Doran Gadget Wireless charging jadi salah satu fitur unggulan di perangkat pengisian daya maupun smartphone. Seperti namanya, perangkat pengisian ini tidak menggunakan kabel untuk melakukan pengisian daya. Apa itu wireless charging dan keunggulan serta rekomendasinya? Simak ulasannya dalam artikel yang dihimpun tim Doran Gadget berikut ini.

Apa Itu Wireless Charging?

Wireless Charging
sc: Magfast

Fitur ini tentu Anda sudah sering mendengarnya, namun tidak sedikit juga yang masih belum mengetahui apa itu wireless charging secara keseluruhan. Secara umum, ini adalah sebuah teknologi pengisian daya yang menggunakan teknologi tanpa kabel. Jadi, cara kerjanya adalah menggunakan induksi elektromagnetik.

Setelah itu, daya yang berasal dari transmitter dihubungkan receiver pada perangkat smartphone. Adapun produk yang dijual khususnya di Indonesia, biasanya menggunakan standar tertentu seperti standar Qi (dibaca ‘chee’) dan standar PMA.

Standar Qi adalah yang populer saat ini dengan memanfaatkan cara kerja induksi medan magnet dan teknologi dari resonasi medan magnet. Berikutnya adalah Power Matter Alliance (PMA) yang menggunakan teknologi induksi dari medan magnet. Meskipun cara kerjanya sama dengan standar Qi, namun belum tentu standar ini kompatibel dengan standar Qi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Charger Gan: Teknologi Pengisian Daya yang Efisien

Keunggulan Wireless Charging

sc: TechGig

Banyak pabrikan aksesoris gadget kini memproduksi wireles charger. Hal tersebut karena permintaan pasar yang tinggi. Ini bukan tanpa alasan, sebab teknologi pengisian daya tanpa kabel memiliki sejumlah keunggulan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Port USB pada Perangkat Lebih Tahan Lama

Keunggulan pertama adalah dapat membuat perangkat lebih awet. Khususnya bagian port USB. Itu karena pengisian ini tidak menggunakan kabel, sehingga port USB lebih awet karena jarang digunakan. Dampak jangka panjangnya adalah pemakaian smartphone menjadi lebih lama. Begitu pula dengan masa pemakaianannya.

Baca juga: Kabel Tipe USB-C vs Lightning: Apa Saja Perbedaannya?

2. Mencegah Terjadinya Korsleting

Selanjutnya adalah dapat meminimalisir terjadinya masalah kelistrikan seperti korsleting. Permasalahan kelistrikan pada smartphone biasanya disebabkan karena kabel pada smartphone mengalami kendala. Seperti terkelupas hingga penyaluran daya yang tersendat. Inilah yang membuat terjadinya korsleting. Beda halnya jika Anda menggunakan wireless charger yang tanpa kabel karena menggunakan teknologi elektromagnetik.

3. Lebih Praktis dan Mudah Digunakan

sc: Popular Science

Ketiga, charger tanpa pengisian daya ini lebih praktis dan mudah digunakan kapan saja dan di mana saja. Anda pun tak perlu repot lagi menghubungkan kabel dari smartphone ke pengisian daya. Termasuk mencari sumber energi atau stop kontak. Jadi, bisa diandalkan di berbagai kondisi dengan cukup meletakkan smartphone di pad charging dan tunggulah sampai baterai terisi penuh.

Baca juga: Bahaya Mengecas HP di Tempat Umum, Data Pribadi Bisa Dicuri!

4. Bisa Mengisi Beberapa Perangkat

Keempat, Anda dapat melakukan pengisian daya untuk berbagai perangkat dengan satu charger saja. Ini dimungkinkan karena pad yang disematkan memiliki ukuran yang cukup lebar. Sehingga memungkinkan untuk mengisi daya beberapa perangkat atau smartphone secara bersamaan tanpa harus menggunakan banyak kabel charger lebih dari satu.

