Doran Gadget – Chat-GPT menjadi salah satu AI yang sangat populer saat ini khususnya dikalangan pekerja karena kemampuannya yang luar biasa dan mampu mempermudah pekerjaan banyak orang. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu Chat-GPT, artikel kali ini akan membahas lengkap seputar Chat-GPT hingga rumor terbarunya! 

Apa Itu Chat GPT?

Apa Itu Chat GPT?
sc: pexels

Chat GPT merupakan singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer. Chat-GPT adalah teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dirancang untuk menguasai bahasa alami. Teknologi ini dikembangkan oleh OpenAI, dan menjadi salah satu teknologi AI terbaru yang sangat berguna untuk membantu memproses teks dan bahasa alami.

Sebagai sistem AI, Chat GPT dirancang untuk belajar dari pola bahasa manusia dan menggunakan pemahaman bahasa tersebut untuk menghasilkan teks yang mirip dengan bahasa manusia. Sehingga, Chat GPT dapat digunakan untuk memfasilitasi interaksi antara manusia dan mesin melalui percakapan bahasa alami.

Dalam perkembangannya, Chat GPT telah digunakan dalam berbagai aplikasi AI, seperti chatbot, asisten virtual, dan analisis teks. Mesin yang dilengkapi dengan Chat GPT dapat mengerti dan memproses bahasa manusia yang digunakan dalam percakapan, sehingga dapat memahami pertanyaan, perintah, dan permintaan yang diberikan oleh pengguna.

Siapa Pengembang Chat-GPT? 

Apa itu chat GPT
sc: wccftech.com

Chat-GPT dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan (AI). OpenAI didirikan pada tahun 2015 oleh sekelompok teknolog dan tokoh terkemuka seperti Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever, John Schulman, dan beberapa lainnya. Tujuan dari OpenAI adalah untuk menciptakan AI yang lebih canggih dan aman sehingga dapat memberikan manfaat bagi manusia secara luas.

Baca juga: 7 Awesome AI Websites That You Need To Know Deeper!

Bagaimana Cara Kerja Chat GPT? 

Apa Itu Chat GPT?
sc: pexels

Chat GPT bekerja dengan cara melatih model AI untuk memahami pola bahasa manusia menggunakan teknologi NLP atau Natural Language Processing Data untuk melatih model AI satu ini dengan data yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti tulisan di internet, buku, artikel, dan dokumen lain yang berisi bahasa manusia. Dalam proses pelatihan, Chat GPT akan mempelajari struktur bahasa manusia, kata-kata yang digunakan, dan makna di balik setiap kalimat yang diberikan.

Ketika pengguna memasukkan input ke dalam Chat GPT, model akan memproses input tersebut dan mencoba untuk memahami maksud dari input tersebut. Berdasarkan pemahaman tersebut, model akan menghasilkan jawaban yang dihasilkan secara otomatis dan menampilkan jawaban tersebut ke pengguna.

Secara keseluruhan, Chat GPT bekerja dengan mengombinasikan teknologi NLP dan kecerdasan buatan yang canggih untuk memproses input pengguna dan menghasilkan output yang sesuai dengan permintaan pengguna. Teknologi ini terus berkembang dan meningkatkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia secara lebih baik dan menghasilkan jawaban yang semakin akurat dan relevan.

Proses pelatihan yang dilakukan memungkinkan Chat GPT untuk menghasilkan teks dengan gaya dan format yang mirip dengan bahasa manusia. Chat GPT digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk chatbot, penerjemah otomatis, dan penulis otomatis. Chat GPT juga sering digunakan untuk menghasilkan teks untuk situs web dan aplikasi yang membutuhkan konten yang unik dan bermanfaat.

