Doran GadgetSeiring perkembangan teknologi, saat ini banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas mengisi ulang baterai HP. Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan smartphone. Namun, di sisi lain bisa saja bahaya mengecas HP di tempat umum mengintai para pengguna ponsel ketika mereka mengecas?

Sekilas, mungkin orang akan berpikiran jika hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Akan tetapi, bagi para hacker bukankah hal tersebut menjadi ‘lahan’ bagi mereka untuk melakukan aksinya? Lantas, apa saja bahaya yang ada, tempat mana saja yang perlu dihindari, dan cara mencegahnya? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Bahaya Mengecas HP di Tempat Umum

Imbauan mengenai bahaya mengecas HP di tempat umum sempat diunggah oleh kepolisian Odisha yang merupakan negara bagian India dalam Twitternya. Pihak kepolisian ini pun menyematkan tagar #StayCyberSafe. Para hacker akan memanfaatkan port USB dan malware. Jika HP terinfeksi maka, mereka dapat mencuri data pribadi seseorang.

Tindak kejahatan ini dikenal dengan istilah Juice Jacking yakni serangan siber yang menargetkan gadget pengguna yang terhubung melalui port USB. Bisa saja para hacker menghubungkan slot tersebut di perangkat yang berbeda. Demikian sumber dari 91Mobiles yang dikutip oleh Kompas Tekno.

Akibatnya, ketika data sudah diretas tentu akan memberikan kerugian bagi para korbannya. Misalnya nomor PIN ATM dibobol, begitu pun data penting lainnya untuk digunakan menjalankan tindakan melanggar hukum.

Baca juga: 5 Tips Memilih Adapter Charger yang Awet

Tempat Publik yang Harus Diwaspadai

Beberapa tempat publik memang menyediakan tempat pengisian daya bagi para pengunjungnya. Namun, Anda perlu berpikir dua kali untuk mengecas di sana. Melansir dari laman Reader’s Digest tempat publik yang perlu dihindari tersebut adalah seperti:

  1. Terminal bis maupun stasiun kereta api
  2. Bandara
  3. Hotel
  4. Kafe
  5. Mall atau pusat perbelanjaan

Saat seseorang mengecas di tempat publik tersebut dan USB dihubungkan ke ponsel, mendapati pop-up, maka sebaiknya Anda jangan mengizinkan akses data tersebut. Kemudian, segeralah cabut ponsel Anda sampai menemukan port USB yang dirasa benar-benar aman.

Baca juga: 5 Cara Mengisi Daya Powerbank yang Benar

Tips Mencegah Bahaya Mengecas HP di Tempat Umum

01. powerbank

Nah, sudah tahu kan Sobat Doran bahaya mengecas HP di tempat umum? Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan hal penting agar data tetap aman dan daya baterai tetap prima. Misalnya memastikan baterai cukup selama perjalanan dan gunakan untuk hal yang penting saja. Atau mengaktifkan mode pesawat saat tidak digunakan.

Cara lainnya adalah membawa powerbank dengan kapasitas daya sesuai kebutuhan. Baik itu powerbank yang dilengkapi kabel maupun powerbank wireless charging yang lebih praktis. Jika menggunakan pesawat terbang, pastikan powerbank tersebut aman di bawa di pesawat, ya!

Anda bisa mendapatkan powerbank kualitas terbaik dari JETE Indonesia hanya di Doran Gadget. Selain original, produk yang kami jual memiliki garansi resmi dua tahun dan rusak ganti baru. Dapatkan pula promo dan program menarik untuk pembelian di website Doran Gadget, store, marketplace, dan aplikasi kami.

Semoga bermanfaaat!

Artikel terkait:

×