. Sebab, jika layar tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu operasionalnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengusap semua sisi layar. Jika terdapat bagian yang tidak merespon, maka bisa jadi ada gangguan. Periksa juga layarnya apakah ada noda dan warna maupun bercak lainya. Apabila ada warna seperti biru, merah, atau hijau bisa jadi ada kerusakan layar.

9. Beli iPhone Bekas – Speaker dan Mikrofon Berfungsi Baik

Bagian lainnya adalah mengenai speaker dan mikrofon perangkat. Cek apakah output suaranya tidak pecah dan masih bagus. Termasuk input suara melalui mikrofon dan perekaman suara. Jika saat mencoba output suara pecah dan input suara tidak keluar, hal itu bermasalah.

10. Konektivitas Berjalan Normal

Terakhir, cek juga masalah konektivitas perangkat. Cek semua kelengkapan koneksi perangkat seperti WiFi, Bluetooth, hingga konektivitas lainnya. Pastikan semuanya sudah berfungsi baik dan berjalan dengan normal. Anda bisa mencobanya dengan menghidupkan WiFi, mengirim berkas lewat Bluetooth, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Bekas di Tahun 2022, Mulai 1 Jutaan!

Penutup

iphone 13, iphone 12, iphone 13 vs iphone 12

Nah, itu dia Sobat Doran 10 hal penting yang wajib diperhatikan saat akan beli iPhone bekas. Selain hal di atas, pastikan kalau smartphone tersebut merupakan barang legal. Artinya, bukan hasil dari perbuatan melanggar hukum atau black market.

Untuk kenyamanan lebih baik, Anda bisa melengkapi aksesoris iPhone dan gadget lainnya dari produk-produk terbaik yang bisa didapatkan di Doran Gadget. Jadi, jangan sampai salah pilih ya! Ikuti juga akun Instagram Doran Gadget untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp