Doran GadgetCara mengecek garansi iPhone penting diketahui oleh para pemilik dan penggunanya. Baik pemilik yang baru menggunakan iPhone maupun pengguna lama. Tujuannya adalah agar barang mendapatkan penanganan terbaik ketika terjadi masalah atau kerusakan. Bagaimana langkah-langkahnya dan apa saja yang harus diperhatikan? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget.

Cara Mengecek Garansi iPhone

iphone 13, iphone 12, iphone 13 vs iphone 12

Langkah dan cara mengecek garansi iPhone bisa dilakukan melalui HP iPhone yang Anda gunakan. Cara ini berlaku di berbagai seri iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu ‘Setting’ dan pilih ‘General’.
  2. Setelah itu, pilihlah ‘About’ dan akan muncul serial number di layar. Catatalah nomer tersebut.
  3. Buka browser di iPhone dan masuk ke laman https://checkcoverage.apple.com.id.in/ untuk melihat garansi yang berlaku.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan nomor serial yang muncul tadi. Jangan lupa untuk masukkan kode captcha.
  5. Ketuk tampilan ‘Lanjutkan’ yang muncul di layar.
  6. Masukkan negara dan di menu ‘Service and Repair’ lalu pilih ‘See Your Service and Support Coverage’.
  7. Tunggu beberapa saat sapai muncul informasi penting mengenai garansi iPhone.

Adapun informasi tersebut biasanya mengenai tanggal garansi berakhir maupun tanggal aktivasinya. Di sini, Anda bisa melihat apakah iPhone asli atau produk ilegal. Jika informasi garansi tidak muncul, maka HP bisa dikatakan ilegal. Dengan begitu, Anda pun tidak bisa mengklaim garansi.

Baca juga: Cara Mendaftarkan IMEI iPhone Resmi

Bagaimana  Cara Klaim Garansi iPhone?

5. iphone 12 purple harga, iphone 12 warna ungu, iphone 12 ungu, iphone 12 purple

Setelah informasi garansi iPhone muncul, Anda dapat melakukan klaim garansi ini. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menghubungi Apple Support dengan klik di sini. Kemudian, ikuti instruksi dari customer service dan biasanya terdapat link untuk berinteraksi dengan CS baik melalui telepon maupun teks. Jelaskanlah mengenai kerusakan secara detail.

Selanjutnya, Anda bisa mendatangi Apple Authorized Service Provider (AASP) terdekat. Apabila sudah ada informasi dari pihak AASP, maka proses perbaikan akan dilakukan selama kurang lebih 21 hari kerja. AASP juga akan memberitahukan tingkat kerusakan atau komponen yang perlu diganti.

Jika Anda membeli di toko atau distributor resmi, bisa juga dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan distributor dimana Anda membeli iPhone tersebut. Selanjutnya, pihak distributor resmi ini akan membantu proses klaim garansi.

Baca juga: Baru Pertama Punya, Perhatikan 10 Cara Memakai iPhone Ini

Apa yang Harus Diperhatikan?

harga iPhone 13

Selain mengetahui cara mengecek garansi iPhone, pengguna juga perlu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan klaim garansi iPhone. Misalya kondisi servis masih dalam masa garansi, di luar masa garansi, hingga, barang yang tidak layak servis. Selengkapnya sebagai berikut:

  1. Servis dalam masa garansi ini ada beberapa perbaikan yang tanpa dikenakan biaya. Contohnya, kerusakan kecil di layar, kaca depan, atau kamera. Jika kerusakanya cukup parah, ada biaya tambahan. Begitu juga dengan kerusakan karena jatuh atau terbanting maupun terkena cairan, maka pengguna akan dikenai biaya.
  2. Jika lewat masa garansi, Anda juga bisa melakukan servis di Service Center Apple. Hanya saja kategorinya terbatas. Misalnya keruaskan karena cairan, korosi komponen internet, dan keretakan pada LCD. Termasuk pula mengenai masalah audio seperti kerusakan konektor maupun mikrofon. Meski begitu, Anda tetap dikenai biaya.
  3. Di sisi lain, iPhone tidak bisa klaim garansi karena tidak layak. Bahkan untuk kerusakan yang sangat minim. Tidak layak diservis ini seperti konfigurasi kode tidak sama, model, hingga warna tidak sesuai. Begitu pun penggunaan komponen yang tidak resmi.

Baca juga: Beli iPhone Baru? Ini 9 Hal yang Wajib Anda Lakukan!

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai cara mengecek garansi iPhone yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda membeli iPhone di tempat terpercaya, termasuk di distributor resmi yang telah berizin seperti Doran Gadget. Kami menyediakan iPhone dari berbagai tipe dengan jaminan produk original dan garansi resmi pabrikan.

Dapatkan harga khusus selama promo dan program tertentu. Khususnya untuk pembelian via website, store, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo yang berlaku. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×