amazfit bip u pro, amazfit, jam tangan amazfit, smartwatch amazfit

Doran GadgetAmazfit Bip U Pro menjadi jawaban untuk Anda yang mencari jam tangan dengan fitur kesehatan lengkap, namun harganya relatif terjangkau. Jam tangan Amazfit ini dibekali lebih dari 60 macam mode pelacakan kesehatan dan fitur-fitur lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Bukan hanya itu saja, keunggulan utama yang ditawarkan oleh smartwatch Amazfit ini adalah built-in GPS dan asisten pintar Alexa. Jam ini dikatakan sebagai penerus dari seri Amazfit Bip U dengan sedikit peningkatan dari generasi sebelumnya.

Yuk, simak apa saja keunggulan dan fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan, spesifikasi, dan harga Amazfit Bip U Pro.

Spesifikasi Smartwatch Amazfit Bip U vs Bip U Pro

Spesifikasi Bip U Pro Bip U
Display 1.43″ TFT LCD 1.43″ TFT LCD
Resolusi 320×302 320×302
Berat 31gram 31gram
Strap 20mm 20mm
Mode olahraga 60+ 60+
Proteksi 5ATM 5ATM
Built-in GPS Ya Tidak
SpO2 Ya Ya
Baterai 230mAh, hingga 9 hari 230 mAh, hingga 9 hari
Alexa Ya Tidak

Desain dan Display 

amazfit bip u pro, amazfit, jam tangan amazfit, smartwatch amazfit

Dengan desain yang minimalis, jam tangan Amazfit ini memberikan kesan yang sangat sporty dan modern. Namun tidak ada yang berbeda dengan tampilan seri sebelumnya, karena dari segi berat, bezen, layout tombol, hingga penempatan sensor sama persis dengan Bip U.

Bip U Pro tersedia dalam 3 pilihan warna yang sangat menarik yaitu black, green, dan pink. Meskipun jam ini memiliki ketebalan 11.4 mm, beratnya relatif ringan, hanya 31 gram saja dan sangat nyaman di pergelangan tangan.

Strap smartwatch berbahan silikon ini bisa diganti-ganti sesuai dengan seleramu. Tombol yang ada di sisi jam dapat digunakan untuk menyalakan layar, membuka menu, dan fungsi dasar lainnya untuk kustomisasi tampilan.

Sedangkan di bagian belakang ada BioTracker 2 PPG, sensor optikal yang dapat mengukur detak jantung Anda. anda juga mendapatkan pelacakan SpO2 untuk melihat level oksigen dalam darah.

Keunggulan lainnya, Amazfit Bip U Pro juga waterproof hingga 50 meter dan dapat melacak aktivitas berenang di kolam maupun lautan terbuka.

Bicara soal layar, jam ini dibekali TFT LCD dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Luas layarnya sendiri adalah 1.43 inch dengan resolusi 320×302 piksel. Menariknya lagi, Anda bisa memilih lebih dari 50 tampilan berbeda hanya dengan memberikan sentuhan lama pada layar utama. Kalau mau, Anda juga bisa mengunggah foto Anda sendiri dan menjadikannya sebagai tampilan utama.

Fitur Kesehatan di Amazfit Bip U Pro

amazfit bip u pro, amazfit, jam tangan amazfit, smartwatch amazfit

Fitur kesehatan adalah andalan utama dari jam ini. Jika Anda mencari rekomendasi smartwatch terbaik yang dapat memberikan informasi kesehatan lengkap untuk Anda, maka inilah jawabannya.

Amazfit Bip U Pro memiliki lebih dari 60 pelacakan olahraga berbeda termasuk badminton, cricket, berenang, latihan bebas, bersepeda, lompat tali, mendayung, hingga dance.

Dari segi sensor, Anda mendapatkan accelerometer dan sensor gerakan gyroscope untuk melacak aktivitas di dalam ruangan seperti langkah kaki hingga pelacakan tidur. Statistik yang ditampilkan cukup lengkap seperti berapa langkah yang sudah diambil, berapa kali Anda berdiri, kalori terbakar, jarak yang ditempuh, hingga target langkah Anda.

Nilai jual utama yang membedakan Amazfit Bip U Pro dari Bip U adalah built-in GPS yang memudahkan pelacakan aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Bagi Pesepeda

Sensor BioTracker 2 PPG

Sensor ini memantau detak jantung secara berkelanjutan, termasuk saat Anda sedang berolahraga. Anda bisa memantau penghitungan interval detak jantung selama 30 menit secara otomatis. Untuk menghemat baterai dan memperpanjang masa hidup smartwatch, Anda bisa mematikannya secara manual.

Fitur kesehatan lain yang didukung oleh Bip U Pro adalah pelacakan stress, latihan pernapasan, dan sistem PAI Health Assessment yang memberikan poin berdasarkan seberapa aktif dan seberapa sering Anda melakukan olahraga untuk kesehatan jantung.

