Review DJI Mic 2 Apa Saja yang Baru_

DJI IndonesiaMemasuki pertengahan Januari 2024, DJI merilis perangkat audionya DJI Mic 2. Mikrofon ini adalah penerus dari generasi sebelumnya. Tentu, sebagai pembaharuan ada sejumlah fitur unggulan yang disematkan. Penasaran seperti apa keunggulan dan kelebihannya? Simak review DJI Mic 2 secara lengkap yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget.

Spesifikasi DJI Mic 2 Secara Umum

Mengenai spesifikasi DJI Mic 2 secara umum, Anda dapat melihatnya pada tabel di bawah ini:

Dimensi TX: 46,06 x 30,96 x 21,83
RX: 54,20 x 28,36 x 22,49
Bobot TX/RX: 28 gram
Casing Pengisian Daya 18 jam
Ketahanan Pemancar dan Receiver 6 jam
Durasi Pengisian Daya TX/RX: 70 mini
Casing pengisi daya: 2,6 jam
Arah Perekaman Audio Omnidirectional
Tingkat Tekanan Suara Maksimal 120 dB
Tingkat input maksimum (3,5 mm) -6 dBV (THD < 0,1%)
Kebisingan yang Setara 21 dBA
Peredam Bising Intelligent Noise Cancelling
Kapasitas Penyimpanan 8GB
Perekaman Internal Mendukung perekaman internal float 32 bit.
Default: 24 bit tanpa kompresi
Waktu Perekaman Internal 24 bit: 14 jam
Float 32 bit: sekitar 11 jam
Jarak Transmisi FCC: 250m
CE: 160m
Suhu Pengoperasian -10℃ hingga 45℃

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur DJI Mic: Perangkat Audio Pertama dari DJI

Apa Saja Keunggulannya?

Setelah mengetahui mengenai spesifikasinya secara umum, dalam review DJI Mic 2 Anda perlu juga untuk mengetahui tentang keunggulannya. Khususnya jika memerlukan perangkat audio dalam berkomunikasi dua arah. Melansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

1. Desain Ergonomis

Review DJI Mic 2 (3)
sc: Digital Camera World

Pertama adalah dari segi desainnya yang dirancang sangat ringkas dan sangat elegan. Bobot mikrofon TX/RX masing-masing sekitar 28 gram saja. Tentu dengan ukuran yang ringkas dan bobot ringan tersebut memungkinkannya disimpan dengan mudah pada case charging. Dengan begitu, perangkat dapat terlindungi dengan baik untuk dibawa ke mana saja dan kapan saja.

Mikrofon dilengkapi dengan layar kecil berukuran 1.1 inci. Dimana layar tersebut terhubung dengan dial. Sehingga, memudahkan pengguna untuk melakukan pengaturan dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu saja, produk dilengkapi pula dengan adaptor Type-C dan Lightning. Adaptor ini dirancang sedemikian rupa agar nyaman dibawa tanpa khawatir kusut.

Anda pun dapat memilih dua warna yang berbeda yakni Shadow Black dan Platinum White. Ini adalah inovasi menarik yang dilakukan oleh pihak pabrikan. Sebab, pada generasi sebelumnya hanya ada satu pilihan warna hitam saja. Dengan adanya dua pilihan warna, memungkinkan pengguna untuk memilih sesuai dengan karakter dan penggunaan.

Baca juga: 3 Keunggulan Mic Tanpa Kabel Dibanding Mic Berkabel

2. Kualitas Audio Lebih Jernih

Review DJI Mic 2
sc: DJI

Bicara mengenai review DJI Mic 2, adalah hal penting untuk mengulas kualitas audionya. Mikrofon terbaru DJI ini mendukung untuk meminimalisir kebisingan secara dasar berkat fitur Intelligent Noise Cancelling. Suara vokal yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan jernih. Termasuk pada tekanan suara sampai dengan 120dB, perangkat mampu meredam suara berlebihan secara efektif.

Kemudian, terdapat fitur Internal Recording Float 32-bit. Fitur tersebut dapat berfungsi sebagai pemancar sekaligus perekam. Kemampuannya dapat merekam audio 24 bit selama 12 jam tanpa harus kompresi terlebih dahulu. Kemudian, hasil rekaman dapat disimpan pada memori internal berkapasitas 8GB.

