Mengenal Fitur Memori ChatGPT

Doran GadgetDalam meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna setianya, ChatGPT kembali meluncurkan fitur terbaru yakni Memory. Fitur memori chatGPT pertama kali diuji coba bertepatan pada Hari Valentine 14 Februari 2024 lalu. Seperti apa fungsi, keunggulan, dan cara menggunakannya bagi pengguna? Simak selengkapnya di artikel ini Sobat Doran!

Apa Itu Fitur Memori ChatGPT dan Fungsinya?

Fitur Memori ChatGPT (2)
sc: FoneArena

Fitur memori ChatGPT ini dibuat untuk membantu pengguna dalam mengingat informasi penting pada percakapan. Lalu, informasi tersebut bisa digunakan memberi respon secara personal dan bisa diandalkan. Ini menjadikannya seperti asisten pribadi. Cara kerja fitur memori ini memiliki dua cara yang berbeda yakni:

  • pengguna bisa memberitahu ChatGPT dalam mengingat hal yang dinilai spesifik. Sebagai contoh kode yang ada pada Javascript, nama seseorang, alamat, dan pertanyaan penting lainnya.
  • Kedua, ChatGPT akan mengambil data detail yang diinput pengguna dari waktu ke waktu. Lalu, data ini disimpan dan menjadi jawaban ketika pengguna mengajukan pertanyaan tertentu.

Namun, pihak pengembang menyebutkan dalam akun X mereka jika fitur terbaru ini belum tersedia secara luas. Sebab masih dalam proses uji coba. Dengan begitu, hanya segelintir pengguna dapat menikmatinya. Termasuk pengguna gratisan maupun yang menggunakannya secara berbayar melalui ChatGPT Plus.

Nantinya, pengembang juga menempatkan fitur memori pada GPTs yang lebih spesifik dalam mengerjakan tugas. Termasuk pula bagi pengguna ChatGPT Enterprise dan Team. Misalnya saja ChatGPT dapat digunakan untuk mengingat kembali bahasa pemrograman yang digunakan dalam tim. Tentu, ini akan menghemat waktu bagi pengguna dibandingkan dengan menjelaskannya kembali ke tim baru.

Baca juga: Apa Itu Chat-GPT: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan GPT-5!

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Fitur Memori ChatGPT (1)
sc: BGR

Bagi para pengguna atau pemilik akun ChatGPT, dapat memanfaatkan fitur ini untuk membantu dalam beraktivitas maupun menunjang kerja. Mulai dari mengaktifkan awal hingga menghapus pesan bila tidak diinginkan.

1. Cara Mengaktifkan Memori ChatGPT

Untuk mengaktifkan fitur memori sebenarnya sangatlah mudah. Anda dapat masuk ke menu tab ‘Setting’ di sisi sebelah kiri tampilan chat GPT. Lalu, pilih menu ‘Personalization’ dan geser toggle ke samping untuk memgaktifkannya. Opsi ini muncul di pengguna yang sudah memiliki akses awal.

Saat memori diaktifkan, maka ChatGPT otomatis bakalan mengingat berbagai informasi penting hasil dari input percakapan pengguna. Kemudian, informasi ini disimpan. Contohnya nama pengguna, warna, pekerjaan, dan lainnya. Anda pun bisa memasukkan informasi tambahan secara manual agar bisa diingat oleh mesin algoritma ChatGPT.

2. Hapus Pesan di Memori

Walaupun mendapatkan predikat sebagai kecerdasan buatan yang kredibel, kontrol ChatGPT tetap berada di tangan pengguna. Termasuk menghapus data jika tidak diinginkan. Terutama yang ada di tab ‘Manage Memory’.

Apabila tidak nyaman, maka bisa menonaktifkan fitur Memory dengan cara yang sama, lalu geser toggle untuk mematikannya. Dengan begitu, ChatGPT pun secara default menghindari input informasi yang sifatnya sensitif dari pengguna.

Baca juga: ChatGPT vs Bard Google, Mana yang Lebih Baik?

Ada Juga Fitur Temporary Chat

Fitur Memori ChatGPT
sc: BGR

Tak hanya merilis fitur Memory saja, ChatGPT pun merilis fitur lainnya yakni Temporary Chat. Dimana fitur ini tak kalah keren dan membantu pengguna lebih baik dalam memanfaatkan kecerdasan buatan. Salah satu keunggulannya adalah ChatGPT tidak menyimpan percakapan pada history chat. Tentu, sepintas mirip fitur mode incognito di mesin peramban seperti Mozilla Firefox dan Chrome.

Dengan berbagai pembaruan fitur yang dikembangkan oleh ChatGPT di atas dapat meningkatkan kenyamanan dalam hal personalisasi. Selain itu, sebagai jawaban dari para pengguna yang menilai ChatGPT semakin tidak bisa diandalkan. Oleh karena itu, fitur-fitur terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan kredibilitasnya sebagai kecerdasan yang membantu aktivitas pengguna di seluruh dunia.

Jadi, apakah Anda tertarik mencobanya Sobat Doran?

Artikel terkait:

>