Kelebihan Chat GPT 

Apa Itu Chat GPT?
sc: pexels

OpenAI terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi ini. Mereka terus memperbaiki dan meningkatkan model Chat GPT dengan menggunakan data yang lebih besar dan lebih berkualitas serta teknik-teknik pembelajaran mesin terbaru. Berikut ini adalah kelebihan dari Chat GPT

  • Kemampuan untuk menghasilkan teks yang berkualitas tinggi: GPT dapat menghasilkan teks yang sulit dibedakan dari yang ditulis oleh manusia, dan bahkan dapat melebihi kualitas yang dihasilkan oleh sebagian besar penulis.
  • Menggunakan GPT, penulisan teks dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, menghemat waktu dan biaya dalam proses produksi konten.
  • Kemampuan untuk menghasilkan teks dalam jumlah besar dan alam waktu yang singkat, GPT dapat menghasilkan jumlah teks yang sangat besar dengan kualitas yang konsisten.
  • Dengan dilatih menggunakan dataset yang lebih besar dan lebih beragam, GPT dapat terus berkembang dan meningkatkan kualitas teks yang dihasilkan. Sehingga pembaruan informasi akan terus berlangsung yang membuat GPT semakin berkembang dengan kemampuan terbarunya.
  • GPT dapat digunakan untuk menghasilkan konten yang diadaptasi untuk audiens tertentu berdasarkan preferensi dan perilaku mereka. Sehingga potensi untuk menghasilkan konten yang personalisasi sangat mungkin dilakukan.
  • Dengan menggunakan GPT, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menghasilkan teks yang relevan dan menarik untuk audiens mereka.
  • Dalam jangka panjang, penggunaan GPT dapat mengurangi ketergantungan pada penulis manusia dalam proses produksi konten. Meskipun begitu untuk mengoperasikan GPT dan memberi perintah kepada program satu ini masih membutuhkan tenaga manusia.

Kekurangan Chat GPT

Apa Itu Chat GPT?
sc: pexels

Karena Chat GPT dibangun berdasarkan data yang dikumpulkan dari internet, model dapat menyerap dan mereproduksi bias yang ada dalam data tersebut. Hal ini dapat menyebabkan teks yang dihasilkan oleh Chat GPT menjadi diskriminatif atau mengandung stereotip yang tidak sehat. Berikut ini adalah kekurangan dari Chat GPT: 

  • Chat GPT memiliki akses ke berbagai sumber data, namun ia hanya dapat memproses informasi yang sudah ada dalam database-nya. Jika ada informasi baru yang belum ada di dalam database, GPT tidak akan dapat memprosesnya. Sehingga adanya keterbatasan pengetahuan. Bahkan di versi terakhir untuk Chat GPT free data yang diambil terbatas di tahun 2021 saja.
  • GPT memang dapat menyelesaikan tugas tertentu dengan baik, namun ia masih memiliki keterbatasan dalam menganalisis konteks secara menyeluruh. Sehingga, hasil yang dihasilkan oleh GPT bisa jadi kurang tepat atau kurang sesuai dengan harapan.
  • Kemudian yang paling disayangkan adalah Chat GPT hanya dapat menghasilkan teks yang sudah ada dalam database-nya dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten yang benar-benar baru atau orisinil. Sehingga, meskipun GPT dapat membantu dalam menghasilkan konten, namun hasil yang dihasilkan tidak akan 100% orisinil.
  • GPT sangat bergantung pada data yang digunakan dalam pengembangannya. Jika data yang digunakan kurang variatif atau tidak cukup representatif, maka kualitas hasil yang dihasilkan oleh GPT juga akan terpengaruh. Bahkan terkadang GPT dapat memberikan hasil yang kurang tepat atau salah dalam beberapa kasus ketika perintah yang diberikan tidak sempurna.

Baca juga: JETE Indonesia Resmi Luncurkan Aplikasi JETE Connect

Cara Menggunakan Chat GPT 

Apa itu chat GPT
sc: dorangadget

Setelah mengetahui pengertian, kekurangan, dan kelebihan dari Chat-GPT, berikut ini adalah langkah menggunakan chat GPT yang bisa Anda ikuti. 