Jam ini juga merekam detak jantung sepanjang Anda berolahraga dengan informasi detail yang meliputi kecepatan dan irama.

Sensor SpO2 Pada Amazfit Bip U Pro

amazfit bip u pro, amazfit, jam tangan amazfit, smartwatch amazfit

SpO2 adalah sensor yang mampu mengukur kadar oksigen dalam darah. Ada cara khusus untuk mendapatkan pengukuran ini, yaitu Anda harus meletakkan tangan di atas meja atau permukaan yang datar. Tangan Anda harus berada dalam posisi diam dan sedikit saja gerakan tangan akan mengacaukan akurasi pengukuran ini. Fitur ini bisa bekerja dengan baik hanya jika tangan Anda dalam posisi tenang dan stabil.

Selain dari itu, data pelacakan dasar yang diberikan cukup akurat dan ditampilkan dalam aplikasi maupun smartwatch. Hanya saja, data yang diperoleh dari Bip U Pro tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk perawatan medis. Namun demikian, manfaat smartwatch yang satu ini masih tetap layak buat Anda.

Fitur-Fitur Pintar

amazfit bip u pro, amazfit, jam tangan amazfit, smartwatch amazfit

Amazfit Bip U Pro memiliki satu fitur pintar yang sulit ditemukan di smartwatch murah lain, yaitu voice assistant Amazon Alexa. Fitur ini memang terdengar sangat keren, namun proses set-up untuk menampilkan fitur ini cukup rumit. Anda harus mengunduh Zepp Health, lalu melakukan aktivasi lewat aplikasi tersebut.

Selain Alexa, smartwatch ini juga mendukung integrasi akun WeChat, Google Fit, Strava, dan Relive.

Ketahanan Baterai

amazfit bip u pro, amazfit, jam tangan amazfit, smartwatch amazfit

Huami, perusahaan yang membuat Amazfit, mengklaim bahwa Bip U Pro dibekali dengan baterai yang dapat bertahan hingga 9 hari dengan penggunaan sebagai smartwatch biasa, sementara untuk penggunaan berat dengan mengaktifkan berbagai fitur kesehatannya, baterai bisa bertahan sampai 5 hari.

Kapasitas baterainya sendiri adalah 230mAh, sama persis dengan pendahulunya. Untuk menerima notifikasi dasar seperti Gmail, WhatsApp, panggilan telepon, dan SMS, baterai dapat bertahan hingga 5 hari. Ini artinya, Anda bisa menerima total 200 sampai 250 notifikasi setiap harinya.

Namun jika Anda mengenakan jam ini saat berlari dan mengaktifkan fitur GPS-nya, maka konsumsi daya baterai akan jauh lebih boros. Diperkirakan baterai dapat bertahan hingga 3 hari untuk penggunaan berat seperti GPS, detak jantung, SpO2, dan notifikasi.

Soal proses pengisian dayanya, hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam saja untuk mengisi penuh baterai dari 0 sampai 100 persen.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Sejauh Ini

Harga Amazfit Bip U Pro

Dengan semua fitur yang ditawarkan, smartwatch ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, ada di kisaran Rp 800 ribuan.

Haruskah Anda Membeli Amazfit Bip U Pro?

Amazfit Bip U Pro adalah pilihan jam tangan pintar yang tepat untuk Anda jika…

  • Anda ingin smartwatch GPS dengan harga murah. Dibekali built-in GPS yang mumpuni, jam ini bisa melacak aktivitas berjalan dan berlari di luar ruangan dengan cukup akurat.
  • Anda mencari pelacakan kesehatan lengkap dan murah. Dengan lebih dari 60 mode pelacakan berbeda, pemantauan detak jantung selama 24 jam, pemantauan SpO2, hingga sensor BioTracker 2 PPG, jam tangan ini dapat memenuhi kebutuhan Anda akan kesehatan. Bonusnya, Anda mendapatkan built-in GPS dan asisten pintar Alexa.
  • Anda ingin pelacakan tidur yang baik. Amazfit dikenal memiliki pelacakan tidur yang sangat baik pada seri-seri sebelumnya, dan ini masih berlanjut pada seri ini. Tidak hanya tidur di malam hari, tetapi juga informasi detail tentang tidur siang Anda. Fitur ini sulit ditemukan di smartwatch lainnya.

Jadi, apakah smartwatch ini adalah pilihan yang tepat buat Anda? Untuk Anda yang mengutamakan fitur kesehatan, jam tangan ini merupakan rekomendasi terbaik. Jangan ketinggalan info tentang gadget dan promo produk yang sedang berlangsung dengan join di channel Telegram Doran Gadget.

Artikel terkait:

×