DJI MIC 1 VS MIC 2 - FI

DJI IndonesiaMikrofon wireless DJI direkomendasikan untuk Anda dengan aktivitas dan mobilitas tinggi. Seperti vlogger, content creator, hingga profesi jurnalistik. Saat ini ada dua mikrofon terbaik yang bisa dipilih yakni DJI Mic dan generasi terbaru DJI Mic 2. Seperti apa perbandingan dan perbedaan antara DJI Mic 2 vs DJI Mic tersebut? Berikut ulasannya!

Spesifikasi DJI Mic 2 vs DJI Mic

Berikut spesifikasi DJI Mic 2 vs DJI Mic secara umum yang perlu diketahui sebelum membelinya:

Spesifikasi DJI Mic 2 DJI Mic
Dimensi TX: 46,06 x 30,96 x 21,83 mm
RX: 54,20 x 28,36 x 22,49 mm
TX: 47.32 x 30.43 x 20.01 mm
RX: 47.44 x 32.21 x 17.35 mm
Bobot TX: 28 gram
RX: 28 gram
TX: 30 gram
RX: 24.9 gram
Desain Magnetic Clip-On Magnetic Clip-On
Layar 1.1-inch touchscreen + dial 0.95-inch touchscreen
Ketahanan Baterai Total 18 jam 15 jam
Internal Recording 14 jam didukung mode 32-bit float 14 jam
Jarak Jangkau 250 m (FCC)
160 m (CE)
250 m (FCC)
160 m (CE)
Receiver dengan Smartphone Port Lightning dan USB-C untuk mendukung audio digital dan pemutaran tanpa mencabut receiver. Adapter Lightning (analog) atau USB-C (audio digital mendukung stereo).
Receiver dengan Kamera Dukungan koneksi Bluetooth lewat smartphone. Kabel 3,5mm TRS
Receiver dengan Komputer Kabel 3,5mm TRS (mendukung ON/OFF otomatis yang disinkronkan dengan kamera)
USB-C
USB-C

Baca juga: 10+ Rekomendasi Mic Wireless Terbaik 2024 untuk Bikin Konten

Adu Fitur dan Keunggulan DJI Mic 2 vs DJI Mic

Setelah mengetahui perbandingan spesifikasinya secara umum, berikut perbedaan keduanya dari berbagai segi. Terutama dari desain, performa, hingga harga yang dipasarkan.

1. Desain yang Lebih Baru

DJI Mic 2 vs DJI Mic (2)
sc: Soundguys

Berbicara mengenai perbedaan kedua mikrofon terbaik DJI ini, dari segi desain terlihat berbeda. DJI Mic 2 hadir dengan desain yang ramping berbahan logam untuk pengisian dayanya. Desain ini terlihat lebih modern dan elegan. Terlebih memiliki sistem penguncian yang kuat dan melindungi agar tidak jatuh saat digunakan.

Pada mikrofon seri terbaru, pengguna dapat memilih dua warna sesuai dengan kebutuhan. Sebab, beda dari sebelumnya DJI kali ini meluncurkan dalam warna Shadow Black yang terlihat modern dan Pearl White dengan kesan yang lebih elegan.

Baca juga: Review DJI Mic 2: Audio Jernih Tanpa Khawatir Bising!

2. Baterai dan Performa Ditingkatkan

Spesifikasi dji mic (6)
sc: DJI

Perbandingan DJI Mic 2 vs DJI Mic selanjutnya bisa dilihat dari segi baterai maupun performa. Dalam hal ini memang cukup mencolok, dimana DJI Mic 2 mampu dioperasikan hingga total 18 jam. Sementara, DJI Mic terbatas hanya 15 jam saja. Jadi, ada peningkatan sekitar 20% ketahanan daya baterai untuk produk terbaru ini.

Di sisi lain, DJI Mic 2 mendukung perekaman internal dengan mode 32-bit. Teknologi ini memastikan bahwa sesi yang membutuhkan tangkapan suara berkualitas tinggi. Khususnya menangkap audio dan menjamin kualitas rekaman yang lebih unggul. Suara pun lebih halus tanpa distorsi karena mampu meredam kebisingan dengan baik.