  • Kunjungi situs web atau aplikasi yang menyediakan Chat GPT, seperti OpenAI, Hugging Face, atau Botpress.
  • Ketikkan atau salin dan tempel teks yang ingin Anda gunakan sebagai input.
  • Chat GPT akan menghasilkan respons yang relevan dan sesuai dengan teks input Anda.
  • Anda dapat memilih untuk memodifikasi atau menambahkan input untuk menghasilkan respons yang lebih spesifik atau akurat.
  • Lanjutkan proses tersebut sampai Anda merasa puas dengan hasil akhir.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Chat GPT melalui aplikasi pesan instan, situs web, atau aplikasi pihak ketiga yang menggunakan teknologi ini. Contoh aplikasi yang menggunakan Chat GPT adalah aplikasi perpesanan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Telegram, serta asisten virtual seperti Google Assistant dan Amazon Alexa.

Untuk menggunakan Chat GPT, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan memahami batasan serta keterbatasan dari teknologi ini. Chat GPT masih belum sepenuhnya sempurna dan dapat menghasilkan respons yang tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan teknologi ini dengan hati-hati dan memeriksa ulang respons yang dihasilkan untuk memastikan keakuratannya.

Perbedaan Chat GPT 1, Chat GPT 2, dan Chat GPT 3

Sebenarnya saat ini Chat GPT sudah berada di tahap Chat GPT 4 yang baru saja rilis pada Maret 2023 ini. Bahkan rumor chatGPT-5 kabarnya akan rilis pada akhir tahun ini. Sebelum membahas ke GPT-4 dan GPT-5, berikut ini perbedaan Chat GPT dari generasi pertama hingga ketiga. 

Perbandingan  GPT-1 GPT-2 GPT-3
Jumlah parameter 117 juta 1,5 miliar 175 miliar
Kemampuan bahasa Terbatas Lebih baik dari GPT-1 Sangat baik
Ukuran konteks 512 token 1024 token 2048 token
Kemampuan menghasilkan teks baru Terbatas Lebih baik dari GPT-1 Sangat baik
Kemampuan analisis teks  Terbatas Lebih baik dari GPT-1 Sangat baik
Kemampuan pemrosesan paralel Tidak memiliki Tidak memiliki Memiliki kemampuan pemrosesan paralel
Waktu latensi (delay) Cepat Sedang Lebih cepat dari GPT-2
Sumber daya (resource) Dapat dijalankan pada perangkat dengan sumber daya terbatas Memerlukan sumber daya yang lebih besar dari GPT-1 Memerlukan sumber daya yang lebih besar dari GPT-2

Baca juga: Spesifikasi Insta360 Flow: Gimbal Canggih dengan Dukungan AI

Apa yang Baru di Chat GPT-4? 

Apa itu chat GPT
sc: blogsspott.com

GPT-4 resmi diperkenalkan oleh OpenAi pada 14 Maret 2023 kemarin dan mengklaim versi terbaru ini lebih pintar dibanding sebelum-sebelumnya. Lalu apa saja yang baru di GPT-4 ini? Berikut penjelasan lengkapnya! 

1. Respon yang Lebih Aman 

Meskipun masih memiliki potensi memberikan informasi yang tidak akurat, namun OpenAI telah melbatkan berbagai ahli untuk memberikan masukan dan melatih GPT-4 untuk menolak perintah berbahaya dan memberikan respaon yang lebih aman. Melalui proses latihan tersebut, pengembang mengkalim GP-4 dapat menurunkan kecenderungan untuk merespon perintah berbahaya hingga 82% dibanding GPT3.5. 

2. Mampu Mendeteksi Gambar

Sebelumnya, GPT tidak bisa mendeteksi gambar karena hanya merupakan model language sehingga hanya dapat menjelaskan teks saja. Namun di versi terbaru ini, GPT-4 dapat mendeteksi dan menjelaskan data dari sebuah gambar tentunya dengan penjelasan yang lengkap bila perintah dalam format teks yang disertakan juga rinci. 

3. Pemahaman Lebih Baik 

Melalui uji coba yang dilakukan, GPT-4 tercatat mampu mengungguli language model alin dan lainnya dalam 24 bahasa sehingga pemahaman bahasa yang diberikan juga lebih baik terutama dalam bahasa Inggris. 

Di versi terbaru ini Chat GPT mampu memuat percakapan hingga maksimal 25.000 kata yang delapan kali lebih banyak dibanding sebelumnya. Sehingga respon yang diberikan juga lebih ekspresif. Gaya merespon juga dapat diatur sesuai keinginan pengguna. 

