Melacak Bus Transjakarta di Google Maps

Doran GadgetSejak dioperasikan 20 tahun lalu, bus Transjakarta jadi salah satu moda transportasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk beraktivitas. Terlebih untuk bekerja sehari-hari. Hal itu karena lebih efisien dan dapat menghindari kemacetan. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kini keberadaan bus Transjakarta bisa dilacak langsung. Bagaimana cara melacak bus Transjakarta di Google Maps? Simak ulasan selengkapnya di artikel kali ini.

Mengapa Perlu Melacak Bus Transjakarta untuk Beraktivitas?

Cara Melacak Bus Transjakarta di Google Maps
sc: Pemprov DKI Jakarta

Sebelum beranjak ke cara melacak bus Transjakarta, ada beberapa alasan mengapa Anda harus melakukannya. Terlebih bagi yang pertama kali ke Jakarta dan baru menggunakan moda transportasi umum sejuta umat ini. Berikut di antaranya:

  • Memudahkan Anda untuk tidak terlalu berlama-lama menunggu di halte. Jadi, akan lebih menghemat waktu dan efisien dalam melakukan perjalanan dan beraktivitas.
  • Jika dulu sebagian orang mungkin akan menumpuk di halte karena ketidakpastian kapan bus akan tiba, maka dengan melacak di Google Maps maka hal itu tidak akan terjadi. Setidaknya, ini mampu meminimalisir penumpukan calon penumpang dan mengurangi risiko yang tidak diinginkan seperti aksi kriminal pencopetan maupun lainnya.
  • Membuat perjalanan lebih nyaman, apalagi jika Anda melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya di Jakarta bersama keluarga. Khususnya bagi yang membawa anak-anak tidak harus menunggu lama.
  • Dapat segera menemukan alternatif ketika terjadi sesuatu. Seperti penutupan rute, masalah terhadap kendaraan dan lainnya. Sehingga tidak membuang waktu yang lama.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Cara Melacak Bus Transjakarta di Google Maps

Cara Melacak Bus Transjakarta di Google Maps (1)
sc: Kompas

Fitur live tracking di Google Maps memberikan banyak manfaat bagi calon penumpang. Namun, tak sedikit pula yang mungkin masih belum memahami bagaimana cara menggunakannya. Apakah Anda salah satunya? Namun, tak perlu khawatir dan cukup lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Bukalah Google Maps di smartphone yang Anda gunakan.
  • Buatlah rute perjalanan. Caranya adalah memasukkan alamat halte keberangkatan dan tujuan pemberhentian.
  • Saat rute telah ditentukan, maka Google Maps bakalan muncul ikon kendaraan umum. Klik-lah ikon kendaraan umum dan buat rute perjalanan melalui bus Transjakarta.
  • Tunggu beberapa saat sampai Google Maps menampilkan moda transportasi yang akan dipilih dan mengantarkan Anda ke lokasi tujuan.
  • Lanjutkan dengan mengklik ikon bergambar bus dan di sini Anda bisa melihat rute perjalanan menggunakan bus Transjakarta.
  • Setelah itu akan muncul berbagai informasi perjalanan dengan bus Transjakarta. Dari halte keberangkatan, penurunan halte yang dituju, nomor bus, hingga berapa biaya yang harus dibayarkan. Termasuk juga perkiraan waktu bus tiba di tempat tujuan.

Sebagai catatan, pemantauan bus Transjakarta secara real time di Google Maps ini bisa dilakukan di smartphone dengan Google Maps iOS versi 6.115.1. Ini dapat diakses melalui smartphone Android maupun iPhone. Apabila belum ada fitur tersebut, maka Anda perlu melakukan update ulang Google Maps dengan versi terbaru agar bisa digunakan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Jogging di Jakarta untuk yang Suka Lari

Penutup

tempat wisata di jakarta
sc: iwarebatik

Berkat perkembangan teknologi kini melacak bus transjakarta semakin mudah. Agar membantu dalam pelacakan yang lebih nyaman, Anda gunakan gadget terbaik seperti smartphone. Termasuk pelindung layar untuk melindungi smartphone dari goresan, gesekan, maupun terhadap debu saat digunakan.

Anda bisa mendapatkan aksesoris tersebut di Doran Gadget. Raih berbagai promo dan penawaran menarik untuk setiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Mulai dari potongan harga khusus, gratis ongkir, merchandise, dan lain sebagainya di periode tertentu.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>