07. hp 5g, jaringan 5g

Doran GadgetJaringan 5G di Indonesia secara resmi mulai digunakan pada akhir Mei 2021 lalu. Menyusul Telkomsel, Indosat pun meluncurkan layanan terbaik ini. Akan tetapi, hanya beberapa hp 5G saja yang dapat menggunakan jaringan ini. Seperti apakah jaringan 5G Indosat dan hp 5G yang kompatibel? Doran Gadget merangkumnya untuk Anda.

Jaringan 5G Indosat

Jaringan 5G Indonesia

Indosat Ooreedo secara resmi menjadi operator seluler dengan jaringan 5G di Indonesia secara komersial. Hal itu dilakukan setelah mendapatkan uji kelayakan operasional dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Layanan 5G bisa digunakan oleh pelanggan baik dengan kartu prabayar maupun pasca-bayar dengan perangkat yang mendukung. Namun, layanan 5G Indosat hanya untuk perangkat yang mendukung pita atau band n3 saja. Ini karena Indosat menggunakan pita frekuensi 1.800 MHz (1,8 GHz) untuk 5G.

Tak hanya itu, perangkat pun harus mendukung dari segi software-nya. Dengan kata lain, perangkat harus unlock atau dibuka terlebih dulu agar dapat terkoneksi 5G dengan baik. Unlock ini terdapat pada vendor ponsel pada saat melakukan pembaruan melalui on the air.

HP 5G untuk Layanan 5G Indosat di Indonesia

Handphone 5G (1)

Di Indonesia, saat ini sudah ada beberapa hp 5G yang diluncurkan. Namun,tidak seperti yang telah dijelaskan di atas tidak semua hp tersebut mendukung jaringan 5G Indosat. Berikut daftar hp yang bisa Anda gunakan untuk layanan dari Indosat tersebut.

1. Apple

Apple meluncurkan hp terbaiknya untuk 5g dengan dibekali spek terbaik di kelasnya. Untuk hp 5g asal pabrikan California, Amerika Serikat ini ada ada empat tipe yang bisa digunakan di jaringan Indosat. Di antaranya adalah iPhone 12, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

2. Huawei

Bagi Anda pengguna hp Huawei, beberapa tipe yang dapat digunakan untuk bisa menikmati jaringan 5G Indosat yakni Huawei Mate XS dan Huawei Mate 40 Pro. Lalu ada seri Huawei P40 dan Huawei P40 Pro/Pro Plus. Tak ketinggalan Huawei Nova 7 juga bisa digunakan untuk jaringan ini.

3. Oppo

03. hp 5g, jaringan 5g

 

Selama ini Oppo dikenal sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Namun, brand ini pun tak mau ketinggalan untuk meluncurkan hp 5g terbaiknya. Untuk pengguna Indosat, deretan hp Oppo yang bisa Anda pilih untuk menikmati layanan 5G adalah Oppo A74 5G, Oppo Reno5 5G, Oppo Find X2, dan Oppo Find X2 Pro.

4. Xiaomi

Sementara, jika Anda pengguna Xiaomi ada cukup banyak pilihan smartphone yang bisa mendukung layanan 5G Indosat. Di antaranya adalah Xiaomi Mi 10, Xiaomi Mi 10T, Xiaomi Mi 10T Pro, Xiaomi Mi 11, Xiaomi Mi 11 Ultra, dan Poco F3 5G.5.

Baca juga: 7 Handphone 5G di Indonesia dengan Spesifikasi Mumpuni

5. Hp 5G Samsung

Samsung mengandalkan seri Galaxy mereka untuk jaringan 5G. Namun, hanya beberapa yang kompatibel digunakan pada layanan milik operator Indosat yakni Samsung Galaxy A32 5G, Samsung Galaxy S2, Samsung Galaxy S21 Plus, dan Samsung Galaxy S21 Ultra.

6. Vivo

05. hp 5g, jaringan 5g

 

Adapun brand Vivo yang dikenal dengan produk 5G mereka adalah Vivo V21 5G yang dapat digunakan untuk jaringan Indosat ini. Kemudian, tipe lainnya adalah Vivo X60, Vivo X60 Pro, dan Vivo X50 Pro.

7. Asus

Untuk Asus saat ini hanya ada satu tipe saja yang kompatibel untuk jaringan 5G Indosat yakni ROG Phone 3.

Nikmati Akses 5G Tanpa Henti dengan Dukungan Aksesoris Terbaik

hp 5g, jaringan 5g

Itulah beberapa hp 5G yang kompatibel untuk jaringan 5G milik Indosat. Anda bisa menggunakannya di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Solo. Anda pun tak perlu mengganti kartu khusus jika telah menggunakan USIM koneksi jaringan 4G LTE sebelumnya.

Untuk mendukung akses tanpa henti, Anda bisa menggunakan aksesoris terbaik. Mulai dari handsfree untuk audio jernih, powerbank, hingga pelindung layar agar tetap aman yang bisa didapatkan di Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, silakan join di channel Telegram kami.

Artikel terkait:

×