3. DJI Mic 2 vs DJI Mic – Jarak Jangkau

Review DJI Mic 2
sc: DJI

Jarak jangkau atau transmisi di mikrofon wireless memang penting untuk mendukung performa. Hal tersebutlah yang membedakan DJI Mic 2 dengan DJI Mic sebelumnya. Di seri terbaru ini jarak jangkaunya sangat impresif sampai dengan 250 meter tanpa halangan. Begitu pun dengan fleksibilitas dan kompatibilitasnya baik untuk port USB-C maupun Lightning pada smartphone serta dukungan koneksi Bluetooth langsung.

Pengguna kamera juga semakin nyaman berkat adanya kabel koneksi 3.5mm TRS yang dapat membuat sinkronisasi antara mikrofon dengan kamera lebih mudah. Sebagai perbandingan, DJI Mic biasa hanya memiliki opsi konektivitas sederhana dengan port Lightning di smartphone. Sedangkan untuk perangkat audio lainya menggunakan USB-C. Pilihan konektivitas yang beragam menjadikan DJI Mic 2 lebih lengkap.

Baca juga: 3 Keunggulan Mic Tanpa Kabel Dibanding Mic Berkabel

4. Kontrol dan Pengoperasian yang Mudah

Spesifikasi dji mic (4)
sc: CineD

Berikutnya adalah mengenai kontrol dan sistem pengoperasian mikrofon. DJI Mic 2 menawarkan layar OLED dengan fitur touchscreen yang lebih besar yakni 1.1 inci. Sementara, pendahulunya memiliki ukuran 0.95 inci saja. Berkat layar yang lebih besar memudahkan pengguna untuk melakukan pengaturan parameter. Seperti volume, tingkat kecerahan, dan lainnya.

Pihak pabrikan juga mengklaim jika desain clip-on magnetik di DJI Mic 2 juga lebih baik. Inovasi ini juga memungkinkan penggunaan lebih nyaman dan fungsional. Pengguna dapat dengan mudah meletakkannya di pakaian. Baik itu pada bagian kerah kemeja, jaket, dan pakaian lainnya. Termasuk untuk aktivitas yang banyak gerak atau outdoor sekalipun.

5. Harga yang Dipasarkan

DJI Mic 2 vs DJI Mic
sc: Manofmany

Selain spesifikasi secara teknis, hal lain yang dipertimbangkan dalam memilih kedua mikrofon tanpa kabel ini adalah harganya. Mengenai harga, memang berbeda tergantung fitur yang dimilikinya. Untuk harga DJI Mic ini dijual dengan harga Rp3.8 jutaan. Sementara itu, harga DJI Mic 2 yakni:

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Termasuk harga di distributor resminya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur DJI Mic: Perangkat Audio Pertama dari DJI

Mana yang Cocok untuk Anda

Review DJI Mic 2 (5)
sc: DJI

Setelah melihat mengenai fitur dan keunggulan dari DJI Mic 2 vs DJI Mic, mana yang tepat untuk Anda? Ini tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. DJI Mic 2 menawarkan pengembangan lebih baik. Khususnya dalam hal koneksi dan output audio berkualitas tinggi. Begitu pun dengan ketahanan baterai unggul berkat dukungan manajemen daya cerdas. Dari segi desainnya pun tidak monoton, karena hadir dalam dua pilihan warna berbeda.

Dengan begitu, DJI Mic 2 sangat cocok dipilih untuk content creator, podcaster, videografer, presenter, live streamer, dan jurnalistik. Namun, jika Anda menginginkan mikrofon standar DJI dengan kualitas tak kalah unggul untuk pemula, DJI Mic juga tak jadi masalah untuk dipilih. Apalagi jika pertimbangannya adalah dari segi budget.

Kini, Anda bisa mendapatkan mikorofon wireless DJI tersebut di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan DJI Indonesia, kami menyediakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan untuk pembelian di store langsung atau online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>