Itulah beberapa kelebihan Chat GPT-4, belum lagi dibandingkan GPT-3 yang memiliki parameter 175 miliar, parameter yang dimiliki GPT-4 mencapai 100 triliun. 

Rumor GPT-5 yang Rilis Akhir Tahun 

GPT5
sc: LinkedIn -janeyeonjungkim

Beberapa waktu belakangan ini GPT-5 menjadi perbincangan banyak orang, khususnya bagi mereka yang melakukan subscribe atau menggunakan Chat GPT Pro karena ada pemberitahuan mengenai GPT-5 & AGI yang akan dikirim kepada para pengguna setia GPT. 

Bahkan kabarnya GPT-5 akan menyeleasaikan trainingnya di Desember 2023 ini dan sudah menggunakan AGI. AGI sendiri merupakan Artificial General Intelligence yang memiliki kecerdasanbuatan yang setara dengan kecerdasan manusia. Sehingga kemungkinakan pekerjaan intelektual manusia bisa digantikan oleh perangkat AGI. 

Hal tersebut disampaikan oleh Siqi Chen dari tim developer melalui akun Twitternya. Meskipun begitu, OpenAI belum secara publik membahas mengenai GPT-5 namun berita mengenai ini sudah diberikan kepada para penggemarnya terlebih dahulu. 

Baca juga: Apa itu Google Bard: Pengertian, Kelebihan Hingga Cara Pakainya

Alternatif Chat GPT 

Saat ini, ada beberapa alternatif selain Chat GPT untuk AI copywriter atau penulis. Beberapa alternatif yang dapat Anda pertimbangkan antara lain:

1. OpenAI Codex

OpenAI Codex
sc: LinkedIn – Michael Håkansson

Merupakan platform AI baru yang dikembangkan oleh OpenAI yang dirancang untuk membantu pengembang dengan menciptakan kode dan teks. Codex menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pemahaman konteks untuk memahami apa yang dimaksudkan oleh pengembang dan menghasilkan kode atau teks berdasarkan instruksi.

2. Copysmith

Copysmith
sc: contentellect.com

Copysmith adalah platform yang dirancang khusus untuk penulisan konten pemasaran. Copysmith menggunakan teknologi NLP dan machine learning untuk menghasilkan teks pemasaran yang berkualitas tinggi, termasuk iklan, deskripsi produk, dan banyak lagi.

3. Writesonic

writesonic
sc: app.writesonic.com

Writesonic menyediakan berbagai fitur untuk membantu dalam penulisan, termasuk pembuatan judul, penjelasan, dan artikel blog. Writesonic juga menyediakan opsi untuk memasukkan target pasar dan gaya penulisan untuk menghasilkan konten yang lebih relevan.

4. Copy.ai

Copy.ai
sc: techcrunch.com

Copy.ai adalah platform AI yang membantu dalam menulis teks pemasaran seperti tagline, deskripsi produk, dan banyak lagi. Copy.ai juga memiliki fitur untuk menghasilkan teks yang sesuai dengan target pasar dan menyesuaikan bahasa dan gaya penulisan.

5. JarvisAI

JarvisAI
sc: digitalmarketingmind.com

Jarvis AI adalah platform AI yang memungkinkan penggunanya untuk menulis dengan mudah dan cepat, mulai dari artikel, email, hingga iklan dengan menggunakan AI dan teknologi NLP. Jarvis AI juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu dalam menulis, seperti penyesuaian suara dan gaya tulisan, serta kemampuan untuk melakukan penelitian dan memasukkan referensi dengan mudah. Meskipun belum sepopuler Chat GPT, Jarvis AI terus berkembang dan banyak digunakan oleh perusahaan dan individu di seluruh dunia.

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Video Populer di HP 2023

Penutup

Itulah mengenal seputar apa itu Chat GPT secara lengkap mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan, perbedaan, apa yang baru, hingga rumor mengenai GPT terbaru. Bila digunakan dengan benar, ChatGPT mampu membantu keperluan sehari-hari untuk mencari informasi atau melakukan pekerjaan. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>