Saat pengguna mengaktifkan Internal Recording Float 32-bit, DJI Mic 2 mampu merekam dalam rentang yang dinamis. Bahkan, pengguna dapat melakukan perekaman hingga jarak 820 kaki atau sekitar 250 meter. Itu dimungkinkan berkat adanya teknologi frekuensi yang adaptif, sehingga meminimalisir latensi dan hasil lebih baik.

3. Review DJI Mic 2 – Pengoperasian yang Mudah

Review DJI Mic 2 (2)
sc: DJI

Tak perlu waktu lama dan ribet untuk mengoperasikan DJI Mic 2. Anda dapat mengintegrasikanya ke perangkat pendukung dari DJI lainnya. Seperti menghubungkan ke smartphone, kamera DJI Osmo Action 4 maupun DJI Osmo Pocket 3. Koneksinya bisa menggunakan Bluetooth untuk merekam audio.

Perlu diketahui, ketika dihubungkan ke smartphone lewat Bluetooth, perekaman audio didukung untuk aplikasi live streaming maupun pengambilan gambar melalui pihak ketiga. Namun, tidak untuk kamera bawaan smartphone.

Adanya klip magnetik di mikrofon membuat pemasangannya lebih cepat dan ringkas. Jadi, Anda memasangkannya ke baju dan mulailah untuk berbicara. Di sisi lain, menghidupkan dan mematikan daya kamera bisa dilakukan dengan mudah. Setelah menyambungkan receiver ke kamera lewat kabel audio 3,5mm, reciver dapat mematikan atau menghidpukan secara bersamaan dengan kamera. Tentu, ini lebih ringkas dan bisa menghemat daya.

Baca juga: Cara Kerja Noise Cancelling yang Perlu Anda Pahami

4. Ketahanan Baterai yang Optimal

Review DJI Mic 2 (4)
sc: Camera Jabber

Keunggulan yang patut diperhitungkan dari DJI Mic 2 lainnya adalah dari segi ketahanan baterainya. Kapasitas utamanya sebesar 360 mAh dengan tipe baterai Li-ion. Baik transmiter maupun receiver dapat digunakan hingga 6 jam dalam satu kali pengisian daya. Tentu, ini merupakan upgrade dari seri sebelumnya yang hanya bisa digunakan hingga 5 jam saja.

Jika diletakkan dan menggunakan charging case ini akan memberikan tambahan daya. Bahkan, pengguna dapat memakainya hingga selama 18 jam. Waktu tersebut juga telah ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya mampu hingga 10 jam.

Lama pengisian daya untuk mikrofon transmisi maupun receiver memerlukan waktu setidaknya 70 menit dalam sekali pengisian daya. Sedangkan untuk pengisian semua perangkat kurang lebih memerlukan waktu sekitar 2 jam 40 menit. Apabila dibandingkan mikrofon lainnya, ini cukup unggul dimana kebanyakan mikrofon wireless memerlukan paling tidak hingga 5-7 jam pengisian daya.

5. Harga DJI Mic 2 Bersaing

Review DJI Mic 2 (1)
sc: CineD

Terakhir tak hanya mengenai fitur saja, soal harga pun DJI Mic 2 bersaing. Perangkat audio ini dijual dengan harga yang berbeda. Dimana tergantung pada paket bundling yang Anda perlukan. Berikut harga DJI Mic 2 berdasarkan paket penjualannya:

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu karena promo dan kebijakan tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat melakukan pembelian.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mic Wireless Terbaik untuk Live

Dapatkan Mikrofon Terbaik DJI di Doran Gadget

Review DJI Mic 2 (5)
sc: DJI

Setidaknya dari review DJI Mic 2 di atas dapat disimpulkan jika perangkat audio ini menjadi pilihan andalan terbaik untuk para content creator. Termasuk para vlogger, presenter, maupun untuk keperluan lainnya seperti menunjang tugas jurnalistik dalam melakukan wawancara kepada narasumber.

Kini, Anda bisa mendapatkan DJI Mic 2 di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan DJI di tanah air, kami menjual produk original dan jaminan garansi resmi pabrikan. Raih juga potongan harga khusus dan promo menarik lainnya di waktu tertentu. Baik pembelian di store langsung, website, maupun melalui aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>