DJI IndonesiaSelain merilis drone untuk fotografi dan videografi, DJI juga mengeluarkan seri untuk pemetaan lahan dan agrikultur dengan teknologi multispektral. Salah satunya adalah untuk seri DJI Mavic 3 dan DJI Phantom 4. Lantas, apa perbedaan DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral dari segi spesifikasi dan fiturnya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral

Dalam melihat keunggulan antara DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral, perlu diketahui terlebih dahulu dari segi spesifikasinya secara umum. Melansir dari berbagai sumber seperti Heliguy, Dronesforhire, dan Spheredrones:

Spesifikasi DJI Mavic 3 M DJI Phantom 4 M
Bobot saat Take-off 951 gram
1.050 gram (bobot take-off maksimal)
1.487 gram
Kamera Multispectral 4 Bands: Green, Red, Red Edge, Near Infrared;
1/2.8″ CMOS;
Kamera lainnya: 5MP
5 Bands: Green, Red, Red Edge, Near Infrared, Blue;
1/2.9″ CMOS;
Kamera lainnya: 2MP
Kamera RGB 4/3 CMOS, 20MP 1/2.9″ CMOS, 2MP
Transmisi DJI O3 Enterprise DJI OcuSync
Jarak Transmisi 8 kilometer (CE) 5 kilometer (CE)
Lama Terbang 43 menit 27 menit
Modular Ya Tidak
Sensor Kamera 4/3 CMOS:
Effective Pixels: 20MP
1/2.9″ CMOS;
Effective Pixels: 2.08MP
Shutter Speed Electronic Shutter: 1/30~1/12800 s Electronic Global Shutter: 1/100 – 1/10000 s
Resolusi Video H.264
FHD: 1920 x 1080@30fps
Video content:
NDVI/GNDVI/NDRE
Tidak diketahui
Lensa FOV: 84°
Equivalent focal length: 24 mm
Aperture: f/2.8 to f/11
Focus: 1 m to ∞
FOV: 62.7°
Focal Length: 5.74 mm (35 mm format equivalent: 40 mm), autofocus set at ∞
Aperture: f/2.2
Format Gambar JPEG/DNG (RAW) JPEG
Temperatur Operasi -10°C hingga 40°C 0°C hingga 40°C
Sensor Forward, Downward, Lateral, Backward, Upward Forward, Downward, Lateral,

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

Perbandingan dari Segi Fitur

Kedua drone seri enterprise ini pun memiliki fitur-fitur unggulan masing-masing yang dimilikinya. Hal inilah yang membuatnya lebih nyaman untuk pemetaan yang efisien dan praktis. Termasuk untuk area dengan cakupan yang cukup luas sekalipun. Berikut perbandingan dari segi desain, kamera, performa, hingga fitur pendukung lainnya:

1. Desain yang Dimiliki

Perbandingan antara DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral yang pertama adalah dari segi desain. Secara umum, desainnya memang berbeda di kedua drone. Desain yang mencolok adalah, Mavic 3 Multispectral dapat dilipat sementara DJI Phantom 4 tidak dapat dilipat. Kemudian, pada DJI Mavic 3 Multispektral juga lebih ringan.

Kerennya lagi,  drone Mavic 3 Multispectral juga dilengkapi dengan sensor cahaya matahari dan menghindari paparan radiasi matahari pada pesawat drone. Dengan begitu, penggunaan lebih nyaman dan aman. Khususnya penggunaan pada siang hari di tengah cuaca yang terik.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

2. Kamera Drone

Selanjutnya adalah dari segi kamera yang dimiliki kedua drone. Untuk sektor ini, Phantom 4 memiliki lima kamera multispectral. Yakni Hijau, Merah, Red Edge, Biru, dan Near Infrared. Sedangkan Mavic 3 Multispectral dibekali empat kamera saja tanpa sensor biru. Sensor kamera tersebut mendukung untuk NDVI, GNDVI, dan NDRE untuk indeks vegetasi.

Sensor kamera yang digunakan Mavic 3 Multispectral adalah 1/ 2.8 inci CMOS dengan resolusi 5MP. Sedangkan untuk Phantom 4 memiliki sensor 1/ 2.9 inci CMOS dan resolusi kamera 2.08MP. Hal itu yang membuat Mavic 3 Multispectral lebih impresif. Keduanya juga dilengkapi dengan fitur kamera RGB.

3. DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral – Performa

DJI Phantom 4 Pro, dji phantom, phantom 4, dji phantom 4 pro+, harga drone phantom 4, harga dji phantom 4

Perbandingan dari DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral lainnya adalah performa penerbangan. Dalam hal ini, DJI Mavic 3 Multispectral lebih unggul dengan sistem transmisi DJI O3 Enterprise. Sementara Phantom 4 Multispectral menggunakan DJI OcuSync. Tentu hal tersebut memberikan performa penerbangan yang berbeda.

DJI Mavic 3 Multispectral memiliki waktu terbang hingga 43 menit, dengan jarak jangkau transmisi (CE) hingga 8 kilometer. Sedangkan Phantom 4 hanya 27 menit dan jarak jangkau transmisinya hingga 5 kilometer (CE). Tak hanya itu, DJI Mavic 3 Multispectral lebih cepat dalam mengumpulkan data pada cakupan area yang luas.

Baca juga: DJI Mavic 3 vs Mavic 3 Enterprise vs Mavic 3 Thermal – Ini Perbedaannya!

4. Fitur Keamanan

DJI memiliki standar keamanan yang tinggi untuk penerbangan drone. DJI Phantom 4 Multispectral dilengkapi fitur Vision System yang ada di depan, belakang, dan bawah drone. Begitu juga dengan fitur Infrared Sensing System yang terdiri dari dua buah modul 3D infra merah pada kedua sisi pesawat. Kemudian juga ada fitur Low Battery RTH dan Smart RTH yang berfungsi secara otomatis dan membuat drone kembali ke titik penerbangan awal saat daya baterai rendah.

Untuk DJI Mavic 3 Multispectral, fitur-fitur keamanan tersebut lebih ditingkatkan. Ini dapat dilihat dari adanya pembaruan sistem rteknologi transmisinya yang mengurangi risiko kecelakaan. Misalnya sensor rintangan Advanced Pilot Assistance System (APAS 5.0). Sistem keamanan terbaru lainnya seperti AirSense yang dapat memberikan peringatan dini dari pesawat atau drone lain yang mendekat dengan mentransmisikan sinyal ADS-B.

5. Controller dan Software Pendukung

Terakhir yakni dari kompatibilitas controller maupun software pendukung yang dapat diintegrasikan dengan drone ini. DJI Mavic 3 Multispectral dapat menggunakan smart controller DJI RC Pro Enterprise yang dilengkapi dengan layar. Kemudian didukung dengan dengan Mobile SDK 5 yang membuat pengguna mudah mengintegrasikannya dengan aplikasi lain untuk smart surveying, UAV field patrol, dan lainnya. Termasuk kompatibel dengan DJI Terra dan DJI SmartFarm.

Sementara, DJI Phantom 4 Multispectral menggunakan controller Phantom 4 RTK SDK dengan device dan layar yang terpisah. Controller juga kompatibel dengan Mobile SDK. Itu artinya, pilot dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga pada drone DJI yang digunakan. Begitu juga dengan software dan aplikasi bawaan pabrikan seperti DJI Terra.

Baca juga: DJI Terra: Software Pemetaan Drone untuk Proyek Berskala Besar

Kesimpulan

Itulah perbandingan mengenai DJI Mavic 3 Multispectral vs DJI Phantom 4 Multispectral yang perlu Anda ketahui. Dari ulasan di atas, memang DJI Mavic 3 Multispectral lebih unggul dari segi fitur dan spesifikasi. Termasuk desainnya yang ringkas untuk dibawa ke mana saja.

Namun, di sisi lain DJI Phantom 4 Multispectral juga memiliki keunggulan untuk pemetaan dan manajemen lahan pertanian. Jika Anda mempertimbangkan dari segi harga dan spesifikasi yang cukup baik, maka DJI Phantom 4 Multispectral bisa dijadikan pilihan.

Apapun pilihannya, pastikan Anda membelinya di tempat terbaik seperti Doran Gadget. Sebagai authorized dealer DJI Indonesia, kami menjual drone terbaik untuk pemetaan dan agrikultur. Informasi mengenai ketersediaan produk dan pengadaan hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait: