Doran Gadget – Masalah smartphone yang tiba-tiba tidak bisa di-charge memang sering terjadi. Entah itu Android atau iOS pasti pernah mengalami masalah yang sama. Nah bagi Anda para pemilik iPhone yang mengalami masalah ini jangan terlalu khawatir, sebelum membawanya ke tempat service resmi lebih baik Anda melakukan beberapa cara berikut ini untuk memperbaiki iPhone tidak bisa nge-charge di rumah. Yuk simak selengkapnya! 

Mengapa iPhone Tidak Bisa Ngecharge?

Ada beberapa alasan mengapa iPhone tidak bisa ngecharge, biasanya akan terdapat peringatan yang menyatakan bahwa aksesori tidak didukung atau disertifikasi. Peringatan tersebut biasanya muncul karena beberapa alasan seperti port pengisian daya pada perangkat kotor atau rusak. Kemudian aksesoris pengisi daya yang cacat, rusak, atau tidak bersertifkasi resmi dari Apple.

Bisa jadi juga hal ini terjadi karena Anda menggunakan pengisi daya USB yang memang tidak dirancang untuk mengisi daya perangkat. Karena itulah, perlu dilihat lebih lanjut tentang apa yang sebenarnya terjadi sehingga iPhone tidak bisa dicharge. Sebelum membawanya untuk direparasi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

Baca juga: Baru Pertama Punya, Perhatikan 10 Cara Memakai iPhone Ini

1. Restart iPhone 

Cara paling awal yang bisa Anda lakukan adalah restart iPhone. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi pengisian daya yang rewel. Terlebih lagi jika tiba-tiba tidak bisa dicharge padahal sebelumnya baik-baik saja.

Anda cukup merestart iPhone dan tunggu hingga menyala lagi lalu coba charge kembali. Jika kerusakannya tidak parah, seharusnya cara ini berhasil untuk mengembalikan iPhone Anda bisa dicharge kembali. 

2. Factory Reset

Jika cara restart sudah tidak mempan, Anda bisa menggunakan cara satu ini. Namun pastikan dahulu untuk membackup data penting karena setelah factory reset data-data yang sebelumnya tersimpan akan hilang. Jika bukan karena port yang rusak, cara ini masih bisa digunakan agar iPhone bisa diisi daya lagi. 

Baca juga: 3 Cara Menghapus Cache di iPhone dengan Mudah

3. Bersihkan Port 

Seperti yang sudah disebutkan, bisa jadi iPhone tidak bisa ngecharge karena port yang kotor atau bermasalah. Port yang kotor karena debu bisa mengganggu proses charging. Coba bersihkan debu yang ada di port iPhone Anda.

Cara bisa dengan cotton bud atau kain tipis yang berfungsi untuk menghilangkan debu yang menempel. Jika sudah bersih coba cek apakah charge bisa berfungsi dengan baik. 

4. Cek Kabel USB dan Adaptor 

Jika port sudah dipastikan bersih namun ternyata masih tidak dapat mengisi daya juga, cara selanjutnya adalah coba cek kabel USB dan adaptor charger Anda. Coba gunakan kabel USB pada perangkat lain jika masih bisa berfungsi maka bukan kabel USB masalahnya. Lakukan hal yang sama untuk adaptor charge. Coba cek dengan memasang menggunakan kabel USB lain, jika masih berfungsi maka bukan adaptor yang menjadi masalahnya. 

Baca juga: Perbedaan RAM iPhone dan Android, Pengguna Gadget Harus Tahu

Jika iPhone Masih Tidak Bisa Ngecharge

iphone 13, iphone 12, iphone 13 vs iphone 12

Setelah melakukan beberapa cara di atas ternyata iPhone masih tidak bisa dicharge? Jika Anda sudah melakukan semua hal itu namun tidak ada perubahan, berarti ada masalah dengan port yang rusak, ada kerusakan pada software, atau malah baterai Anda yang rusak. Agar tidak salah kaprah sebaiknya segera periksakan ke service center iPhone untuk mengetahui apa yang salah pada iPhone Anda. 

Kalau tidak ingin ribet memperbaiki iPhone Anda yang tidak bisa dicharge, Anda selalu bisa upgrade iPhone Anda di Doran Gadget. Semua produk yang dijual merupakan barang original dengan garansi iBox. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini untuk mendapatkan free poin chasback yang bisa langsung digunakan untuk belanja. Hubungi CS kami di sini untuk informasi lebih lanjut. 

Artikel terkait:

× WhatsApp