5. Penyesuaian yang Lebih Mudah

Keunggulan yang terakhir adalah, teknologi ini mudah disesuaikan sesuai penggunaan. Misalnya adalah dapat dilakukan untuk berbagai posisi. Baik dengan posisi vertikal maupun horizontal. Sehingga, Anda masih tetap bisa hal lainnya, seperti menonton video hingga bermain game. Bahkan, ada juga charger yang bisa ditempelkan pada bagian belakang HP.

Baca juga: Apa Dampak Fast Charging Ratusan Watt untuk HP?

Rekomendasi yang Bisa Anda Pilih

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan charger dengan teknologi wireless charging, ada beberapa rekomendasinya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan:

1. JETE A10 Series

 

Rekomendasi yang pertama adalah JETE A10 Series. Dimana keunggulannya antara lain memiliki fitur itur super fast charging yang memungkinkan untuk mengisi daya 5x lebih cepat dengan dukungan hingga 20W. Lebih aman lagi dengan adanya fitur proteksi seperti perlindungan terhadap temperatur, over charging, hingga perlindungan dari potensi korsleting. Anda bisa memilikinya dengan harga Rp400 ribuan saja.

Baca juga: 5 Cara Mengisi Daya Powerbank yang Benar

2. ACMIC W10PRO

Dengan ukuran yang ringkas, ACMIC direkomendasikan untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Kapasitasnya cukup besar hingga 10.000 mAh dengan teknologi Atom Cell Technology. Perangkat ini juga diklaim mampu melakukan pengisian daya sampai dengan 50% dalam waktu sekitar 30 menit. Harga yang dipasarkan untuk ACMIC W10PRO sekitar Rp350 ribuan.

3. Anker PowerCore III 10K Wireless

 

Rekomendasi wireless charger ketiga adalah Anker PowerCore III 10K Wireless dengan kapasitas 10.000mAh. Kompatibilitasnya juga luas, cocok untuk berbagai tipe smartphone dari berbagai merek. Selain itu, Anker PowerCore III 10K Wireless menggunakan teknologi PowerIQ 3.0 untuk pengisian daya yang lebih cepat pada berbagai perangkat yang menggunakan kabel. Di pasaran, perangkat ini dibanderol seharga Rp1.3 jutaan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Powerbank Wireless dengan Pengisian Tercepat

4. Mophie Powerstation Wireless XL Portable Battery

Mophie hadir dengan wireless charger berkapasitas besar dan dengan kecepatan pengisian hingga 18W. Anda pun bisa menggunakan port USB-C PD dan kabel yang dijual secara terpisah untuk mengisi daya iPhone. Keunggulan lainnya adalah, dapat mengisi daya di beberapa perangkat sekaligus. Harga yang dipasarkan untuk perangkat ini sekitar Rp900 ribuan.

5. Aukey PB-Y32

 

Aukey PB-Y32 juga dapat Anda pilih karena memiliki pengisian daya dengan fitur tanpa kabel Qi dan daya 10W. Fitur unggulannya adalah menggunakan Power Delivery 3.0 yang mampu mengisi daya lebih cepat. Termasuk fitur quick charge yang mampu mengisi baterai sampai 80% dalam waktu sekita 35 menit. Begitu juga dengan iPhone. Untuk harganya, Anda bisa membelinya di kisaran Rp900 ribuan.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP dengan Wireless Charging

Penutup

Wireless Charging (1)
sc: New York Times

Setidaknya itulah ulasan mengenai apa itu teknologi wireless charging beserta keunggulan dan cara menggunakannya. Dengan teknologi ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan pengisian daya. Yakni tidak memerlukan waktu lama, ringkas, dan praktis.

Kini, Anda bisa mendapatkan HP dan aksesoris gadget yang mendukung teknologi pengisian daya tanpa kabel di Doran Gadget. Kami menjual berbagai aksesoris dari brand terbaik dunia dengan jaminan produk original dan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada berbagai promo menarik di waktu tertentu.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

×