Daftar Makanan Bantu Turunkan Kolesterol secara Alami

Bagi sebagian orang, memakan daging merah, susu murni dan keju yang meningkatkan kadar kolesterol mereka. Bagi yang lain, itu adalah masalah keturunan bahwa tubuh mereka memproduksi terlalu banyak kolesterol. Terlepas dari alasannya, kadar kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Sementara kolesterol, sejenis lemak dalam darah Anda, dibutuhkan oleh sel-sel Anda, memiliki terlalu banyak lemak dapat menjadi penyebab kekhawatiran. Ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda, itu mulai menumpuk di arteri Anda, dan menyebabkan penyumbatan aliran darah. Penyumbatan ini kemudian dapat menyebabkan pembekuan darah dan peradangan, yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Berkenaan dengan kolesterol, penting untuk diketahui bahwa ada dua jenis: LDL dan HDL. Kolesterol LDL telah diciptakan sebagai kolesterol “jahat”, karena merupakan jenis yang ditemukan meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Kolesterol HDL telah dijuluki kolesterol “baik” karena telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Didiagnosis dengan kolesterol tinggi bisa menakutkan, tetapi kabar baiknya adalah bahwa ada banyak cara untuk mengurangi kadar kolesterol. Sementara beberapa dokter merekomendasikan obat-obatan, masih ada alternatif lain untuk menurunkan angka tersebut.

Bagi banyak orang yang kelebihan berat badan dapat meningkatkan kolesterol, oleh karena itu memulai rencana penurunan berat badan dapat membantu mengurangi angka-angka ini. Selain itu, olahraga telah ditemukan untuk meningkatkan HDL atau kolesterol “baik”, untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Penting juga untuk mengenal riwayat keluarga, karena kolesterol dan penyakit jantung sering diturunkan secara turun temurun. Mengetahui hal ini sejak dini dapat membantu seseorang menjadi lebih siap tentang cara untuk mengurangi faktor risiko mereka.

Makan terlalu banyak lemak jenuh dan kolesterol itu sendiri dapat menyebabkan peningkatan kolesterol. Membuat perubahan diet dapat secara dramatis mengurangi level ini. Beberapa makanan ini membantu menyediakan serat larut ke dalam tubuh, yang mengikat partikel-partikel kolesterol dan mengeluarkannya, sementara itu, makanan lain justru menghalangi tubuh dari menyerap kolesterol. Dan yang lainnya mengandung lemak tak jenuh ganda, yang bekerja untuk menurunkan LDL Anda secara langsung.

Jadi perubahan diet apa yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi kolesterol mereka? Berita baiknya adalah ada banyak pilihan makanan yang tidak hanya lezat, tetapi dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada saat yang bersamaan. Lihatlah beberapa makanan di bawah ini dan lihat bagaimana memasukkannya ke dalam diet Anda:

Gandum Utuh – Menambahkan serat tinggi, dedak atau sereal gandum dan roti akan membantu menurunkan kolesterol. Makanan-makanan ini akan menambah serat larut dalam makanan, membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Oat – Oatmeal panas, oatmeal dingin semalam atau menggunakan oat dalam memanggang adalah cara terbaik untuk menambahkan 2-5 gram serat larut ke dalam makanan Anda.

Ikan – Menambahkan ikan ke dalam makanan Anda akan menghasilkan omega-3 yang terbukti melindungi jantung Anda. Salmon, tuna albacore, dan herring semuanya menyediakan sumber omega-3 yang bagus.

Kacang – Makanan kaya protein ini tidak hanya menahan rasa lapar lebih lama dari kebanyakan makanan lain, tetapi juga membantu mengurangi kolesterol jahat Anda. Meskipun tinggi lemak, ingatlah bahwa lemak sehatlah yang membantu melindungi tubuh Anda. Pilih dari varietas seperti almond, kacang tanah, kacang mete dan kacang walnut, untuk beberapa nama.

Minyak Goreng – Ganti mentega atau mentega dengan minyak zaitun, alpukat, atau minyak safflower.

Kedelai – Meningkatkan protein nabati ini, yang dapat ditemukan dalam bentuk tahu, edamame atau susu kedelai, telah terbukti menurunkan LDL Anda.

Kacang – Ini adalah tambahan yang sempurna untuk diet apapun sebagai bagian dari salad, ke dalam sup, lauk atau apa pun yang Anda bayangkan. Sarat dengan serat larut, mereka bagus untuk mengontrol berat badan, bersama dengan kemampuan mereka untuk menurunkan kolesterol. Kami menyukai kacang yang dimasak dengan lambat, tetapi jika tidak, ada banyak cara mudah untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda. Anda bahkan dapat membuat “bakso” dari kacang untuk menipu diri Anda agar memakannya: Bakso Vegetarian Kacang Hitam dengan Saus Tzatziki

Anggur Merah – Banyak anggur merah dibuat dengan berbagai serat anggur merah yang lebih tinggi, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Tentu saja konsumsi harus dalam jumlah sedang.

Alpukat – Menambahkan alpukat ke diet Anda adalah cara yang bagus untuk menambahkan sumber bergizi lemak tak jenuh tunggal dan nutrisi yang telah terbukti menurunkan kadar LDL. Lihatlah resep guacamole yang lezat ini.

Teh – Minum teh hitam telah ditemukan untuk mengurangi kolesterol sebanyak 10% hanya dalam 3-4 minggu.

Pikirkan saja, dengan penambahan beberapa makanan baru yang sehat (belum lagi enak), Anda akan siap untuk mengurangi kolesterol dalam waktu singkat!

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp