Doran GadgetSmartphone generasi terbaru memang telah memiliki banyak peningkatan pada konfigurasi kameranya. Kini Anda bahkan bisa mengaturnya secara manual mulai dari ISO, aperture. shutter speed, dan lainnya agar pengambilan gambar bisa sesuai keinginan dan setara profesional. Dalam artikel kali ini kami akan membahas cara mengatuh shutter speed pada kamera HP. 

Apa Itu Shutter Speed?

Shutter speed sering disebut dengan rana. Jadi ketika Anda mengambil sebuah gambar, shutter akan membuka dan menutup secara otomatis. Gampangnya, shutter speed adalah kecepatan atau rentan waktu yang dibutuhkan shutter untuk terbuka. Dalam jarak waktu tersebut, cahaya bisa masuk dan mengenai sensor gambar. 

Umumnya, shutter speed terhitung per sekian detik. Semakin lambat waktunya, maka cahaya yang masuk ke kamera semakin banyak. Biasanya ini digunakan untuk emotretan pada waktu malam hari yang kurang pencahayaan. Selain itu, shutter speed juga bisa digunakan untuk freeze motion atau menangkap momen dengan cepat. 

Baca juga: 10 HP Samsung dengan Kamera Instagramable

Fungsi Shutter Speed 

Jika smartphone Anda tidak memiliki pengaturan untuk shutter speed, maka silahkan unduh aplikasi pihak ketiga. Karena ponsel keluaran lama memang belum memiliki kontrol pengaturan cahaya bawaan. Fungsi shutter speed pada kamera HP sebenarnya bisa membuat kamera mengumpulkan lebih banyak cahaya untuk hasil foto yang jauh lebih maksimal. 

Seperti yang sudah disebutkan, semakin lama rana maka cahaya semkin banyak yang terkumpul. Sebaliknya, semakin cepat rana maka cahaya yang terkumpul juga seakin berkurang. Contohnya saja jika Anda mengatur shutter speed pada ½ detik, maka kemungkinan cahaya untuk menyentuh sensor dengan hasil yang baik dibandingkan menggunakan pengaturan 1/200 detik. 

Dalam kondisi minium cahaya atau pada malam hari, atur shutter speed Anda di kondisi lambat. Karena dengan bergitu Anda akan mendapatkan lebih banyak cahaya untuk hasil yang lebih optimal. 

Baca juga: Berapa MP Kamera yang Bagus? Begini Cara Memilihnya!

Langkah Mengatur Shutter Speed Pada Kamera HP

Berikut ini adalah langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatur shutter speed pada kamera HP: 

  • Buka aplikasi kamera pada ponsel Anda dan silahkan pergi ke mode Pro atau Manual 
  • Setelah itu, pergi ke pengaturan atau atur mode sesuai yang diinginkan. Mulai dari ISO, Aperture, White Balance, Shutter speed, dan lainnya. 
  • Pilih pengaturan rana atau shutter untuk mengatur kecepatan sesuai yang diinginkan. Ada tiga pilihan yang bisa Anda sesuaikan, mulai dari fast, medium, hingga slow shutter speed. 

Jika pengaturan shutter speed bawaan tidak ada di dalam smartphone Anda, maka gunakan aplikasi ketiga. Berikut cara mengatur shutter speed pada kamera HP melalui aplikasi pihak ketiga. 

  • Unduh dan instal aplikasi untuk shutter speed yang ada di Google, seperti App Camera FV-5 Lite 
  • Setelah berhasil di intal, izinkan untuk meluncurkan ke antar muka kamera. Setalah itu Anda kan melihat beberapa jenis opsi di bagian samping beserta tombol shutter-nya. 
  • Tekan ikon “P” yang ada di kiri layar dan Anda akan melihat opsi Mode Program pada kiri layar
  • Kemudian akan muncul ikon “S” dan klik ikon tersebut 
  • Setalah itu, Anda akan dibawa ke menu kamera di sidebar dimana Anda dengan mudah akan mengatur shutter speed pada kamera dengan memilih dari beberapa pilihan seperti 2 detik, 1 detik, 5 detik, dan lainnya. 
  • Sutter speed sudah bisa digunakan.

Baca juga: 15 Rekomendasi HP Kamera Terbaik Untuk Anda yang Instagramable

Penutup 

Itulah cara mengatur shutter speed pada kamera HP yang bisa Anda coba. Dapatkan berbagai smartphone terbaru mulai dari Samsung, Xiaomi, hingga Apple di sini. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

×